Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berapa Nilai Transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy? Ini Jawaban PSIS

Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan bergabung dengan klub Divisi dua Liga Jepang Tokyo Verdy pada musim mendatang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  12:44 WIB
Berapa Nilai Transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy? Ini Jawaban PSIS
Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan - Twitter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan bergabung dengan klub Divisi dua Liga Jepang Tokyo Verdy pada musim mendatang. Klub Arhan saat ini, PSIS Semarang membeberkan nilai transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi dalam keterangan resminya memastikan hal tersebut. Menurut dia, mereka melepas Arhan tanpa mendapatkan bayaran sepeser pun. Hal itu, menurut Yoyok sesuai dengan komitmen mereka untuk membantu perkembangan si pemain.

"Hari ini dengan rasa bangga dan senang, kami umumkan kalau wonderkid PSIS jebolan Akademi PSIS, Pratama Arhan resmi kami lepas ke klub Jepang Tokyo Verdy," ujar Yoyok melalui laman resmi klub itu, Rabu 16 Februari 2022.

"Sesuai komitmen PSIS, Arhan kami lepas tanpa fee satu rupiah pun. Ini demi karir Arhan. Hal ini juga sebuah kebanggaan untuk PSIS karena jebolan akademinya bisa dilirik ke klub Jepang."

Meskipun telah bergabung dengan Tokyo Verdy, Yoyok menyatakan bahwa Arhan akan menjadi brand ambassador PSIS Semarang. Dia menyatakan pesepakbola berusia 20 tahun itu akan membantu mempromosikan nama PSIS di kancah internasional.

"Tak hanya itu, antara kami PSIS, kemudian Arhan, dan agen Arhan telah sepakat mau sejauh mana Arhan bermain di luar negeri. Saat kembali ke Indonesia, Arhan akan kembali ke PSIS sebagai rumah yang telah membesarkan Arhan selama ini. Selamat Arhan, sukses selalu di Jepang dan apa yang dicitakan selalu tercapai," kata Yoyok.

Bergabungnya peraih gelar pemain muda terbaik Piala AFF 2020 itu juga telah diumumkan oleh Tokyo Verdy melalui akun Instagram resmi mereka. Agensi yang menaungi Arhan, Level Up Asia, juga mengumumkan hal serupa. Mereka menyatakan Arhan akan menjadi pemain Indonesia pertama yang membela tim asal Tokyo. Akan tetapi mereka juga tak menyebutkan nilai transfer si pemain.

"Pratama Arhan, Pemain kami pindah dari PSIS Semarang ke Tokyo Verdy, membuat dia menjadi pemain Indonesia pertama yang bermaain untuk tim Tokyo. Arhan akan bergabung dengan tim secepatnyaa untuk persiapan musim ini dan berjuang agar Verdy mendapatkan promosi ke J1 (divisi utama Liga Jepang). Ganbatte Arhan!" tulis mereka.

Kontrak Pratama Arhan dengan PSIS Semarang disebut tersisa hingga 31 Desember 2022. Menurut keterangan laman Transfermarkt, pesepakbola berusia 20 tahun itu memiliki nilai pasaran sebesar 325 ribu euro atau sekitar Rp 5,26 miliar.

PSIS Semarang tak akan mendapatkan sepeser uang pun dari kepindahan Arhan karena dalam kontrak si pemain terdapat klausa pelepasan yang membuat PSIS tak bisa menolak jika si pemain hengkang ke tim asal Korea Selatan, Jepang dan Eropa.

Kabar kepindahan Pratama Arhan dari PSIS Semarang sebenarnya sudah berdengung sejak tampil luar biasa bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Desember lalu. Saat itu dia dikabarkan mendapatkan tawaran dari klub asal Korea Selatan. Akan tetapi, tawaran tersebut tampaknya kandas dan kini dia bergabung dengan Tokyo Verdy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liga indonesia psis

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top