Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UEFA Tetapkan Cristiano Ronaldo Jadi Top Skor Euro 2020, Ini Alasannya

UEFA menetapkan Cristiano Ronaldo menjadi Top Skor Euro 2020 dengan raihan 5 gol, sama dengan pesaing terdekatnya Patrik Schick
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo./UEFA.com
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo./UEFA.com

Bisnis.com, Jakarta - Kompetisi Piala Erop 2021 atau Euro 2020 akhirnya usai ditandai keberhasilan Timnas Italia mengalahkan Inggris dalam final di Wembley, Senin (12/7/2021). Partai puncak itu tak mengubah komposisi persaingan top skor.

Kini, Cristiano Ronaldo (Portugal) dipilih UEFA jadi top skor. Ia dan Patrik Schick (Republik Ceko) sama-sama mencetak lima gol, tapi Ronaldo unggul karena memberi satu assist dan bermain dengan menit lebih sedikit (36o menit banding 404 menit) dari pesaingnya itu.

Ronaldo dan Schick unggul satu gol dari empat pemain lain, yakni : Romelu Lukaku (Belgia), Karim Benzema (Prancis), Emil Forsberg (Swedia), juga Harry Kane yang gagal mencetak gol buat Inggris dalam partai final.

Dalam partai final itu, Inggris dan Italia bermain 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Gol Inggris dicetak Luke Shaw, sedangkan gol Italai diceploskan Leonardo Bonucci.

Dalam adu penalti, Italia akhirnya menang 3-2. Tiga pemain Inggris gagal mencetak gol adalah Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka. Dua penendang Italia yang gagal adalah Andrea Belotti dan Jorginho.

Kemenangan ini memastikan Italia memenangi trofi Piala Eropa keduanya, dengan jarak 53 tahun dari yang pertama (1968).

Di Timnas Italia, urusan mencetak gol dibagi rata. Ada lima pemain mereka yang menyumbang dua gol sepanjang terunamen ini, yakni Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Manuel Locatelli, dan Matteo Pessina.

Top Skor Euro 2020
5 gol: Cristiano Ronaldo (Portugal), 1 assist.
5 Gol: Patrik Schick (Republik Cek), 0 assist.
4 gol: Romelu Lukaku (Belgia), Karim Benzema (Prancis), Emil Forsberg (Swedia), Harry Kane (Inggris).
3 gol: Raheem Sterling (Inggris), Kasper Dolberg (Denmark), Georginio Wijnaldum (Belanda), Robert Lewandowski (Polandia), Haris Seferovic (Swiss), Xherdan Shaqiri (Swiss).

Catatan: gol bunuh diri di Euro 2020 berjumlah 11.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hafiyyan
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper