Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Format Piala Super Spanyol & Copa del Rey Diubah

Federasi sepak bola Spanyol (RFEF) akan mengubah format penyelenggaraan laga perebutan Piala Super dan Piala Raja.
Trofi Copa del Rey/Betstudy.com
Trofi Copa del Rey/Betstudy.com

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi sepak bola Spanyol (RFEF) akan mengubah format penyelenggaraan laga perebutan Piala Super menjadi di luar Spanyol mulai Januari mendatang. Perubahan besar juga akan diterapkan untuk Piala Raja (Copa del Rey) yang akan mengurangi kepadatan jadwal pertandingan.

"Presiden RFEF Luis Rubiales mengatakan kepada anggota di rapat dewan hari ini tentang proyek yang sedang kami kerjakan untuk mendesain ulang format Piala Super Spanyol dan Copa del Rey," demikian pernyataan di situs federasi pada Selasa (9/4/2019) malam WIB.

"Sehubungan dengan Piala Super, RFEF akan mengembangkan format 'Final Four' untuk turnamen berlangsung di luar Spanyol pada Januari. Untuk Copa del Rey, format diubah menjadi pertandingan tunggal yang dimainkan di kandang tim yang lebih lemah hingga tahap semifinal."

Pada Februari lalu, Rubiales mengungkapkan rencana untuk merombak format Piala Super, melibatkan juara musim lalu serta mempertemukan para pemenang La Liga melawan pemegang Copa del Rey yang biasanya digelar dua leg.

Pergeseran turnamen ke Januari terjadi setelah rencana awal pada Agustus dikritik oleh badan penyelenggara La Liga karena potensi bentrok penjadwalan dengan dimulainya musim baru.

Rubiales mengubah tradisi tahun lalu dengan mengubah Piala Super Spanyol menjadi satu pertandingan yang dimainkan di Tangier, Maroko, dengan Barcelona mengalahkan Sevilla 2 - 1.

Dia menentang rencana operator La Liga untuk memainkan pertandingan tim-tim papan atas Spanyol di luar negeri dan memblokir proposal untuk memindahkan pertandingan Januari lalu antara Girona dan Barcelona ke Miami, Amerika Serikat.

RFEF belum mengungkapkan di negara mana format baru Piala Super Cup berlangsung. RFEF menambahkan tim-tim yang berlaga di Piala Super akan mendapat bye ke babak 32 besar Copa del Rey, dengan masing-masing pertandingan sebelum semifinal digelar di kandang tim yang lebih lemah.

Rencana untuk kedua turnamen harus disetujui oleh klub di majelis umum luar biasa yang berlangsung pada 29 April.

Dalam format saat ini, tim La Liga memasuki Copa del Rey di babak 32, dan finalis musim ini Barcelona dan Valencia harus bermain delapan pertandingan untuk mencapai laga puncak, memadatkan jadwal mereka pada Januari dan Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper