Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil La Liga : Messi & Suarez Gemilang, Barcelona Gasak Habis Mallorca

Barcelona memulai kembali La Liga dengan kemenangan telak 4 - 0 atas Mallorca dan memastikan mempertahankan posisi teratas klasemen sementara.
Ujung tombak FC Barcelona Lionel Messi/Reuters/Eddie Keogh
Ujung tombak FC Barcelona Lionel Messi/Reuters/Eddie Keogh

Bisnis.com, JAKARTA – Juara bertahan FC Barcelona memulai kembali lanjutan La Liga yang sempat dihentikan akibat pandemi corona dengan kemenangan telak 4 - 0 atas tuan rumah Mallorca pada Minggu (14/6/2020) dini hari WIB.

Lionel Messi menyumbang satu gol dan dua assist dalam pertandingan pekan ke-28 La Liga di Stadion Son Moix yang berlangsung tanpa penonton untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Arturo Vidal membuka keunggulan Barcelona lewat gol cepatnya disusul Martin Braithwaite dan Jordi Alba yang memanfaatkan umpan kiriman Messi, sebelum La Pulga melengkapi kemenangan timnya melalui gol injury time.

Pertandingan yang dipimpin oleh wasit Carlos del Cerro baru memasuki menit ke-2 ketika Alba mengirimkan umpan silang terukur yang disambut tandukan Vidal untuk mengoyak gawang tuan rumah dan membuka keunggulan Barcelona.

Mallorca berusaha membalas lewat pemain pinjaman Real Madrid, Takefusa Kubo, yang menusuk dari sisi kanan sayang tembakan kerasnya masih bisa ditepis oleh kiper Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-22.

Kubo kembali menebar ancaman pada menit ke-31, tapi lagi-lagi Ter Stegen memperlihatkan kualitasnya sebagai kiper kelas dunia yang patut menjadi pilihan utama tim nasional Jerman.

Berselang 6 menit kemudian, Barcelona justru berhasil menggandakan keunggulan ketika Messi memantulkan bola demi diselesaikan oleh Braithwaite untuk memaksa kiper Manolo Reina memungut kulit bundar dari dalam gawangnya.

Kendali permainan babak kedua banyak berada di tangan Las Blaugrana dan tuan rumah berusaha menyerang tiap memperoleh penguasaan bola, tapi penyelesaian akhir mereka tak kunjung membuahkan hasil.

Malahan pada menit ke-79, Messi mencatatkan assist keduanya di laga tersebut saat umpan terobosan kirimannya berhasil dikejar Alba dan diselesaikan dengan dingin mengecoh Reina demi memperbesar keunggulan Barcelona 3 - 0 atas Mallorca.

Unggul tiga gol tak membuat Barcelona berpuas diri, pada menit ketiga injury time Messi menandai pertandingan pertama timnya setelah tiga bulan dipaksa beristirahat oleh pandemi Covid-19 dengan sebuah gol.

Luis Suarez, yang baru kembali merumput sebagai pemain pengganti setelah hampir 5 bulan menepi untuk pemulihan pascaoperasi, menjadi tandem serangan mematikan dan mengirimkan umpan matang yang diselesaikan dengan tenang oleh Messi untuk memastikan kemenangan Barcelona menjadi 4 - 0.

Suarez masuk menggantikan Antoine Griezmann pada menit ke-57. Griezmann sebenarnya termasuk pemain yang hendak disingkirkan pelatih Quique Setein pada musim panas ini, tapi tetap diturunkan Setien juga menurunkan Arthur Melo, yang menolak dipertukarkan dengan pemain Juventus Miralem Pjanic. Dia masuk pada menit ke-71 menggantikan Sergio Busquets.

Peman lain yang disebut-sebut tak dikehendaki di Barcelona yakni Ivan Rakitic, juga diturunkan sebagai pengganti, masuk pada awal babak kedua menggantikan Vidal.

Hasil ini memastikan Barca bertahan di posisi teratas dengan koleksi nilai 61, tak terkejar peringkat kedua Real Madrid meski tim ibu kota itu menang dalam pertandingan melawan Eibar pada Senin (15/6/2020) dini hari WIB. Nilai Barca saat ini 61, sedangkan Madrid 56.

Sementara itu, bagi Mallorca, kekalahan ini merupakan yang ke-17 sepanjang La Liga musim ini, yang membuat mereka tenggelam di posisi ke-18 atau teratas di zona merah degradasi meski hanya 1 angka dari zona aman.

Dengan koleksi nilai 25, posisi Mallorca di klasemen sementara La Liga, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Spanyol, hanya lebih baik dibandingkan dengan Leganes dan Espanyol yang masing-masing mengoleksi nilai 23.

Hasil pertandingan pekan ke-28 hingga Minggu pagi WIB: Sevilla 2 vs Real Betis 0; Granada 2 vs Getafe 1; Valencia 1 vs Levante 1; Espanyol 2 vs Deportivo Alaves 0; Celta Vigo 0 vs Villarreal 1; Leganes 1 vs Real Valladolid 2; Mallorca 0 vs Barcelona 4.

Untuk mengetahui jadwal lengkap matchday ke-28, sila klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : LaLiga.com, Soccerway, & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper