Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Messi Bukan Lagi Pemain Barcelona, Ini Perkembangan Setahun Terakhir

Kontrak Lionel Messi di klub La Liga Spanyol FC Barcelona selesai pada 30 Juni 2021. Sekarang sang kapten berstatus agen bebas, sehingga klub mana pun tak perlu membayar biaya transfer ke Barcelona jika mendapatkan Messi. Berikut perjalanan transfer kepindahan Messi selama setahun terakhir.
Lionel Messi./Twitter@FCBarcelona
Lionel Messi./Twitter@FCBarcelona

Bisnis.com, JAKARTA – Status Lionel Messi sekarang bukan lagi sebagai pemain FC Barcelona. Kontrak pemain Timnas Argentina itu bersama jagoan La Liga Spanyol itu selesai pada 30 Juni 2021.

Artinya, Messi kini berstatus agen bebas atau klub mana pun bisa memilikinya tanpa harus membayar biaya transfer kepada Barcelona.

Proses kepindahan Lionel Messi bermula pada akhir musim 2019-2020 atau sekitar 11 bulan lalu ketika Barcelona melalui musim kompetisi tanpa raihan satu trofi pun.

Berikut perkembangan transfer Lionel Messi selama setahun terakhir:

25 Agustus 2020 - Messi mengirim faks ke klub yang mengatakan dia ingin menerapkan klausul dalam kontraknya, yang memungkinkan dia pergi secara gratis dengan segera.

4 September 2020 - Messi mengatakan dia bertahan di Barcelona karena "mustahil" bagi tim mana pun untuk membayar klausul rilis 700 juta euro (Rp12,1 triliun), yang menurut klub harus dipenuhi.

27 Oktober 2020 - Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu, yang berselisih dengan Messi karena permintaan transfernya yang gagal, mengundurkan diri.

28 Desember 2020 - Messi mengatakan dia berharap suatu hari nanti bermain di Amerika Serikat, tetapi tidak yakin dengan masa depannya ketika kontraknya habis.

31 Januari 2021 - Barcelona mengatakan mereka akan mengambil "tindakan hukum yang sesuai" terhadap surat kabar Spanyol El Mundo setelah menerbitkan perincian kontrak Messi, senilai 492 juta pound sterling selama 4 tahun.

22 Mei 2021 - Paris Saint-Germain diyakini "mencermati" situasi kontrak Messi.

28 Mei 2021 - Presiden Barcelona Joan Laporta mengatakan kontrak baru untuk Lionel Messi "belum selesai" tetapi "segalanya berjalan baik".

1 Juli 2021 - Kontrak Messi di Barcelona berakhir dan dia menjadi agen bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper