PIALA AFF U-16: Final Indonesia vs Thailand, Prediksi, Head To Head, Susunan Pemain: Gol dari Bagus? (Indosiar)

'Hidup atau mati'. Itu tekad tim nasional Indonesia saat menghadapi Thailand di final Piala AFF U-16 di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) pukul 19.00 WIB, yang akan disiarkan oleh Indosiar.
Martin Sihombing | 10 Agustus 2018 22:09 WIB
Amirudin Bagus Kahfi Alfikri (20) dan Sutan Diego Armandoondriano Zico (9) - PSSI.org

Bisnis.com,  JAKARTA -  'Hidup atau mati'. Itu tekad tim nasional Indonesia saat menghadapi Thailand di final Piala AFF U-16 di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) pukul 19.00 WIB, yang akan disiarkan oleh Indosiar.

PIALA AFF U-16: Jadwal, Hasil, Klasemen, Top Skor: Indonesia vs Thailand di Final, Bagus Kahfi Kian Tak Terkejar, 12 Gol

PIALA AFF U-16: Semifinal Indonesia vs Malaysia, Preview, Rekor Pertemuan, Line Up, Bagus Bikin Gol?

Indonesia melangkah ke final setelah memukul Malaysia 1-0 di semifinal, sementara Thailand menundukkan Myanmar 1-0. Indonesia dan Thailand sama-sama pemuncak grup masing-masing di babak penyisihan.

Rekor pertemuan kedua tim di piala ini, sejak 2002, sudah lima kali. Indonesia mengantongi dua kemenangan, Thailand tiga. Dengan kondisi itu, kedua tim, sama-sama memiliki peluang juara pada tahun ini.

Thanarin Thumsen (Thailand/kiri) dan Amirudin Bagus Kahfi Alfikri (Indonesia)/PSSI.org

Namun, Thailand lebih banyak mengoleksi gelar juara di piala ini. Dari sembilan kali tampil, tim Gajah Putih sudah tiga kali juara. Indonesia, yang sudah tampil sembilan kali dan  tuan rumah pertama piala ini pada 2002, prestasi terbaiknya pada 2013 saat menjadi runner-up.  Di final, Indonesia kalah 2-3 lewat adu penalti dari Malaysia. 

 Thailand

Asosiasi Sepak Bola Thailand

Juara (2007, 2011, 2015)

 Indonesia

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia

Peringkat kedua (2013)

 

Kini, sebagai tuan rumah, Indonesia lebih difavoritkan untuk meraih gelar pertamanya di turnamen ini. Bermain di Gelora Delta Sidoarjo, dukungan penonton akan menjadi pemain ke-13. David Maulana dan kawan-kawan akan tampil lebih bersemangat dibanding Thailand.

HEAD TO HEAD  

Tangal

Pertandingan

Skor

Stadion

11 Juli 2017

Indonesia v Thailand

0-1

Chonburi Campus Stadium 1, Chonburi

13 Juli 2011

Indonesia v Thailand

0-2

New Laos National Stadium, Vientiane

27 Agustus 2007

Thailand v Indonesia

1-2

Army Stadium, Phnom Penh

26 Agustus 2005

Thailand v Indonesia

3-2

Royal Thai Army Stadium

19 Februari 2002

Indonesia v Thailand

2-1

Stadion Teladan, Medan

Kondisi Fisik

Saat ini,  Indonesia  sudah menyiapkan kondisi fisik 23 pemainnya pada latihan sore di Stadion Jenggolo, Jumat (10/8/2018).  Mereka berlatih pemulihan kondisi fisik  usai menjalani laga semifinal melawan Malaysia.

Latihan mereka berjalan dengan lancar dan pemain terlihat serius. Berbagai menu latihan dilahap oleh David Maulana dan kawan-kawan. Termasuk juga latihan tendangan dari titik putih dekat gawang lawan.

"Semua pemain kami dalam kondisi fit. Kami semua berlatih sore ini dengan materi yang sama seperti latihan-latihan sebelumnya. Kami siapkan semua skenario yang bisa saja terjadi di lapangan saat final dalam latihan sore ini. Termasuk juga pemulihan fisik dan stamina pemain. Alhamdulillah saya senang mereka bisa pulih lebih cepat," kata pelatih Fakhri Husaini, seperti dikutip dari PSSI.org.

Menilik kebelakang perjalanan tim berjuluk Garuda Asia, dalam ajang ini mereka tampil sangat impresif. Di fase grup, mereka tak terkalahkan.

Laga pembuka,  Filipina dihancurkan  8-0, lalu  mengalahkan Myanmar 2-1, menghajar Vietnam 4-2, Timor Leste 3-0 dan Kamboja 4-0.

"Kami sudah pernah bertemu dengan Thailand sebelumnya. Kami juga sudah mengintip mereka bertanding dan menganalisa permainan mereka. Saya melihat materi pemain yang mereka bawa juga tidak benyak berubah. Seperti saat di kualifikasi Piala AFC U-16 tahun lalu di Thailand,"  ujar Fakhri Husaini.

Fakhri mengatakan  Thailand tim kuat, meski dengan pelatih baru saat ini (sebelumnya Salvatore Valero). "Mereka adalah tim yang bisa bermain tenang dan cerdas dalam memanfaatkan peluang sekecil apapun. Kita akan antisipasi semua hal itu," ujarnya.

Prediksi Susunan Pemain

 THAILAND: 1 Anuchid Taweesri, 2Arthit Bua-Ngam, 3 Chatmongkol Rueangthanarot, 5 Jakkrapong Sanmahung, 6Pongsakorn Innet, 7 Thanarin Thumsen (C), 8 Sarawut Soawaros,10 Sitthinan Rungrueang, 11 Kittiphong Khetpara, 13Thanakrit Laorkai, 16 Thiraphong Yangdi

 INDONESIA: 21 Ernando Ari Sutaryadi, 2Amiruddin Bagas Kaffa, 3 Mochamad Yudha Febrian, 5 Fadilah Nur Rahman, 6David Maulana (C), 7Amanar Abdilah, 8 Andre Oktaviansyah, 9Sutan Diego Armandoondriano Zico, 20 Amirudin Bagus Kahfi Alfikri, 16 Komang Teguh Trisnanda, 11 Mochammad Supriadi

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Piala AFF U-16

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top