Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Lima Fakta Menarik Usai Chelsea Juara Piala Super Eropa

Chelsea berhasil menjuarai Piala Super Eropa 2021 dengan mengalahkan Villarreal melalui adu penalti di Windsor Park, Belfast, Irlandia, Kamis.
Dua andalan Chelsea, Hakim Ziyech (kiri) dan Timo Werner./Twitter@ChelseaFC
Dua andalan Chelsea, Hakim Ziyech (kiri) dan Timo Werner./Twitter@ChelseaFC

Bisnis.com, JAKARTA - Chelsea berhasil menjuarai Piala Super Eropa 2021 dengan mengalahkan Villarreal melalui adu penalti di Windsor Park, Belfast, Irlandia, Kamis (12/8/2021) dini hari.

Skor 1-1 bertahan hingga babak perpanjangan waktu dan Chelsea akhirnya menang adu penalti 6-5.

Kemenangan Chelsea ini dipastikan setelah penendang ketujuh Villarreal dalam adu penalti, Raul Albiol, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya digagalkan oleh kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.

Pada pertandingan ini, Chelsea mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan berhasil mencetak gol pada babak pertama.

Chelsea berhasil unggul lebih dulu pada menit 27 setelah Hakim Ziyech berhasil membobol gawang Villarreal.

Diawali dari umpan yang dikirimkan oleh Kai Havertz, Ziyech berhasil memasukkan bola ke gawang Villarreal yang dikawal oleh Sergio Asenjo.

Setelah gol ini, selanjutnya kedua tim mencoba bermain menyerang namun hingga babak pertama usai skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea tetap bertahan.

Di babak pertama ini, pelatih dari Chelsea Thomas Tuchel mendapatkan kartu kuning karena protes berlebihan kepada wasit pada menit 45+1.

Selanjutnya di babak kedua, Villarreal berusaha untuk menyamakan kedudukan dengan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu.

Akhirnya pada menit 73, penyerang Villarreal, Gerard Moreno berhasil melepaskan tendangan yang membobol gawang Chelsea.

Gol dari Moreno ini lahir berkat umpan yang dikirimkan oleh Boulaye Dia yang menjadikan skor imbang 1-1 dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Selanjutnya di babak tambahan, Chelsea terlihat lebih dominan dalam menguasai pertandingan namun masih tidak bisa mencuri gol.

Tercatat selama 30 menit babak tambahan, Chelsea bisa menguasi 61% penguasaan bola namun lini pertahanan Villarreal masih bisa menghalau gempuran Chelsea dan skor sama kuat 1-1 tetap bertahan. 

Jelang memasuki babak adu penalti, Chelsea menurunkan penjaga gawang mereka, Kepa Arrizabalaga menggantikan Edouard Mendy.

Di babak adu penalti ini, kiper pengganti Chelsea, Kepa Arrizabalaga keluar sebagai pahlawan Chelsea setelah berhasil menggagalkan dua tendangan Villarreal yang dieksekusi oleh Aissa Mandi dan Raul Albiol.

Kegemilangan Kepa ini membawa Chelsea menang 6-5 di babak adu penalti ini membuat The Blues menjuarai Piala Super Eropa setelah pada tiga kesempatan sebelumnya selalu gagal.

Selain itu, ini juga merupakan piala kedua yang dipersembahkan Thomas Tuchel untuk Chelsea, setelah pada musim sebelumnya berhasil memenangkan Liga Champions dengan mengalahkan Manchester City 1-0.

Fakta penting dari laga Chelsea vs Villarreal:

Keberhasilan Chelsea membuat juara Liga Champions telah memenani Piala Super dalam delapan dari sembilan musim terakhir. Mereka hanya memenangkan empat dari sembilan musim sebelumnya. 

Untuk tahun ketiga berturut-turut, Piala Super dimenangkan oleh manajer asal Jerman (Jurgen Klopp pada 2019, Hansi Flick pada 2020 dan sekarang Tuchel pada 2021). 

Chelsea menjadi tim Inggris pertama yang menang dalam pertandingan Piala Super Eropa saat bermain melawan tim non-Inggris sejak Liverpool pada 2005. 

Villarreal menjadi tim Spanyol ketujuh berbeda yang tampil di Piala Super, dan yang pertama kalah dalam penampilan perdananya sejak Real Madrid pada tahun 1998, juga melawan Chelsea. 

Gerard Moreno telah mencetak delapan gol dalam sembilan penampilan terakhirnya di kompetisi Eropa untuk Villarreal.
Chelsea selanjutnya akan memulai kampanye Liga Inggris mereka dengan menjamu Crystal Palace pada hari Sabtu. Sedangkan Villarreal menyambut Granada pada laga perdananya di La Liga, Senin mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper