Hasil Liga Italia : Milan Gasak Genoa, Sampdoria Makin Terpuruk

Pepe Reina menjadi pahlawan plus pesakitan saat AC Milan menundukkan Genoa dengan skor 2 - 1 dalam pertandingan Serie A Italia yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Minggu (6/10/2019) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 06 Oktober 2019  |  06:26 WIB
Hasil Liga Italia : Milan Gasak Genoa, Sampdoria Makin Terpuruk
Para pemain AC Milan merayakan gol ke gawang Genoa. - Twitter@ACMilan

Bisnis.com, JAKARTA – Pepe Reina menjadi pahlawan plus pesakitan saat AC Milan menundukkan Genoa dengan skor 2 - 1 dalam pertandingan Serie A Italia yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Minggu (6/10/2019) dini hari WIB.

Kemenangan yang sekaligus menghentikan rentetan tiga kekalahan beruntun ini membawa Milan menghuni peringkat ke-10 di klasemen dengan 9 poin, sementara Genoa terbenam ke peringkat ke-19 dengan koleksi 5 poin.

Milan mengawali pertandingan dengan kejutan setelah kiper utama Gianluigi Donnarumma tidak dapat dimainkan karena sakit perut saat pemanasan untuk digantikan kiper veteran Reina.

Reina langsung unjuk kekuatan dengan menggagalkan upaya Lukas Lerager. Namun Genoa juga harus melakukan pergantian pemain sejak dini saat Domenico Criscito harus meninggalkan lapangan karena diduga mengalami masalah pada otot paha belakangnya. Ia kemudian digantikan Davide Biraschi.

Kiper asal Spanyol Reina kembali menjadi penyelamat Milan saat menahan tembakan keras Paolo Ghiglione dan Marco Pajac, yang mampu melewati penjagaan Davide Calabria.

Sayang performa apik Reina ternoda ketika ia membuat Genoa memimpin 4 menit sebelum turun minum. Lasse Schone melepaskan tendangan bebas dari jarak 30 meter dan Reina gagal menguasai bola sehingga bola kemudian terbang masuk ke gawangnya sendiri.

Pelatih Milan Marco Giampaolo melakukan perubahan pada awal babak kedua dengan memasukkan Rafael Leao dan Lucas Paqueta untuk menggantikan Krzysztof Piatek dan Hakan Calhanoglu.

Milan menyamakan kedudukan pada menit ke-51. Dari satu tendangan bebas yang dieksekusi dengan cepat, bola kemudian disodorkan kepada Theo Hernandez yang menggiring bola menuju garis tepi lapangan dan dari sudut sempit melepaskan sepakan yang gagal dihalau Ionut Radu.

Kombinasi Paqueta dan Leao tampil apik untuk memaksa kiper Radu melakukan penyelamatan. Namun dalam proses pembangunan serangan, Leao sempat mengarahkan bola ke lengan Biraschi dari jarak dekat di kotak terlarang. Wasit kemudian memutuskan memberikan hadiah penalti kepada Milan sekaligus kartu merah kepada Biraschi setelah meninjau VAR.

Franck Kessie yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya, Milan pun berbalik unggul pada menit ke-57.

Tertinggal satu gol tidak membuat mental Genoa mengendur. Mereka mengancam melalui sundulan Christian Kouame yang masih sedikit melebar dari gawang Milan.

Asa Genoa semakin besar ketika Davide Calabria mendapatkan kartu kuning kedua akibat menarik kaus Kouame. Ini kedua kalinya Calabria diusir keluar lapangan pada musim ini.

Genoa terus menekan dan menjelang laga usai Kouame mampu mengejar umpan terobosan Goran Pandev di kotak penalti, Reina kemudian bergerak mengejar dan terlihat melakukan tekel terhadap sang pemain lawan.

Wasit menganggap Reina melakukan pelanggaran setelah meninjau VAR. Namun Reina menebus kesalahan sebelumnya dan kembali menjadi pahlawan berkat keberhasilannya menggagalkan eksekusi penalti Lasse Schoene pada menit ke-93.

Tensi pertandingan yang tinggi membuat wasit masih sempat mengusir Samu Castillejo dari bangku pemain cadangan Milan pada fase akhir laga ini.

Sementara itu, Sampdoria, yang di bawah mistar gawangnya berdiri kiper berdarah Indonesia Emil Audero Mulyadi, makin terbanm di dasar klasemen akibat dikalahkan tim promosi Hellas Verona dengan skor 2 - 0.

Bermain di Stadion Marc Antonio Bentegodi di Verona, dua gol penentu kemenangan tuan rumah dilesakkan Marash Kumbulla pada menit ke-9 dan bunuh diri pemain Sampdoria Nicola Murru 10 menit menjelang laga usai.

Kekalahan itu membuat Sampdoria baru mengumpulkan poin 3 dan berada di dasar klasemen, sedangkan Verona naik ke posisi kesembilan dengan koleksi 9 angka.

Hasil pertandingan lainnya, SPAL mengalahkan tamunya Parma 1 - 0 berkat gol semata wayang Andrea Petagna pada menit ke-31.

Meski menang, SPAL masih menghuni zona degradasi, tepatnya peringkat 18, dengan nilai 6, sedangkan Parma di posisi ke-10 dengan nilai 9.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ac milan, sampdoria, Liga Italia

Sumber : Reuters & Antara/LegaSerieA.it

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top