Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekor Jumlah Penonton Mewarnai Laga Final Piala Eropa Wanita

Pertandingan final Piala Eropa antara Inggris vs Jerman menuai rekor penonton televisi terbanyak mencapai 17,4 juta orang.
Final Piala Eropa Wanita 2022, Inggris vs Jerman/Youtube UEFA
Final Piala Eropa Wanita 2022, Inggris vs Jerman/Youtube UEFA

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan final Piala Eropa antara Inggris vs Jerman menuai rekor penonton televisi terbanyak.

BBC melaporkan, Senin (1/8/2022), bahwa jumlah penonton di stasiun BBC One mencapai 17,4 juta orang. Catatan ini merupan rekor jumlah penonton dalam pertandingan sepakbola wanita di seluruh stasiun televisi di daratan Inggris Raya.

Catatan lainnya, ada 5,9 juta orang yang menonton pertandingan itu melalui live straming melalui BBC iPlayer dan aplikasi web. Rekor lainnya, tentu saja jumlah penonton yang langsung menyaksikan pertandingan itu di Stadion Wembley, 87.192 orang sehingga secara keseluruhan ada 20-an juta penonton yang menyaksikan laga tersebut.

Dalam final Piala Eropa 2020 sepakbola antara Inggris vs Italia di Stadion Wembley, memikat 30,95 juta penonton. Adapun rekor tertinggi penonton televisi di Inggris tercipta pada 1997, ketika stasiun televise menyiarkan secara langsung pemakaman Putri Diana.

Inggris mencetak sejarah memenangi turnamen mayor pertama setelah di final Piala Eropa 2022, menundukkan Jerman 2-1.

Pemain pengganti, Chloe Kelly menjebol gawang Jerman memanfaatkan umpan dari tendangan sudut, membuat Stadion Wembley yang disesaki  87.192 penonton pada babak pertama tambahan waktu, tepatnya di menit ke 111.

Dalam pertandingan itu, kedua tim bermain sama kuat 0-0 pada babak pertama. Memasuki babak kedua, Ella Toone yang diturunkan dari bangku cadangan, memecah kebuntuan di menit ke 62, sebelum pemain Jerman, Lina Magull di menit ke 79, menyamakan kedudukan menjadi 1-1 yang terus bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Memasuki babak ekstra, Inggris akhirnya berhasil memecah kebuntuan melalui Kelly. Keunggulan ini terus bertahan hingga babak kedua waktu perpanjangan berakhir. Begitu peluit panjang ditiup, para pendukung bergemuruh dalam sukacita. Kemenangan ini bukan saja mengakhiri puasa gelar tim nasional wanita, namun sekaligus menuntaskan dendam kesumat 2009 silam ketika di tai final mereka dibekuk Jerman.

Trofi mayor yang diraih seusai mengalahkan Jerman, mengingatkan kita pada Piala Dunia 1966, 56 tahun silam, ketika tim putra Inggris berhasil menundukkan Jerman di laga final yang juga digelar di Wembley.

Trofi di 1966 itu merupakan satu-satunya trofi mayor yang pernah diraih tim nasional Inggris baik putra maupun putri, sebelum akhirnya pada pagelaran Piala Eropa 2022, tim nasional wanita menambah daftar trofi negeri Ratu Elizabeth itu.

Kemenangan ini juga merupakan rekor baru bagi pelatih Sarina Wiegman yang meraih trofi Piala Eropa dua kali beturut-turut dengan dua tim yang berbeda. Pada 2017, dia berhasil meraih trofi itu bersama tim nasional negaranya, Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper