Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bayern Munchen di Ambang Juara Bundesliga, Libas Borussia Dortmund

Bayern Munchen menaklukkan tuan rumah Borussia Dortmund dengan skor tipis 1 - 0 dalam pertandingan pembuka matchday ke-28 Bundesliga.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  02:09 WIB
Pemain Bayern Munchen Joshua Kimmich (kanan) merayakan golnya ke gawang gawang Borussia Dortmund. - Bundesliga.com
Pemain Bayern Munchen Joshua Kimmich (kanan) merayakan golnya ke gawang gawang Borussia Dortmund. - Bundesliga.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bayern Munchen menaklukkan tuan rumah Borussia Dortmund dengan skor tipis 1 - 0 dalam pertandingan pembuka matchday ke-28 Bundesliga pada Rabu (27/5/2020) dini hari WIB.

Gol kemenangan tim tamu dari Bavaria dalam gelaran di Stadion Signal Iduna Park dikontribusi Joshua Kimmich 3 menit menjelang wasit Tobias Stieler mengakhiri babak pertama. Dia melepas tendangan chip dari jarak 18 meter yang membuat bola melewati jangkauan kiper Dortmund Roman Burki.

Pada babak kedua, Dortmund dirugikan oleh keputusan wasit Stieler yang tidak memberikan hadiah penalti untuk meski tampak cukup jelas bahwa bek Munchen Jerome Boateng menyentuh bola dengan tangan aktif di area terlarang saat mengeblok tendangan penyerang Dortmund Erling Haaland.

Sebaliknya Munchen kurang beruntung ketika tendangan penyerang mereka Robert Lewandowski hanya menghantam tiang kanan gawang Dortmund.

Dengan kemenangan dalam laga Klassiker itu, bisa dikatakan Munchen tinggal menunggu waktu untuk mempertahankan gelar juara kompetisi sepak bola teratas di Jerman tersebut, mengingat Dortmund adalah rival terdekat yang semula berpotensi menggagalkan tim asuhan Hansi Flick naik podium kampiun.

Berkat tambahan 3 angka dari kemenangan kali ini, Munchen memperlebar selisih nilai kedua tim menjadi 7 dari semula 4. Munchen mengoleksi nilai 64, sedangkan Dortmund 57.

Dengan kedua tim menyisakan masing-masing tujuh pertandingan lagi, apabila Munchen tampil konsisten mendulang kemenangan demi kemenangan, maka Robert Lewandowski dan kawan-kawan akan tampil sebagai juara sekalipun Dortmund juga mencatat kemenangan di semua sisa laga.

Kemenangan Bayern Munchen ini juga menghentikan rekor pelatih 100 persen Lucien Favre yang membawa Dortmund selalu menang ketika menjamu Bayern Munchen di dua laga terakhir.

Bermain di Signal Iduna Park, Dortmund menaklukkan Munchen 3 - 2 dalam pertemuan pertama Bundesliga musim 2018 - 2019 pada November 2018 dan kemudian memenangi perebutan Piala Super Jerman 2 - 0 atas Munchen pada Agustus 2019.

Kekalahan Dortmund di kandang sebelum kali ini ialah pada November 2017 dengan skor 1 - 3 dalam Bundesliga musim 2017 - 2018. Pada saat itu Dortmund masih ditangani mantan gelandang Timnas Belanda Peter Bosz, yang kini menukangi Bayer 04 Leverkusen.

Dalam pertandingan kali ini, kedua tim menurunkan ujung tombak paling tajam di Bundesliga saat ini yakni Lewandowski di sisi Munchen dan Erling Haaland di sisi Dortmund. Namun, keduanya gagal mencetak gol.

Lebih menyedihkan lagi bagi Dortmund, karena Haaland mengalami cedera engkel sehingga harus ditarik keluar pada menit ke-72 untuk digantikan Gio Reyna.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Dortmund Bundesliga Bayern Munchen

Sumber : Bundesliga.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top