Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi dan Jadwal Siaran Indonesia vs Singapura di Semifinal Piala AFF Leg ke-2

Simak ulasan tentang prediksi dan jadwal siaran Indonesia vs Singapura di Semifinal Piala AFF Leg ke-2. Tim mana yang bakal menang?
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 25 Desember 2021  |  17:50 WIB
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 - Antara
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia akan menjalani laga hidup mati menghadapi Timnas Singapura, pada laga semifinal kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021).

Usai imbang 1-1 pada pertemuan pertama, Timnas Indonesia butuh kemenangan dengan skor berapa pun untuk lolos ke final. Peluang Timnas Indonesia untuk mengalahkan Singapura pun cukup besar.

Pertama, tentu faktor pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, optimistis skuad Garuda bisa meraih kemenangan atas Singapura.

"Pada leg pertama, baik kami dan Singapura sama-sama bekerja keras. Namun, bagi kami, hasilnya mengecewakan. Kami akan lebih berusaha keras di leg kedua," kata Shin Tae-yong, seperti dilansir dari laman PSSI, Sabtu (25/12/2021).

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengetahui kunci permainan Singapura. Menurutnya, Timnas harus bisa menahan pergerakan nomor 9 (Ikhsan Fandi) dan juga nomor 15 (Song Ui-young), dia sangat bersemangat.

"Kami juga harus memperhatikan dua stopper mereka nomor 21 [Saifuwan Baharudin] dan nomor 17 [Irfan Fandi]. Kami harus lebih berhati-hati dan menjaga pertahanan dengan baik," tutur pelatih berusia 52 tahun tersebut. 

Selain itu, taktik Shin Tae-yong Susah ditebak. Shin Tae-yong beberapa kali membuktikan kualitasnya sebagai juru taktik di Piala AFF 2020. Saat melawan tim lebih kuat, seperti Vietnam, Shin Tae-yong mampu membuat Timnas Indonesia menjadi tim super defensif sehingga mampu meraih hasil imbang 1-1.

Hal itu mungkin tidak disukai beberapa pihak, tetapi poin lebih penting daripada permainan cantik dalam turnamen seperti Piala AFF.

Lalu, Timnas Indonesia menjadi tim agresif saat bersua Malaysia yang punya kualitas hampir sama Skuad Garuda. Hasilnya, Timnas Indonesia mampu menang besar 4-1 meski tertinggal lebih dulu. Selain itu, Shin Tae-yong juga mengubah formasi Timnas Indonesia pada setiap pertandingan.

Sejauh ini, Timnas Indonesia memakai formasi 4-3-3, 4-1-4-1, 5-4-1, dan 4-4-2. Perubahan di antara keempat formasi itu pun kerap terjadi dalam satu pertandingan sesuai dengan kebutuhan tim.

Kedua, kualitas Individu skuad garuda bebih baik ketimbang Singapura. Itu telah terlihat dari pertemuan pertama saat para pemain Timnas Indonesia kerap memenangkan duel satu lawan satu. Kualitas individu Timnas Indonesia bahkan diakui oleh pemain Singapura, Irfan Fandi. Hal itu diungkapkan Irfan Fandi dalam konferensi pers jelang pertandingan.

“Tim kami mungkin tidak memiliki banyak individu yang berbakat secara teknis (seperti Indonesia),” kata Fandi dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/12/2021).

Timnas Indonesia Paling Tajam di Piala AFF 2020. Hingga semifinal, Timnas Indonesia masih merupakan tim tertajam di Piala AFF 2020. Pasukan Shin Tae-yong sudah mengemas 14 gol. Irfan Jaya jadi pemain paling subur dengan torehan tiga gol. Setelah Irfan, ada Evan Dimas, Rachmat Irianto, dan Witan Sulaeman yang sama-sama mengoleksi dua gol.

Ketiga, Singapura pincang karena cedera pemain. Singapura tidak menjalani semifinal Piala AFF 2020 dengan skuad terbaik. Sebab, The Lions kehilangan Gabriel Quak, penyerang, dan sang bek kiri, Shakir Hamzah. Jika sisi kiri pertahanan Singapura bisa dimanfaatkan dengan maksimal, Timnas Indonesia bisa mendapatkan peluang-peluang berbahaya untuk mencetak gol.

Pertandingan timnas Indonesia vs Singapura dapat disaksikan melalui link live streaming Vidio.com, juga siaran langsung televisi swasta nasional RCTI pada Sabtu (24/12/2021) mulai pukul 19.30 WIB.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia piala aff Timnas Singapura Shin Tae-yong
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top