Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belgia & Italia Susul Prancis & Spanyol Lolos ke 4 Besar Nations League

Belgia dan Italia menyusul Prancis dan Spanyol lolos ke fase akhir Nations League Eropa setelah berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan terakhir fase grup Divfisi A.
Penyerang Timnas Belgia Romelu Lukaku/Reuters/Francois Lenoir
Penyerang Timnas Belgia Romelu Lukaku/Reuters/Francois Lenoir

Bisnis.com, JAKARTA – Italia dan Belgia menyusul Prancis dan Spanyol lolos ke fase akhir Nations League Eropa setelah mencatat kemenangan dalam pertandingan matchday keenam atau terakhir pada Kamis (19/11/2020) dini hari WIB.

Bertarung di Stadion Grbavica di Sarajevo di Divisi A Grup 1 (A1), Italia menundukkan tuan rumah Bosnia-Herzegovina dengan skor 2-0. Kedua gol tim tamu berjuluk Gli Azzurri alias Si Biru dilesakkan Andrea Belotti pada menit ke-22 dan Domenico Berardi (68’).

Dalam pertandingan lainnya di Grup A1 yang digelar pada saat bersamaan, Belanda menundukkan tuan rumah Polandia di Stadion Silesian di Chorzoe dengan skor tipis 2–1.

Polandia membuka skor pada menit ke-5 melalui kontribusi Kamil Jozwiak, tetapi Belanda berhasil membalas dua gol lewat penalti Memphis Depay pada menit ke-77 dan Georginio Wijnaldum berselang 7 menit kemudian.

Namun, kemenangan Belanda sia-sia dan tak meloloskan skuad Oranje ke fase akhir yang hanya diikuti oleh setiap juara grup Divisi A, karena Italia berhasil pula menang tandang atas Bosnia-Herzegovina.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Italia finis teratas di Grup A1 dengan koleksi nilai 12, diikuti Belanda 11, Polandia 7, dan Bosnia-Herzegovina dengan nilai 2 menempati dasar klasemen dan terdegradasi ke Divisi B musim depan.

Di Grup A2, Belgia mengalahkan tamunya Denmark 4–2 di Stadion Den Dreef di Leuven untuk memastikan lolos ke fase akhir. Kemenangan tim asuhan Roberto Martinez ditandai dengan dua gol Romelu Lukaku pada menit ke-57 dan 69.

Yoeri Tielemans membuka skor ke-3 dan disamakan oleh Denmark pada menit ke-17 melalui sumbangsih Jonas Wind. Skor 1–1 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, dua gol Lukaku membawa Belgia unggul 3–1. Denmark memperkecil ketinggalan menjadi 3–2 setelah kiper Belgia Thibaut Courtois membuat gol bunuh diri pada menit ke-86. Dia lalai menahan bola backpass yang disodorkan rekannya, Nacer Chadli. Bola nyelonong melewati kakinya dan masuk gawang sendiri.

Namun, semenit kemudian tuan rumah memulihkan keunggulan dua gol lewat kontribusi Kevin de Bruyne sehingga skor akhir 4–2.

Dengan hasil itu, Belgia tampil sebagai juara Grup A2 dengan nilai 15, diikuti Denmark 10, Inggris juga 10, dan Islandia yang selalu kalah di dasar klasemen tanpa nilai degradasi ke Divisi B musim depan.

Di laga lain yang tak menentukan di Stadion Wembley, London, Inggris menang 4–0 atas Islandia. Gol-gol Three Lions dilesakkan oleh Declan Rice (20’), Mason Mount (24’), serta Phil Foden (80’ dan 84’).

Fase akhir empat besar baru akan digelar pada Oktober tahun depan dan Union of European Football Associations (UEFA) pun belum menentukan tempat penyelenggaraannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper