Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mino Raiola, Agen Pemain Sepak Bola Superstar Meninggal Dunia, RIP Mino Trending

Dr Alberto Zangrillo, dari rumah sakit San Raffaele di Milan, mengatakan bahwa Mino Raiola "berjuang untuk bertahan hidup"
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Mei 2022  |  05:24 WIB
Mino Raiola
Mino Raiola

Bisnis.com, JAKARTA - Mino Raiola, agen pemain sepak bola super star dunia, termasuk Paul Pogba dan Erling Haaland, meninggal dunia di usia 54 tahun setelah hidup dengan penyakit serius sejak Januari.

Dr Alberto Zangrillo, dari rumah sakit San Raffaele di Milan, mengatakan bahwa Raiola "berjuang untuk bertahan hidup".

Dia berbicara setelah beberapa laporan bahwa Raiola telah meninggal, yang mendorong sebuah posting dari akun Twitter resminya untuk menyatakan bahwa dia masih hidup.

Namun, pada Sabtu sore, pernyataan keluarga di akun tersebut mengkonfirmasi kematian Raiola, meskipun tidak ada waktu atau penyebab kematian yang diberikan.

“Dalam kesedihan yang tak terhingga, kami berbagi kematian agen sepakbola paling peduli dan luar biasa yang pernah ada,” bunyinya. “Mino berjuang sampai akhir dengan kekuatan yang sama yang dia berikan di meja negosiasi untuk membela pemain kami. Seperti biasa, Mino membuat kami bangga dan tidak pernah menyadarinya.

“Mino menyentuh begitu banyak kehidupan melalui karyanya dan menulis babak baru dalam sejarah sepakbola modern. Kehadirannya akan selalu dirindukan. Misi Mino membuat sepak bola menjadi tempat yang lebih baik bagi para pemain akan berlanjut dengan semangat yang sama.” tulis pernyataan itu dilansir dari Guardian.

Pria berkebangsaan Belanda kelahiran Italia ini adalah salah satu agen sepak bola yang paling kuat dan berpenghasilan tinggi setelah hampir tiga dekade bekerja. Kliennya yang lain termasuk Zlatan Ibrahimovic, Gianluigi Donnarumma, Matthijs de Ligt dan Mario Balotelli.

Pogba dan Haaland diperkirakan akan melakukan dua transfer paling signifikan musim panas ini, dengan Pogba tersedia secara gratis ketika kontraknya di Manchester United berakhir dan Haaland siap untuk meninggalkan Borussia Dortmund. Manchester City berniat mengontrak striker Norwegia itu.

Raiola, yang berbicara bahasa Italia, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Portugis, lahir di Italia tetapi pindah ke kota Haarlem di Belanda bersama keluarganya saat masih bayi dan bekerja di restoran pizza keluarga di sana saat masih kecil.

Raiola kemudian mengurus buku-buku restoran, belajar hukum dan menjadi direktur di klub sepak bola lokal. Dia ingin menjadi agen sepak bola, dan jedanya datang ketika dia diminta oleh Rob Jansen, salah satu agen terkemuka di Belanda, untuk membantu sebagai juru bahasa transfer Dennis Bergkamp dari Ajax ke Internazionale pada tahun 1993. Raiola diberikan pekerjaan di perusahaan Jansen tetapi keluar untuk mendirikannya sendiri.

Dia mengawasi transfer Pogba yang memecahkan rekor dunia sebesar 93,2 juta poundsterling ke United dari Juventus pada 2016. Sifatnya yang blak-blakan dicontohkan pada tahun 2020 ketika dia mengkritik manajer United saat itu, Ole Gunnar Solskjær, atas perlakuannya terhadap Pogba. Raiola mengatakan dia menganggap Pogba bukan sebagai klien tetapi sebagai keluarga.

Raiola sebelumnya berselisih dengan Sir Alex Ferguson dan mengatakan dalam sebuah wawancara untuk salah satu otobiografi Ibrahimovic bahwa dia menemukan semangat yang sama di Swedia: "Saya langsung menyadari bahwa dia adalah bajingan yang sombong - dengan kata lain, sama seperti saya." Raiola sangat kritis terhadap proposal FIFA untuk membatasi uang yang dapat dihasilkan agen dari transfer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepak bola agen paul pogba
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top