Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertandingan Final Piala Prancis & Piala Liga Bakal Digelar

Final dua piala domestik, Piala Prancis (Coupe de France) dan Piala Liga (Coupe de la Ligue), direncanakan jadi pembuka kelanjutan kompetisi sepak bola di Prancis pada Juni.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 April 2020  |  10:00 WIB
Trofi Piala Prancis - French Football Weekly
Trofi Piala Prancis - French Football Weekly

Bisnis.com, JAKARTA – Final dua piala domestik, Piala Prancis (Coupe de France) dan Piala Liga (Coupe de la Ligue), direncanakan jadi pembuka kelanjutan kompetisi sepak bola di Prancis pada Juni nanti setelah musim terhenti akkibat pandemi virus corona jenis Covid-19.

Presiden federasi sepak bola Prancis (Fédération Française de Football/FFF), Noel Le Graet, mengaku mengajukan hal itu selepas pertemuan dengan operator liga domestik, liga profesional Prancis (LFP), pada Jumat (24/4/2020) waktu setempat, demikian dilansir Reuters dan dilaporkan Antara pada Sabtu (25/4/2020) WIB.

Final Piala Prancis antara Paris Saint-Germain kontra AS Saint-Etienne diajukan untuk digelar pada 13 atau 20 Juni, disusul final Piala Liga Prancis antara PSG melawan Lyon 3 hari kemudian.

Menurut Le Graet, pendahuluan Piala Prancis dan Piala Liga Prancis tersebut bakal menjadi langkah simbolik bagi sepak bola profesional dan amatir di negaranya. Sebagai catatan, Piala Liga Prancis hanya diikuti klub-klub profesional, sedangkan Piala Prancis juga menyertakan tim-tim amatir.

"Itu akan memberikan citra bagus bagi sepak bola baik profesional maupun amatir. Kelanjutan liga masih belum ditentukan, tapi mungkin kami akan mengubah jadwalnya agar final piala domestik dimainkan lebih dulu," kata Le Graet.

"Proposal saya sejauh ini belum menerima penolakan, jadi sampai ada suara kontra, ini rencana yang akan dijalankan," tambahnya.

Sebelumnya, gelaran Ligue 1 Prancis musim 2019 - 2020 diajukan untuk dilanjutkan kembali pada 17 Juni, tetapi semua rencana kelanjutan sepak bola itu masih bergantung perizinan Pemerintah Prancis.

"Kementerian terkait masih memegang kuncinya, tapi baik operator maupun para klub saat ini berada di posisi untuk melanjutkan musim," ujar Le Graet.

"Kami harus mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk bisa melanjutkan musim, sebab itu prioritas yang ditekankan oleh komite eksekutif UEFA kemarin," ujarnya.

Union of European Football Associations (UEFA) merekomendasikan agar negara-negara anggotanya merampungkan musim kompetisi domestik di atas lapangan, tetapi bersikap melunak atas kemungkinan penghentian dengan syarat diakibatkan keputusan pemerintah atau ancaman krisis ekonomi bagi para klub.

Saat ini, Belanda dan Belgia menjadi dua negara yang kompetisi domestiknya tak dirampungkan di atas lapangan. Belgia lebih dulu menempuh kebijakan itu karena desakan klub yang khawatir dengan kesehatan finansial jika musim dilanjutkan.

Adapun Belanda "dipaksa" oleh keputusan Perdana Menteri Mark Rutte yang memperpanjang karantina wilayah pencegahan Covid-19 diperpanjang hingga 1 September, menghapus kemungkinan kegiatan umum termasuk pertandingan olahraga dilakukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liga prancis piala prancis Piala Liga Prancis

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top