Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Euro 2020 Grup C: Hasil Pertandingan Lengkap, Klasemen dan Komentar

Dalam Euro 2020 Grup C, Austria mampu mengatasi perlawanan Makedonia Utara dengan skor 3–1, sedangkan Belanda menang tipis atas Ukraina 3-2.
Pemain Belanda merayakan gol yang dicetak Denzel Dumfries pada menit ke-88 yang memastikan tim itu menang atas Ukraina dengan skor akhir 3-2/Twitter-@EURO2020
Pemain Belanda merayakan gol yang dicetak Denzel Dumfries pada menit ke-88 yang memastikan tim itu menang atas Ukraina dengan skor akhir 3-2/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Seluruh tim peserta Piala Eropa atau Euro 2020 yang tergabung dalam Grup C telah menjalankan pertandingan perdananya.

Hasilnya, Austria mampu mengatasi perlawanan Makedonia Utara dengan skor 3–1, sedangkan Belanda menang tipis atas Ukraina 3-2.

Bertarung di Arena Nationala di Bukarest, Rumania, dua gol penentu kemenangan Austria dihasilkan oleh para pemain pengganti. Austria, yang ditangani pelatih berkebangsaan Jerman Franco Foda, membuka keunggulan pada menit ke-18 melalui kontribusi Stefan Lainer, bek klub Bundesliga Borussia Monchengladbach.

Penyerang gaek berusia 37 tahun Goran Pandev mencetak gol balasan berselang 10 menit kemudian dan skor 1-1 bertahan hingga wasit Andreas Ekberg mengakhiri pertandingan babak pertama.

Pada babak kedua, ketika pertandingan berjalan 1 jam, Foda memasukkan dua pemain yakni Michael Gregoritsch dan Marko Arnautovic untuk menggantikan kapten tim Julian Baumgartlinger dan Sasa Kalajdzic.

Keputusan Foda ternyata tepat, karena kedua pemain pengganti tersebut kemudian berhasil menjebol gawang Makedonia Utara yang dikawal kiper Stole Dimitrievski yakni pada menit ke-78 dan 2 menit menjelang pertandingan selesai.

Sementara itu, lima gol tercipta di Johan Cruyff Arena di Amsterdam Senin (14/6/2021) dini hari WIB dengan seluruhnya tercipta pada babak kedua.

Belanda membuka keunggulan pada menit ke-52 lewat Georginio Wijnaldum dan Wout Weghorst berselang 6 menit kemudian. Kemenangan Belanda seperti akan lepas setelah Ukraina menyamakan skor dengan dua gol dalam rentang waktu hanya 4 menit melalui kontribusi Andriy Yarmolenko (75’) dan Roman Yaremchuk (79’).

Namun, Belanda masih sempat bangkit dengan waktu yang hanya sedikit tersisa. Pemain belakang Denzel Dumfries berhasil memaksimalkan assist Nathan Ake pada menit ke-88 dengan sundulan kepalanya untuk menghasilkan gol ketiga untuk skuad Oranje, skor akhir 3–2.

Komentar Pelatih

Franco Foda, pelatih Austria: "Secara keseluruhan, saya sangat senang dengan penampilan kami. Kami memulai dengan baik, bekerja keras tanpa menguasai bola, agresif dan pantas untuk memimpin. Kami bisa membuat skor menjadi 2-0 melalui Kalajdzic, lalu kami kebobolan karena gagal berkonsentrasi."

Igor Angelovski, pelatih Makedonia Utara: "Saya tidak dapat menggambarkan atmosfer yang diberikan oleh para penggemar bagi kami, dan saya menyesal kami tidak dapat menanggapinya dengan hasil yang lebih positif. Saya harap kami akan membuat mereka bahagia di pertandingan berikutnya."

Frank de Boer, pelatih Belanda: "Inilah mengapa kami menganalisis pertandingan ini secara mendalam, karena kami berharap kami tidak perlu melakukannya lagi. Anggap saja ini tidak akan terjadi lagi."

Andriy Shevchenko, pelatih Ukraina: "Ini adalah pertandingan yang sangat cepat dan menarik dengan banyak peluang bagi kedua tim. Saya ingin berterima kasih kepada tim saya atas reaksi yang mereka tunjukkan, terutama setelah tertinggal 2-0. Kami bisa saja kalah dalam pertandingan pada saat itu."

Klasemen

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Austria untuk sementara memuncaki klasemen Grup C Piala Eropa atau Euro 2020, sedangkan Makedonia Utara berada di posisi paling bawah. 

Sementara itu, Belanda menduduki peringkat kedua dan Ukraina berada diposisi berikutnya Grup C Euro 2020. Austria dan Belanda mengoleksi poin yang sama, tetapi unggul selisih gol.

Tim MainMenangKalahSeriGolKemasukanSelisih GolPoin
Austria11003123
Belanda11003213
Ukraina101023-10
Makedonia Utara101013-20

Sumber: UEFA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper