Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Piala Dunia 2022 Qatar Bisa Dimulai Lebih Cepat, Lho Kok?

Piala Dunia Qatar 2022 dimulai lebih cepat sehari dari jadwal yang ditetapkan. Namun, perubahan jadwal Piala Dunia itu bisa terjadi jika FIFA menyetujui.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  18:31 WIB
Piala Dunia 2022 Qatar Bisa Dimulai Lebih Cepat, Lho Kok?
Al Rihla, bola yang dipakai di Piala Dunia 2022 - Twitter FIFA World Cup
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai lebih cepat sehari dari jadwal yang ditetapkan.

Namun, perubahan jadwal pelaksanaan Piala Dunia 2022 itu bisa terjadi jika FIFA menyetujui rencana untuk mengadakan upacara pembukaan dan pertandingan pertama negara tuan rumah pada 20 November. Informasi itu dilansir dari sumber di tubuh FIFA oleh Reuters, Rabu (10/8/2022).

Rencana awal turnamen sepakbola terakbar di dunia itu adalah upacara pembukaan bakal diadakan sebelum pertandingan Qatar melawan Ekuador pada 21 November. Jika seturut jadwal itu, akan melahirkan situasi yang tidak biasa dari dua pertandingan yang diadakan sebelum upacara pembukaan. Biasanya upacara dilakukan sebelum kick-off pertandingan pertama turnamen.

 Pertandingan Grup A antara Senegal v Belanda dan pertandingan Grup B antara Inggris dan Iran dijadwalkan berlangsung sebelum upacara pada hari 21 November. Rencana memajukan jadwal tersebut harus dipilih oleh para ketua enam konfederasi regional FIFA dan Presiden Gianni Infantino tetapi, meskipun pemberitahuan terlambat, diharapkan bisa mendapatkan dukungan dari badan sepakbola.

Peralihan ke upacara pembukaan dan pertandingan pada 20 November akan memungkinkan pertandingan Senegal-Belanda, yang dijadwalkan pada pukul 13.00 waktu setempat pada 21 November, dimulai di kemudian hari. Pertandingan Grup B pada hari itu, yang juga termasuk Amerika Serikat vs Wales, tidak akan terpengaruh.

Sebelumnya, demi persiapan Piala Dunia 2022, federasi sepak bola Afrika (CAF) rela menunda putaran Kualifikasi Piala Afrika.

Putaran Kualifikasi Piala Afrika rencananya akan digelar pada September. Pada bulan-bulan itu, tim-tim peserta Piala Dunia 2022 akan menggelar berbagai laga uji coba untuk mematangkan persiapan kejuaraan di Qatar.

Atas dasar itulah CAF akhirnya memutuskan untuk menunda laga Kualifikasi Piala Afrika. Penundaan ini juga merupakan respons dari kritikan negara-negara Afrika peserta Piala Dunia 2022 yang keberatan dengan jadwal kualifikasi akibat pergesaran putaran final Piala Afrika pada Januari 2024 dari jadwal sebelumnya, Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepakbola
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top