Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Transfer Almarhum Emiliano Sala, Cardiff Terancam Sanksi

Cardiff City terancam dilarang melakukan aktivitas jual beli pemain selama tiga jendela transfer.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 November 2019  |  06:06 WIB
Emiliano Sala ketika masih bersama Nantes. - LEquipe
Emiliano Sala ketika masih bersama Nantes. - LEquipe

Bisnis.com, JAKARTA – Cardiff City terancam dilarang melakukan aktivitas jual beli pemain selama tiga jendela transfer sebelum mereka membayar angsuran pertama Nantes atas kepindahan Emiliano Sala, yang lalu tewas dalam kecelakaan pesawat, kata Federation Internationale de Football Association (FIFA)

Emiliano Sala tewas saat pesawat yang dinaikinya jatuh di Selat Inggris dalam perjalanan untuk bergabung dengan klub Wales itu.

FIFA merilis daftar penuh untuk keputusan mereka pada September, yang mewajibkan Cardiff membayar angsuran pertama dari 6 juta euro (sekitar Rp93 miliar) yang sudah disetujui ke Nantes, klub Ligue 1 Prancis.

Dia bergabung dengan Cardiff dengan nilai transfer 15 juta pound (sekitar Rp271 miliar) pada Januari.

Jenazah penyerang asal Argentina berusia 28 tahun itu ditemukan hampir 3 pekan kemudian setelah operasi pencarian demi menemukan bangkai pesawat tersebut.

Komite Status Pemain FIFA mengatakan bahwa Cardiff harus membayar 6 juta euro dalam 45 hari setelah menerima perincian bank dari Nantes.

"Larangan mendaftarkan pemain baru, baik secara nasional maupun internasional, untuk maksimal tiga bursa transfer penuh dan berturut-turut periode akan efektif," menurut pernyataan FIFA soal sanksi yang berpotensi diterima klub yang bermain di Championship, kompetisi kelas dua dalam sistem sepak bola Inggris.

Hukuman tersebut akan dicabut bila Cardiff mematuhi putusan sementara itu. Cardiff City tidak memberikan komentar terkait putusan tersebut, tetapi mereka sebelumnya menyatakan untuk membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga di Swiss.

"Cardiff City FC sangat kecewa dengan keputusan Komite Status Pemain terhadap klub," ujar klub Wales tersebut setelah putusan awal.

Putusan FIFA menyatakan bahwa transfer telah resmi rampung sebelum Sala tewas dan karena itu Cardiff berkewajiban untuk melakukan pembayaran yang sudah disepakati oleh kedua klub.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Inggris liga prancis cardiff city Nantes

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top