Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komite Darurat Dibubarkan, AIFF Minta FIFA Cabut Sanksi

Asosiasi sepak bola India, AIFF,  meminta FIFA untuk mencabut sanksi yang diberikan kepada mereka. 
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 24 Agustus 2022  |  19:15 WIB
Komite Darurat Dibubarkan, AIFF Minta FIFA Cabut Sanksi
Logo FIFA. - REUTERS/Arnd Wiegmann
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi sepak bola India, AIFF, meminta FIFA untuk mencabut sanksi yang diberikan setelah mandat komite yang ditunjuk pengadilan untuk mengatur olahraga di negara itu dihentikan minggu ini.

Seperti diketahui, pengadilan tertinggi India membubarkan AIFF pada Mei lalu dan menunjuk komite yang terdiri dari tiga anggota untuk mengatur olahraga, mengubah konstitusi badan, dan melakukan pemilihan yang telah tertunda selama 18 bulan.

Menanggapi intervensi pemerintah India, FIFA kemudian menjatuhkan sanksi kepada AIFF dengan alasan ada pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga.

FIFA juga menyatakan bahwa sanksi itu akan dicabut setelah badan sepak bola nasional di India mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan teknis operasionalnya.

Dilansir dari Reuters, Rabu (24/8/2022), awal pekan ini, Mahkamah Agung India memutuskan bahwa mandat komite yang terdiri dari tiga orang itu dihentikan dan manajemen sehari-hari urusan sepak bola negara itu akan diserahkan kembali ke AIFF.

Dalam sebuah surat yang dikirim ke Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura pada Selasa (23/8/2022), AIFF memberi tahu badan pengatur dunia tentang keputusan pengadilan tersebut.

"Kami meminta FIFA untuk mempertimbangkan kembali keputusan mereka untuk menangguhkan AIFF," kata Sunando Dhar, Sekretaris Jenderal AIFF, dalam surat yang dilayangkan kepada FIFA itu.

Dia melanjutkan, sejak kondisi yang ditetapkan dalam surat FIFA untuk pencabutan sanksi sudah terpenuhi, AIFF meminta agar perintah untuk pemulihan hak segera disahkan agar mereka dapat melanjutkan kegiatan sepak bola di India. Informasi yang diperoleh FIFA tidak segera menanggapi permintaan dalam surat AIFF tersebut.

India dijadwalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita U-17 pada 11-30 Oktober tetapi hak tuan rumah mereka terancam karena penangguhan FIFA.

Pemilihan AIFF, yang sebelumnya dipimpin oleh anggota Dewan FIFA Praful Patel, akan diadakan pada Desember 2020 tetapi ditunda karena kebuntuan atas amandemen konstitusinya. Pemilihan AIFF saat ini dijadwalkan akan diadakan awal bulan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fifa AIFF india sepak bola
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top