Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cetak Gol di Juventus vs Lazio, Ronaldo & Immobile Top Skor Serie A

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol saat Juventus mengatasi Lazio, membawanya menjadi top skor Serie A bersama dengan Ciro Immobile, penyerang Lazio yang juga mencetak gol dalam pertandingan tersebut.
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo selepas menjebol Lazio./Twitter@FC
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo selepas menjebol Lazio./Twitter@FC

Bisnis.com, JAKARTA – Juventus berhasil menundukkan Lazio dalam laga penutup matchday ke-34 Serie A Italia pada Selasa (21/7/2020) dini hari WIB.

Hasil itu memantapkan Juventus menuju podium juara sekaligus mempertahankan gelar untuk menjadi Scudetto kesembilan beruntun dan ke-36 sepanjang sejarah dengan satu di antaranya dicabut karena skandal Calciopoli (pengaturan skor) pada 2004–2005.

Selain kesuksesan mencatat kemenangan, keberhasil lain dalam laga kontra Lazio ialah Cristiano Ronaldo mencetak dua gol, satu di antaranya dari titik penalti.

Dengan demikian, Ronaldo mencatatkan rekor sebagai pemain pertama yang berhasil menjcetak minimal 50 gol di tiga liga berbeda di level papan atas dunia yakni Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, dan sekarang Serie A Italia.

Bukan hanya itu, tambahan dua gol itu menempatkan Ronaldo sebagai top skor sementara Serie A musim ini dengan 30 gol, menyamai torehan gol penyerang Lazio Ciro Immobile yang dalam laga kontra Juve juga mencetak satu gol hasil eksekusi penalti.

Jika Immobile mampu bertahan sebagai top skor (capocannoniere) hingga kompetisi musim ini selesai, itu untuk ketiga kalinya pemain depan berusia 30 tahun tersebut meraihnya.

Dia sebelumnya tampil sebagai top skor pada musim 2013–2014 dengan mencetak 22 gol untuk Torino dan pada musim 2017–2018 dengan mencetak 29 gol untuk Lazio, kali ini bersama striker Inter Milan Mauro Icardi.

Sementara itu, Ronaldo, 35 tahun, yang baru bergabung setahun lalu dengan Juventus dari Real Madrid, berada di urutan keempat dalam daftar pencetak gol Serie A musim lalu dengan mencetak 21 gol, di bawah Fabio Quagliarella (Sampdoria, 26), Duvan Zapata (Atalanta, 23), dan Krzysztof Piatek (22).

Catatan lain yang ditorehkan Immobile dan Ronaldo dalam pertandingan tadi adalah keduanya menjadi pemain kedelapan dan kesembilan yang berhasil mencetak minimal 30 gol dalam satu musim Serie A sejak kompetisi itu digulirkan.

Rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim Serie A saat ini dipegang penyerang Juventus Gonzalo Higuain yang diraihnya pada musim 2015–2016. Ketika itu dia masih bermain untuk Napoli.

Sementara itu, pemain yang paling sering menjadi top skor Serie A ialah Gunnar Nordahl. Pemain asal Swedia itu membela AC Milan ketika menjadi top skor pada musim 1949–1950, 1950–1951, 1952–1953, 1953–1954, dan 1954–1955.

Top skor sepanjang masa Serie A ialah Silvio Piola. Dia mencetak 364 gol di Serie A mulai 1929 hingga 1954. Dia bermain untuk Pro Vercelli (sekarang di Serie C dan dilatih mantan striker Timnas Italia Alberto Gilardino), Lazio, Torino, Juventus, dan Novara (sekarang juga Serie C).

Berikut daftar pencetak gol sementara Serie A musim 2019–2020:

30 Gol: Ciro Immobile (Lazio), Cristiano Ronaldo (Juventus)

21 Gol: Romelu Lukaku (Inter Milan)

18 Gol: Joao Pedro (Cagliari), Francesco Caputo (Sassuolo)

17 Gol: Luis Muriel (Atalanta), Duvan Zapata (Atalanta)

16 Gol: Andrea Belotti (Torino)

15 Gol: Josip Ilicic (Atalanta), Edin Dzeko (AS Roma)

13 Gol: Lautaro Martinez (Inter Milan), Domenico Berardi (Sassuolo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper