Indonesia Ajukan Diri Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Edisi 2021

FIFA menyatakan Indonesia telah mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi 2021.
Indonesia Ajukan Diri Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Edisi 2021 M. Syahran W. Lubis | 24 Mei 2019 03:38 WIB
Indonesia Ajukan Diri Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Edisi 2021
Suporter Timnas Indonesia - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Federation Internationale de Football Association (FIFA) menyatakan Indonesia telah mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi 2021, demikian dilaporkan Reuters pada Kamis (23/5/2019) tengah malam WIB.

Indonesia, menurut FIFA, merupakan salah satu dari tiga negara bersama dua negara Amerika Selatan yakni Brasil dan Peru yang mengajukan permohonan sebagai tuan rumah secara individual.

Namun, Indonesia bukan hanya satu-satunya negara Asia Tenggara yang mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada edisi 2 tahun mendatang.

FIFA menyebutkan bahwa Myanmar dan Thailand juga menyampaikan proposal serupa, tetapi mereka akan bertindak sebagai tuan rumah bersama.

Yang juga telah mengajukan proposal untuk bertindak sebagai tuan rumah bersama ialah Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Batas waktu pengajuan proposal masih lama yakni pada 30 Agustus 2019 dan penetapan tuan rumah diperkirakan baru diputuskan pada akhir tahunn ini.

Negara Asia yang pernah menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia U-20 adalah Jepang, Arab Saudi, Malaysia, dan UEA, dan Korea Selatan.

Jepang tuan rumah edisi 1979 dengan Argentina bersama Diego Maradona-nya menjadi juara, Saudi pada 1989 memunculkan Portugal sebagai juara, Malaysia pada 1997 dengan Argentina juara, UEA menggelar pada 2003 dengan Brasil sebagai juara, serta Korsel 2 tahun lalu dengan Inggris kampiunnya.

Indonesia pernah bermain di Piala Dunia U-20 ketika pada 1979. Namun, Indonesia ke putaran final saat itu bukan karena lolos dari kualifikasi, melainkan karena tim-tim yang berhak ke Jepang mengalami kendala.

Babak kualifikasi saat itu memunculkan Korsel dan Irak sebagai juara bersama setelah keduanya imbang 1 - 1 di final. Namun, Irak dilanda masalah politik dan keamanan sehingga tidak bisa berangkat. Begitu pula dengan Korea Utara.

Indonesia yang lolos hingga perempat final—kalah 0 - 2 dari Korut—akhirnya menyanggupi mengisi satu tempat yang ditinggal Irak. Namun, kehadiran Indonesia di Jepang berakhir dengan kesedihan setelah menerima tiga kekalahan telak, termasuk dari Argentina 0 - 5 dengan dua gol dicetak Diego Maradona.

Piala Dunia U-20 edisi tahun ini tengah berlangsung di Polandia dengan Argentina sebagai tim favorit seiring dengan absennya tim favorit Brasil dan juara bertahan Inggris. Argentina menjuarai Piala Dunia U-20 enam kali, sedangkan Brasil satu lebih sedikit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas indonesia, piala dunia u-20

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top