Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berapa Nilai Transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy? Ini Jawaban PSIS

Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan bergabung dengan klub Divisi dua Liga Jepang Tokyo Verdy pada musim mendatang.
Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan/Twitter
Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan bergabung dengan klub Divisi dua Liga Jepang Tokyo Verdy pada musim mendatang. Klub Arhan saat ini, PSIS Semarang membeberkan nilai transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi dalam keterangan resminya memastikan hal tersebut. Menurut dia, mereka melepas Arhan tanpa mendapatkan bayaran sepeser pun. Hal itu, menurut Yoyok sesuai dengan komitmen mereka untuk membantu perkembangan si pemain.

"Hari ini dengan rasa bangga dan senang, kami umumkan kalau wonderkid PSIS jebolan Akademi PSIS, Pratama Arhan resmi kami lepas ke klub Jepang Tokyo Verdy," ujar Yoyok melalui laman resmi klub itu, Rabu 16 Februari 2022.

"Sesuai komitmen PSIS, Arhan kami lepas tanpa fee satu rupiah pun. Ini demi karir Arhan. Hal ini juga sebuah kebanggaan untuk PSIS karena jebolan akademinya bisa dilirik ke klub Jepang."

Meskipun telah bergabung dengan Tokyo Verdy, Yoyok menyatakan bahwa Arhan akan menjadi brand ambassador PSIS Semarang. Dia menyatakan pesepakbola berusia 20 tahun itu akan membantu mempromosikan nama PSIS di kancah internasional.

"Tak hanya itu, antara kami PSIS, kemudian Arhan, dan agen Arhan telah sepakat mau sejauh mana Arhan bermain di luar negeri. Saat kembali ke Indonesia, Arhan akan kembali ke PSIS sebagai rumah yang telah membesarkan Arhan selama ini. Selamat Arhan, sukses selalu di Jepang dan apa yang dicitakan selalu tercapai," kata Yoyok.

Bergabungnya peraih gelar pemain muda terbaik Piala AFF 2020 itu juga telah diumumkan oleh Tokyo Verdy melalui akun Instagram resmi mereka. Agensi yang menaungi Arhan, Level Up Asia, juga mengumumkan hal serupa. Mereka menyatakan Arhan akan menjadi pemain Indonesia pertama yang membela tim asal Tokyo. Akan tetapi mereka juga tak menyebutkan nilai transfer si pemain.

"Pratama Arhan, Pemain kami pindah dari PSIS Semarang ke Tokyo Verdy, membuat dia menjadi pemain Indonesia pertama yang bermaain untuk tim Tokyo. Arhan akan bergabung dengan tim secepatnyaa untuk persiapan musim ini dan berjuang agar Verdy mendapatkan promosi ke J1 (divisi utama Liga Jepang). Ganbatte Arhan!" tulis mereka.

Kontrak Pratama Arhan dengan PSIS Semarang disebut tersisa hingga 31 Desember 2022. Menurut keterangan laman Transfermarkt, pesepakbola berusia 20 tahun itu memiliki nilai pasaran sebesar 325 ribu euro atau sekitar Rp 5,26 miliar.

PSIS Semarang tak akan mendapatkan sepeser uang pun dari kepindahan Arhan karena dalam kontrak si pemain terdapat klausa pelepasan yang membuat PSIS tak bisa menolak jika si pemain hengkang ke tim asal Korea Selatan, Jepang dan Eropa.

Kabar kepindahan Pratama Arhan dari PSIS Semarang sebenarnya sudah berdengung sejak tampil luar biasa bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Desember lalu. Saat itu dia dikabarkan mendapatkan tawaran dari klub asal Korea Selatan. Akan tetapi, tawaran tersebut tampaknya kandas dan kini dia bergabung dengan Tokyo Verdy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper