Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertandingan di Stadion Tertutup, Wenger Sebut Solusi Sementara

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, meminta pertandingan sepak bola di stadion tertutup tanpa penonton jangan terlalu lama.
Arsene Wenger/Reuters-Jason Cairnduff
Arsene Wenger/Reuters-Jason Cairnduff

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, meminta pertandingan sepak bola di stadion tertutup tanpa penonton jangan terlalu lama. Namun ia menilai langkah itu adalah cara terbaik untuk menyelesaikan kompetisi musim ini setelah dihentikan lantaran virus corona.

Berbicara di Bein Sports, Wenger meyakini menggelar laga tanpa penonton dapat merusak jika berlangsung terlalu lama. "Anda tidak bisa membayangkan seluruh musim tanpa penonton. Karena itu saya percaya bahwa itu solusi jangka pendek," ujarnya.

"Langkah itu masih menjadi cara terbaik untuk menyelesaikan musim. Ini lebih baik daripada keputusan yang lain," dia menambahkan.

Akhir pekan ini Bundesliga Jerman kembali dimainkan. Kompetisi kasta tertinggi di Jerman itu menjadi liga utama Eropa pertama yang kembali digulirkan setelah kompetisi ditangguhkan selama dua bulan karena virus corona. Semua pertandingan dilangsungkan secara tertutup, tanpa penonton.

Liga Primer Inggris kemungkinan akan menerapkan hal serupa ketika nanti dimainkan lagi. Wenger pun yakin bahwa penting untuk bermain tanpa penonton sampai situasi aman.

"Kami tidak memiliki obat untuk orang yang pergi ke stadion pada pertengahan Juli. Anda memiliki beberapa contoh di Italia, di mana (penonton) permainan memicu bencana," kata Wenger.

"Kami tidak bisa membimbing terlalu banyak karena alasan keuangan dan risiko besar. Kami harus terlebih dahulu memastikan ini aman secara medis," ujarnya.

Wenger yang juga menjabat sebagai kepala pengembangan sepak bola global FIFA, terlibat dalam proses pengambilan keputusan untuk menerapkan aturan penggantian pemain bisa dilakukan hingga maksimal lima pemain untuk sisa musim ini. Aturan itu dibuat untuk membantu liga domestik mengatasi dampak kelelahan karena pertandingan dijadwalkan dalam waktu singkat.

"Di FIFA, kami mengusulkan lima pergantian pemain karena satu alasan, karena jadwal padat. Sangat sulit untuk memainkan lebih banyak pertandingan tanpa lebih banyak perubahan," kata Wenger.

"Saya percaya pada pertandingan pertama sulit untuk menilai tetapi, secara keseluruhan, akan menarik untuk menonton bulan depan bagaimana akan digunakan," kata mantan pelatih asal Prancis ini.

"Saya juga berpikir itu ide yang bagus karena beberapa tim yang lebih kecil tidak akan bisa memainkan semua permainan mereka jika mereka bermain setiap tiga pertandingan. Jadi bagi mereka untuk bermain dengan tim terbaik mereka di setiap pertandingan, itu adalah keputusan yang bagus," ujar Arsene Wenger. "Melihat pertandingan hari ini, saya pikir tim tidak cukup siap."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper