Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Statistik Dortmund vs Munchen, Kisah Kehebatan Lewandowski & Favre

Ini statistik menjelang gelaran big match Borussia Dortmund versus Bayern Munchen.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 25 Mei 2020  |  21:21 WIB
Pelatih Borussia Dortmund Lucien Favre memiliki rekor kemenangan 100 persen atas Bayern Munchen./Reuters - Leon Kugeler
Pelatih Borussia Dortmund Lucien Favre memiliki rekor kemenangan 100 persen atas Bayern Munchen./Reuters - Leon Kugeler

Bisnis.com, JAKARTA – Bundesliga matchday ke-28 dibuka dengan super big match Borussia Dortmund menjamu juara bertahan Bayern Munchen pada Selasa (26/5/2020) tengah malam WIB.

Ini merupakan pertemuan antara dua tim teratas di klasemen sementara kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Jerman tersebut. Munchen masih memimpin klasemen dengan berselisih 4 angka dari Dortmund.

Rivalitas kedua tim memang berlangsung ketat selama satu dekade terakhir. Pada Bundesliga musim lalu pun, Munchen finis teratas diikuti Dortmund dengan selisih hanya 2 angka.

Berikut sejumlah statistik menjelang laga yang akan digelar di Signal Iduna Park Dortmund.

# Bayern Munchen mencetak sembilan gol tanpa balas di dua pertemuan Bundesliga sebelumnya dengan kemenangan 4 - 0 dan 5 - 0, tetapi Dortmund memenangi pertemuan terakhir di Signal Iduna Park di liga, dengan skor 3 - 2 pada matchday ke-11 musim 2018-2019. Faktanya, Dortmund hanya kalah dalam satu dari empat pertandingan terakhir (menang dua kali serta masing-masing satu seri dan kalah) di kandang.

# Borussia Dortmund merebut Piala Super Jerman di kandang mereka pada Agustus, berarti pelatih Lucien Favre memiliki rekor 100 persen di kandang melawan Bayern Munchen dengan dua kemenangan dari dua pertandingan.

# Dortmund memiliki tiga pencetak gol dengan catatan hingga dua digit sepanjang Bundesliga musim ini yakni Jadon Malik Sancho (14), kapten tim Marco Reus (11), dan Erling Haaland (10).

# Ujung tombak Munchen Robert Lewandowski adalah top skor sementara Bundesliga dengan 27 gol dengan mencetak satu gol rata-rata setiap 82 menit. Haaland, yang baru bergabung dengan Dortmund pada Januari 2020 dari klub Austria Red Bull Salzburg, sudah mencetak 10 gol di liga dengan rata-rata mencetak gol setiap 69 menit.

# Lewandowski juga menjadi pencetak gol terbanyak dalam pertemuan bagi kedua tim, 16 untuk Munchen dan satu ketrika masih membela Dortmund. Kapten Timnas Polanda itu mencetak 12 gol dalam enam laga Klassiker terakhir. Dia menjaringkan gol di keenam laga tersebut.

# Penyerang Munchen itu mencetak sedikitnya dua gol dalam setiap pertandingan di empat pertemuan terakhir melawan Dortmund serta mencetak hattrick ke gawang bekas klubnya itu ketika menang 6 - 0 pada 31 Maret 2018.

# Terdapat empat pemain yang pernah membela kedua klub akan terlibat di laga kali ini. Selain Lewandowski, mereka adalah Mats Hummels dan Mario Gotze (keduanya sekarang Dortmund) serta Ivan Perisic (sekarang Munchen).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Dortmund Bundesliga Bayern Munchen

Sumber : Bundesliga.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top