Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

FINAL EURO 2020: Italia Juara Lewat Adu Pinalti

Italia berhasil menyabet gelar juara Euro 2020 untuk kedua kalinya. Mereka memenangkan Euro 2020 setelah drama adu pinalti dengan skor 3-2.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 12 Juli 2021  |  05:26 WIB
Final Euro 2020 yang mempertemukan Italia vs Inggris - Twitter UEFA
Final Euro 2020 yang mempertemukan Italia vs Inggris - Twitter UEFA

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Italia berhasil memenangkan laga final Euro 2020 melawan Inggris lewat babak adu pinalti, setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit.

Italia resmi menjadi juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris pada pertandingan Minggu (11/7/2021) di Stadion Wembley, London, yang notabene merupakan markas Inggris.

Italia pun berhasil menyabet gelar juara Euro 2020 untuk kedua kalinya. Mereka memenangkan Euro 2020 setelah drama adu pinalti dengan skor 3-2.

Di babak adu pinalti, striker Italia Domenico Berardi berhasil membuka keunggulan. Kemudian, Harry Kane membakas dengan menjebol gawang Donnarumma.

Selanjutnya, Andrea Belotti mendapat kesempatan, namun gagal. Di sisi lain, bek Manchester United Harry Maguire berhasil menceploskan bola.

Pemain Juventus, Leonardo Bonucci dan Bernardeschi kemudian berhasil mencetak gol. Namun, 3 penendang pinalti dari Inggris yakni Rashford, Sancho, dan Saka tidak mampu mencetak gol.

Jorginho sebagai eksekutor terakhir juga tak mampu menjebol gawang. Alhasil, Italia memenangkan babak adu pinalti dengan skor 3-2.

Pada babak pertama, dilansir dari Tempo.co Senin (12/7/2021), Inggris membuat kejutan dengan menurunkan skema permainan 5-3-2 sementara Italia tetap mengandalkan 4-3-3. Pelatih Gareth Southgate membangkucadangkan Bukayo Saka demi memainkan Kieran Trippier di sisi sayap. 

Sementara Italia tak banyak melakukan perubahan. Pelatih Roberto Mancini hanya mengganti Leonardo Spinazzola yang mengalami cedera dengan Emerson Palmieri di sisi kiri permainan timnya.

Italia sebenarnya mencoba menekan terlebih dahulu. Skuad asuhan Roberto Mancini bahkan langsung mendapatkan tendangan sudut pada menit pertama.

Akan tetapi, tendangan sudut itu justru berbuah petaka. Lini belakang Timnas Inggris mampu mematahkannya dan melancarkan serangan balik.

Penyerang Harry Kane dengan cerdas memberikan bola kepada Kieran Trippier di sisi kanan yang kemudian melakukan umpan silang ke tiang jauh. Luke Shaw yang merangsek ke kotak penalti tanpa terkawal pun menjebol gawang Gianluigi Donnarumma dengan tendangan keras kaki kirinnya.

Pada menit ke-34, Federico Chiesa nyaris membuat skor imbang. Sayangnya tendangan pemain sayap klub Juventus itu masih menyamping di sisi kiri gawang Timnas Inggris.

Dua menit berselang, Luke Shaw kembali menebar ancaman. Dia sukses melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang Timnas Italia, akan tetapi tak ada satu pun rekannya yang menyambut umpan tersebut.

Pada masa tambahan waktu, Timnas Italia akhirnya mencatatkan satu tembakan ke arah gawang. Sayangnya sepakan Marco Verratti masih mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Jordan Pickford.

Hasil 1-0 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama. Babak kedua final Euro 2020 antara Italia vs Inggris akan dimulai sesaat lagi.

Pada babak kedua menit ke-67, Bonucci berhasil menjebol gawang Inggris. Bek andalan Juventus ini pun dinobatkan sebagai Star of The Match.

Melihat penguasaan bola, Italia memang pantas juara Euro 2020 karena mendominasi hingga 62 persen hingga akhir babak II, sedangkan Inggris hanya 38 persen. Selamat Italia!

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris piala eropa timnas italia Euro 2020
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top