Dortmund Pangkas Jarak dari Munchen, Penentuan Juara Bundesliga di Laga Terakhir

Bayern Munchen gagal memastikan mempertahankan gelar juara Bundesliga Jerman setelah dipaksa imbang tanpa gol oleh RB Leipzig dalam laga pekan ke-33.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Mei 2019  |  23:58 WIB
Dortmund Pangkas Jarak dari Munchen, Penentuan Juara Bundesliga di Laga Terakhir
Penyerang Borussia Dortmund Mario Gotze (kiri) merayakan gol ketiga timnya ke gawang Fortuna Dusseldorf bersama Lukasz Piszczek. - Reuters/Leon Kugeler

Bisnis.com, JAKARTA – Bayern Munchen gagal memastikan mempertahankan gelar juara Bundesliga Jerman setelah dipaksa imbang tanpa gol oleh tuan rumah RB Leipzig di Red Bull Arena di Leipzig dalam laga pekan ke-33 pada Sabtu (11/5/2019) malam WIB.

Dengan hasil itu, Munchen memang tetap menempati posisi teratas dalam klasemen sementara kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Jerman tersebut, tetapi jarak nilainya dengan peringkat kedua Borussia Dortmund terpangkas.

Hal itu disebabkan pada saat bersamaan di Stadion Signal Iduna Park di Dortmund, tuan rumah berhasil menaklukkan tamunya Fortuna Dusseldorf dengan skor tipis 3 - 2.

Di hadapan lebih dari 81.000 pendukungnya, saat rehat Dortmund telah unggul melalui gol Christian nPulisic 6 menit menjelang babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Dusseldorf mampu menyamakan kedudukan menjadi 1 - 1 lewat aksi Oliver Fink. Namun, hanya berselang 6 menit kemudian, Thomas Delamney memulihkan keunggulan Dortmund menjadi 2 - 1.

Pada injury time, kedua tim masing-masing menambah sebiji gol. Mario Gotze mencetak gol saat waktu tambahan memasuki menit ke-2, sedangkan Dusseldorf mencetak gol kedua 3 menit kemudian melalui kontribusi Dawid Kownacki.

Hasil pertandingan ini bisa disebut tak bermakna penting bagi Dusseldorf yang telah aman dari degradasi dan di sisi lain tak bisa lagi finis di zona kompetisi Eropa. Mereka menduduki slot ke-11 klasemen sementara dengan nilai 41.

Sebaliknya bagi Dortmund, kemenangan ini sangat penting untuk tetap nmenjaga asa menyalip Bayern Munchen pada matchday terakhir atau ke-34.

Tambahan 3 poin menjadikan tim besutan pelatih Lucien Favre memangkas selisih poin dengan Munchen yang seri di Leipzig. Nilai Munchen kini 75, sedangkan Dortmund 2 di belakangnya sehingga penentuan juara berlanjut ke matchday terakhir atau ke-34.

Leipzig menempati setrip ketiga klasemen sementara dengan koleksi 66 angka dan telah memastikan finis di peringkat ketiga yang mendapatkan ganjaran tiket Liga Champions.

Di sisi lain, Stuttgart mencatat kemenangan tiga gol tanpa balas atas Wolfsburg. Hasil itu memastikan dua tim yang beradea di bawahnya, Hannover 96 dan Nuremberg degradasi.

Nilai Stuttgart 27, Hannover 21, sedangkan Nuremberg 19. Menempati peringkat 16 dari 18 tim, Stuttgart tetap belum aman dari degradasi karena dipastikan finis di slot ketiga dari bawah yang merupakan jalur khusus menjalani laga playoff dua leg promosi-degradasi melawan peringkat ketiga 2.Bundesliga yang belum dapat dipastikan antara Paderborn, Union Berlin, dan Hamburg.

Sementara itu, satu tim yang telah dipastikan promosi dari 2.Bundesliga ke Bundesliga ialah Koln yang dipastikan juara kompetisi kasta kedua itu dengan nilai sementara 62.

Hasil pekan ke-33 hingga Sabtu tengah malam WIB: Hoffenheim 0 vs Werder Bremen 1; Dortmund 3 vs Dusseldorf 2; Bayer Leverkusen 1 vs Schalke 1; RB Leipzig 0 vs Munchen 0; Stuttgart 3 vs Wolfsburg 0; Augsburg 3 vs Hertha Berlin 4; Hannover 3 vs Freiburg 0; Nuremberg 0 vs Borussia Monchengladbach 4.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Dortmund, Bundesliga, Bayern Munchen

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top