4 Negara Amerika Selatan Favorit Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Chile favorit untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.
M. Syahran W. Lubis | 21 Maret 2019 13:34 WIB
Presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) Alejandro Dominguez - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Chile yang maju ke Federation Internationale de Football Association (FIFA) untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 merupakan pilihan favorit untuk menyelenggarakan perhelatan tersebut.

Pada awalnya tuan rumah bersama yang diajukan oleh Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) hanyalah Argentina dan Uruguay, Paraguay dan Chile menyusul kemudian.

"Hari ini saya pikir kami adalah favorit untuk menang," kata Presiden Conmebol Alejandro Dominguez pada Kamis (21/3/2019) pagi WIB kepada wartawan.

Dominguez mengemukakan hal itu setelah pertemuan dengan presiden dari empat negara yang mengajukan penawaran tersebut di sela-sela Konferensi PBB tentang Kerja Sama Selatan-Selatan di Buenos Aires, Argentina.

Koordinator penawaran Fernando Marin mengatakan kepada Reuters tidak ada peluang untuk menambahkan negara kelima ke dalam format tuan rumah bersama itu.

"Masuknya Chile dalam tuan rumah bersama ini memperkuat aspirasi Cone Selatan [sebutan untuk wilayah geografis yang mencakup bagian paling selatan Amerika Selatan, bagian selatan daripada garis balik selatan]," tuturnya.

Marin menambahkan bahwa keempat negara akan bertemu pada 8 April di Buenos Aires untuk membahas tawaran tersebut.

Tawaran multi-negara dirancang untuk bertepatan dengan peringatan 100 tahun Piala Dunia pertama yang berlangsung di Uruguay pada 1930.

Keempat negara Amerika Selatan diperkirakan menghadapi persaingan yang ketat, dengan Maroko, Spanyol, Portugal, dan Inggris di antara negara-negara untuk menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

Piala Dunia 2022 akan diadakan di Qatar dan turnamen 2026 di AS, Meksiko, dan Kanada.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala dunia 2014, piala dunia 2018

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup