Hasil Piala Dunia U-20: Kolombia & Polandia Susul Senegal ke 16 Besar

Kolombia dan tuan rumah Polandia menyusul Senegal lolos ke babak 16 besar putaran final Piala Dunia U-20 setelah menuntaskan laga terakhir Grup A.
Hasil Piala Dunia U-20: Kolombia & Polandia Susul Senegal ke 16 Besar M. Syahran W. Lubis | 30 Mei 2019 10:09 WIB
Hasil Piala Dunia U-20: Kolombia & Polandia Susul Senegal ke 16 Besar
Gelandang Senegal Dion Lopy (kiri) berusaha mempertahankan bola yang hendak direbut gelandang Polandia Tomasz Makowski. Pertandingan berakhir tanpa gol dan kedua tim lolos ke 16 besar Piala Dunia U-20. - FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kolombia dan tuan rumah Polandia menyusul Senegal lolos ke babak 16 besar putaran final Piala Dunia U-20 setelah menuntaskan laga terakhir Grup A pada Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Senegal lolos sebagai juara grup setelah bermain imbang tanpa gol melawan Polandia di Stadion Widzewa di Lodz. Hasil itu cukup untuk menempatkan Senegal, yang memulai laga dengan status telah lolos ke 16 besar, sebagai juara grup dengan nilai 7.

Bagi Polandia, tambahan 1 angka juga cukup membuat tuan rumah lolos ke fase knock out sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup dengan nilai 4.

Meski empat grup lain belem berakhir, Polandia telah dapat dipastikan paling tidak menempati posisi keempat di antara tim-tim peringkat ketiga seluruh grup sehingga berhak ikut lolos bersama juara dan runner up keenam grup.

Sementara itu, Kolombia menjadi runner up Grup A setelah melumat Tahiti, wakil Oseania, dengan skor telak 6-0 di Arena Lublin di Kota Lublin, ditandai dengan hattrick Juan Hernandez yang mencetak ketiga golnya pada menit ke- 38, 42, dan 70.

Tiga gol lain dikontribusi Luis Sinisterra pada menit ke-8 dan 37, serta Deiber Caicedo 4 menit menjelang pertandingan usai.

Dengan demikian, Kolombia menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup A dengan nilai 6, sedangkan Tahiti tersingkir karena selalu kalah di tiga laga fase grup.

Tahiti juga mengulangi rekor buruk menjadi tim paling banyak keboblan yakni 14 gol tan pencetak satu gol pun. Ini mengulangi catatan serupa yang mereka dapatkan pada edisi 2009 dengan kebobolan 21 gol tanpa mencetak satu gol pun.

Sekadar catatan, Indonesia berada di antara dua catatan tak elok Tahiti. Pada Piala Dunia U-20 1979 di Jepang, Indonesia yang lolos ke putaran final dengan status menggantikan Irak, Korea Utara, dan Kuwait, kemasukan 16 gol—termasuk dua dari Diego Maradona (Argentina)—tanpa mampu mencetak satu gol pun.

Saat itu, di Piala Asia U-19 1978 yang menjadi kualifikasi Piala Dunia U-20 1979, Indonesia terhenti di perempat final, kalah 0 - 2 dari Korut. Korea Selatan tampil sebagai juara dengan mengalahkan Irak di final.

Sebagai runner up, Irak juga berhak lolos ke Jepang, tetapi terkendala kondisi politik sehingga batal berangkat. Semifinalis lainnya, Korut dan Kuwait juga tidak siap memberangkatkan tim, sehingga Indonesia yang dipilih mendampingi Korsel ke putaran final di Jepang.

Kembali ke hasil pertandingan Grup A Piala Dunia U-20 tahun ini, Senegal sebagai juara grup akan bertemu dengan salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik di luar Polandia, Kolombia berhadapan dengan runner up Grup C, sedangkan Polandia bertemu salah satu juara grup di luar Senegal.

Klasemen akhir Grup A (peringkat, tim, main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

1

Senegal

3

2

1

0

5

0

+5

7

2

Kolombia

3

2

0

1

8

2

+6

6

3

Polandia

3

1

1

1

5

2

+3

4

4

Tahiti

3

0

0

3

0

14

-14

0

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala dunia u-20, timnas kolombia, Timnas Polandia, Timnas Senegal

Sumber : FIFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top