Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Damir Skomina Wasit Final Liga Champions Liverpool vs Tottenham

Wasit asal Slovenia Damir Skomina akan memimpin pertandingan final Liga Champions Eropa 2018 - 2019 antara dua klub Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspur.
Wasit asal Slovenia Damir Skomina/Reuters
Wasit asal Slovenia Damir Skomina/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Wasit asal Slovenia Damir Skomina akan memimpin pertandingan final Liga Champions Eropa 2018 - 2019 antara dua klub Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspur, di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol, yang merupakan markas Atletico Madrid.

Skomina, 42 tahun, memiliki lisensi wasit internasional sejak 17 tahun lalu, telah memimpin empat pertandingan Liga Champions dan dua pertandingan Liga Europa pada musim ini. Dia akan menambah catatan pentingnya menjalani karier sebagai pengadil di Madrid pada Minggu (2/6/2019) dini hari WIB.

Dia tercatat pernah memimpin pertandingan final Liga Europa edisi 2016-2017 ketika Manchester United menundukkan Ajax Amsterdam 2 - 0 di Friends Arena di Solna, Swedia.

Sebelumnya dia memimpin pertandingan perebutan Piala Super Eropa 2012 ketika Atletico Madrid menghantam Chelsea 4 - 1 di Stadion Louis II di Monako.

Di final Liga Champions musim ini, Skomina akan dibantu dua rekan senegaranya, Jure Praprotnik dan Robert Vukan, sebagai penjaga garis dengan wasit Spanyol Antonio Mateu Lahoz ditunjuk sebagai ofisial keempat.

Liverpool melaju ke final setelah secara dramatis menundukkan tim favorit FC Barcelona di semifinal dengan skor agregat 4 - 2 meskipun di leg pertama kalah 0 - 3.

Sementara itu, Tottenham tak kalah dramatis dalam cara meraih tiket ke final setelah menang 3 - 2 di kandang Ajax Amsterdam di leg ledua dengan gol penentuan saat babak kedua telah 6 menit memasuki injury time.

Lebih dramatis lagi, karena di laga leg kedua itu sebenarnya Ajax telah ubnggul dua gol sehingga skor agregat sementara ketika itu sudah 3 - 0 untuk Ajax karena di leg pertama di markas Tottenham di London tim ibu kota Belanda itu menang 1 - 0.

Dengan demikian, apabila gol ketiga di injury time itu tak terjadi, Ajax-lah yang ke final dengan skor agregat 3 - 2. Dengan hasil leg kedua itu, skor agregat menjadi 3 - 3 dan Tottenham lolos ke final karena lebih produktif mencetak gol di kandang lawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper