Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Curacao, Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Berikut profil Curacao, tim yang akan menjadi lawan timnas Indonesia dalam gelaran FIFA Matchday September 2022.
Profil Curacao/Facebook FFK
Profil Curacao/Facebook FFK

Profil Curacao

Profil Timnas Curacao

Curacao merupakan satu negara dari Kepulauan Karibia yang menempati peringkat ke-84 dalam ranking FIFA.

Negara ini pernah menjadi bagian dari Belanda yang bernama Antillen Belanda. Kemudian pada 2010, negara Curacao merdeka dan memisahkan diri dari Belanda.

Federasi Sepak Bola Curacao atau dalam bahasa Belandanya Curacaose Voetbal Bond (CVB) didrikan pada 1921. Dikutip dari laman Federasi Sepak Bola Curacao, pada 1926 timnas Curacao menggelar pertandingan melawan, Haiti, Jamaika, dan Republik Dominika.

Tahun 1932, Curacao menjadi anggota FIFA dan berada di zona CONCACAF. Pada tahun 1977 CVB berubah nama menjadi Curacao Football Federation in Papiamentu (FFK). Meski negara ini jarang terdengar sepak bolanya, namun mereka sudah memiliki prestasi.

Pada 2017, Curacao menjadi juara Piala Karibia usai menang 2-1 atas Jamaika. Tahun 2019, negara berpenduduk 155 ribu jiwa ini berhasil mencapai babak perempat final di Piala Emas CONCACAF.

Meski sepak bola Curacao kurang terdengar di dunia namun ternyata pernah dilatih oleh pelatih populer asal Belanda, Patrick Kluivert dan Guus Hiddink.

Kluivert menjadi pelatih pada 2015-2016. Sedangkan Hiddink pada 2020-2021 saat pandemi Covid-19. Kini, dikutip dari laman FIFA, pelatih Curacao adalah Art Langeler dari Belanda.

Beberapa pemain dari timnas Curacao ini merumput di Eropa. Misalnya Juninho Bacuna yang bermain di Championship Liga Inggris bersama Birmingham City. Di musim 2022-2023 ini pemain berposisi gelandang serang tersebut sudah tampil 10 kali dan memberikan tiga assist.

Pemain yang memiliki caps terbanyak untuk Curacao adalah Cuco Martina dengan 51 caps, ia kini bermain di Southampton. Sedangkan pencetak gol terbanyak adalah Leandro Bacuna dengan 14 gol.

Dengan diperkuat pemain-pemain yang merumput di Eropa laga timnas Indonesia vs Curacao layak untuk disaksikan.

Profil

Nama Federasi: Curacao Football Federation in Papiamentu (FFK)

Julukan: La Pantera Azul

Konfederasi: CONCACAF

Rangking FIFA: 84 (25 Agustus 2022)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper