Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Buat Pelatih Sekolah Bola dari Francis Wawengkang

Pelatih sekolah sepak bola harus mendedikasikan dirinya sebagai pelatih sekaligus pendidik atau coach-educator karena melatih pemain bola usia dini butuh pendekatan lebih ketimbang pemain senior.
Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan (berdiri kelima dari kiri) dan Asisten Pelatih Francis R Wawengkang (ketujuh dari kiri). BISNIS
Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan (berdiri kelima dari kiri) dan Asisten Pelatih Francis R Wawengkang (ketujuh dari kiri). BISNIS

Bisnis.com, CIBINONG – Asisten pelatih Tira Persikabo Francis Raynald Wawengkang punya tips khusus bagi pelatih sekolah sepak bola di Indonesia yang ingin mencetak calon pemain sepak bola senior mumpuni.

Menurutnya, pelatih sekolah sepak bola harus mendedikasikan dirinya sebagai pelatih sekaligus pendidik atau coach-educator karena melatih pemain bola usia dini butuh pendekatan lebih ketimbang pemain senior.

“Kalau coach itu tak hanya pelatih tapi juga pendidik, coach-educator. Artinya, tingkah laku pelatih jadi contoh juga bagi anak didiknya,” katanya dalam Sesi Meet and Greet Pemain Tira Persikabo dalam ajang Festival Sepak Bola Usia Dini Anniversary SSB Kabomania Present Tira Persikabo di Stadion Mini Cibinong Kabupaten Bogor, Minggu (4/8/2019).

Dia menerangkan berprofesi sebagai pelatih sekaligus pendidik di sekolah sepak bola memang susah tapi harus dilakukan demi menginspirasi para pemain sepak bola usia dini. Selama ini, pelatih sepak bola usia dini tidak sadar bahwa dirinya sebagai pendidik sehingga tingkah lakunya akan dicontoh oleh peserta didiknya.

Saat pelatih yang memprotes wasit di hadapan pemain bola usia dini, Francis mencontohkan hal itu akan dicontoh oleh pemainnya. “Ada juga pelatih yang sukanya memarahi pemain yang tidak buat croossing, padahal pemain itu belum pernah diajari cara croossing,” paparnya.

Seharusnya, imbuhnya, pelatih sekolah sepak bola mengajari dulu cara crossing bola yang baik baru memberikan arahan jika tak melakukan saat bermain.

Selain itu, Francis juga memberikan saran kepada orang tua agar mendukung anaknya tanpa memberikan beban berlebih kepada pelatih harus menang saat bermain karena main sepak bola usia dini lebih ditekankan kepada pengalaman bermain.

“Sungguh berat, apalagi buat pelatih jika tak ada dukungan orang tua. Pelatih itu sangat butuh dukungan dari orang tua,” paparnya.

Festival Sepak Bola Usia Dini Anniversary SSB Kabomania Present Tira Persikabo berpusat di Stadion Mini Cibinong Bogor digelar setiap akhir pekan pada Juli dan awal Agustus 2019.

Jadwal pertandingan festival itu yaitu pada 13 Juli 2019 untuk kelompok umur (KU) 8 tahun, pada 14 Juli 2019 untuk KU 9 tahun, pada 20 Juli 2019 untuk KU 10 tahun dan pada 21 Juli 2019 untuk KU 11 tahun, pada 27 Juli 2019 untuk KU 12 tahun dan pada 3-4 Agustus untuk KU 13 tahun.

Selain didukung oleh PS Tira Persikabo, ajang sepak bola usia dini itu juga didukung oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Milo dan Oasis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper