Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Jadwal, Prediksi, Analisa dan Juara Grup

Piala Dunia 2018, yang digelar di Rusia, akan segera dimulai pada 14 Juni 2018 dan akan berakhir pada 15 Juli. Pertarungan antara Rusia dan Arab Saudi, dua tim peringkat rendah ranjing FIFA -masing-masing 65 dan 63-- akan menjadi partai pembuka, yang akan disiarkan oleh Trans TV pukul 22.00 WIB.
Piala Dunia 2018 Rusia/Reuters
Piala Dunia 2018 Rusia/Reuters

PIALA DUNIA 2018: Jadwal, Prediksi, Analisa dan Juara Grup
Bisnis.com, JAKARTA – Piala Dunia 2018, yang digelar di Rusia, akan segera dimulai pada 14 Juni 2018 dan akan berakhir pada 15 Juli. Pertarungan antara Rusia dan Arab Saudi, dua tim peringkat rendah ranjing FIFA –-masing-masing 65 dan 63-- akan menjadi partai pembuka, yang akan disiarkan oleh Trans TV pukul 22.00 WIB.

Ada 32 tim siap unjuk kebolehannya dan menjadi yang terbaik di dunia. Berikut ini analisis singkat tentang pertarungan di grup plus tanggal pertandingan:

Grup A

Tim: Rusia, Uruguay, Mesir, Arab Saudi

Rusia dan Arab Saudi membuka turnamen, yang merupakan salah satu pertandingan pembuka paling tidak masuk akal dalam sejarah Piala Dunia. Mereka adalah dua tim peringkat terendah di acara tersebut (Rusia adalah 65 dan lawan mereka adalah 63) dan, serta menjadi tontonan yang mengerikan itu hanya mungkin untuk mempengaruhi siapa yang menyelesaikan posisi ketiga. Uruguay dan Mesir setidaknya memiliki beberapa pemain kelas dunia di antara mereka, dengan Barcelona Luis Suarez dan Edinson Cavani dari PSG menjadi ancaman bagi tim mana pun, sementara Mo Salah telah berada dalam performa luar biasa untuk Liverpool musim ini.

Jadwal

  • 14 Juni: Rusia v Arab Saudi, Stadion Luzhniki, Moskow
  • 15 Juni: Mesir v Uruguay, Ekaterinburg
  • 19 Juni: Rusia v Mesir, St Petersburg
  • 20 Juni: Uruguay vs Arab Saudi, Rostov-on-Don
  • 25 Juni: Uruguay v Rusia, Samara; Arab Saudi v Mesir, Volgograd

Pertarungan kunci: Mohamed Salah v Martin Caceres

Begitu banyak bersandar pada Salah. Penalti injury time-nya yang memberi negaranya tempat di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1990. Jika dia bisa mendapatkan yang lebih baik dari Caceres di tim ini, dan Mohamed Elneny dapat menjaga Luis Suarez keluar dari permainan, Mesir bisa merebut hasil imbang, atau bahkan menang melawan Uruguay.

Prediksi: Uruguay mengalahkan Mesir untuk ke posisi teratas, Rusia memenangkan pertandingan pembuka dan berakhir di posisi tiga, di depan Arab Saudi.

Grup B

Tim: Portugal, Spanyol, Maroko, Iran

Pertarungan yang serius dalam grup ini antara Spanyol menghadapi Portugal, pemenang 2010 melawan juara bertahan Eropa, Cristiano Ronaldo melawan setengah rekan setimnya di Real Madrid. Tidak diragukan lagi, ini adalah benturan kelompok, tetapi Maroko mungkin hanya memiliki suara jika Spanyol memenangkan pertandingan dendam, dan Portugal gugup dan kehilangan semangat. Apalagi jika Ronaldo melanjutkan penampilannya yang saat ini tidak menyenangkan di level klub.

Jadwal

  • 15 Juni: Maroko vs Iran, St Petersburg
  • 19 Juni: Portugal v Spanyol, Sochi
  • 20 Juni: Portugal v Maroko, Stadion Luzhniki, Moskow,
  • 20 Juni: Iran v Spanyol, Kazan (6pm)
  • 25 Juni: Iran v Portugal, Saransk
  • 25 Juni: Spanyol v Maroko, Kaliningrad

Pertarungan kunci: Cristiano Ronaldo v Sergio Ramos. Lezat.

Jika Portugal mengerahkan Ronaldo sebagai striker, dia akan bertemu rekan setimnya dan kapten di Real Madrid Ramos. Begitu banyak ketergantungan pada kedua pemain itu untuk negara-negara itu, meskipun beban ke depan lebih besar mengingat sack Ballon d'Ors dan timnya sedikit lebih rendah di belakangnya.

Prediksi: Spanyol mengatasi pertandingan melawan Portugal dan kemudian memenangkan grup dengan nyaman, Portugal lolos di belakang mereka setelah Ronaldo mengamuk ketika keadaan menjadi sulit. Maroko ketiga, Iran keempat.

Grup C

Tim: Prancis, Australia, Peru, Denmark
Imajinasi impian untuk Prancis. Mereka harus melaju melalui babak sistem gugur dan bahkan mungkin bisa memutar skuad mereka yang sangat berbakat untuk pertandingan grup terakhir melawan Denmark - yang memiliki kampanye kualifikasi tambal sulam sebelum mereka memukul Republik Irlandia di babak play-off. Bahkan, mereka adalah tempat di belakang Peru di peringkat saat ini sehingga banyak akan tergantung pada bentuk Christian Eriksen.

Jadwal

  • 16 Juni: Prancis v Australia, Kazan; Peru v Denmark, Saransk
  • 21 Juni: Prancis v Peru, Ekaterinburg; Denmark v Australia, Samara
  • 26 Juni: Denmark v Prancis, Stadion Luzhniki, Moskow; Australia v Peru, Sochi

Pertempuran kunci: Denmark v Peru

Australia memiliki sedikit harapan dalam kelompok ini, jadi pertarungan untuk kedua akan ketat. Peru kembali ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 36 tahun dan memiliki kelompok muda untuk meningkatkan pemain. Mereka juga memiliki Jefferson Farfán, yang bermain untuk Lokomotiv Moscow, yang bisa menjadi pengubah permainan.

Prediksi: Tiga kemenangan untuk Prancis, Denmark untuk unggul kedua di atas Peru, kemungkinan selisih gol.

Grup D
Tim: Argentina, Islandia, Kroasia, Nigeria
Jika para pemburu klise harus bersikeras menemukan 'Kelompok Kematian', mungkin ini akan terjadi. Namun, kecuali Argentina gagal total, tidak akan ada pembangkit tenaga listrik sepakbola dunia yang hilang di babak grup. Kroasia memiliki pemain-pemain berbakat, Islandia adalah kelompok yang sangat sulit untuk dihadapi dan Nigeria tumbuh dalam kepercayaan di bawah Gernot Rohr dan memiliki beberapa talenta Liga Premier yang mereka miliki, dengan orang-orang seperti Alex Iwobi dan Victor Moses.

Jadwal

  • 16 Juni: Argentina v Islandia, Stadion Spartak, Moskow; Kroasia v Nigeria, Kaliningrad
  • 21 Juni: Argentina vs Kroasia, Nizhny Novgorod
  • 22 Juni: Nigeria v Islandia, Volgograd
  • 26 Juni: Nigeria v Argentina, St Petersburg; Islandia v Kroasia, Rostov-on-Don

Pertarungan kunci: Setiap pertandingan. Kelompok ini hampir pasti akan go to the wire.

Meskipun Argentina adalah nama yang menonjol, mereka datang sangat dekat untuk tidak lolos kualifikasi. Kroasia dan Islandia akan memulai pertempuran lagi setelah kampanye kualifikasi mereka berakhir dengan kemenangan masing-masing. Dan Nigeria benar-benar tidak dapat didiskon, bahkan jika mereka berada di Pot 4 untuk undian. Jika mereka bermain dengan potensi mereka, mereka memiliki peluang bagus untuk mencapai babak sistem gugur.

Prediksi: Argentina akan lolos, dengan Kroasia, yang hanya akan menjalin Nigeria dengan pemain bintang mereka yang berpengalaman.

Grup E

Tim: Brasil, Swiss, Kosta Rika, Serbia
Juara lima kali Brasil memiliki sedikit ketakutan dalam undian ini. Swiss menempati peringkat ke delapan di dunia tetapi sebenarnya mereka adalah tim fungsional yang terbaik. Kosta Rika menyebabkan kekecewaan besar pada 2014, karena rencana Brasil menjadi sangat kacau, tetapi di bawah pelatih Tite, negara yang paling romantis terkait dengan Piala Dunia akan berharap untuk berlayar melewati tim Amerika Tengah serta Serbia.

Jadwal

  • 17 Juni: Kosta Rika v Serbia, Samara; 17 Juni: Brasil v Swiss, Rostov-on-Don
  • 22 Juni: Brasil vs Kosta Rika, St Petersburg; Serbia v Swiss, Kaliningrad
  • 27 Juni: Serbia v Brasil, Stadion Spartak, Moskow; Swiss v Kosta Rika, Nizhny Novgorod

Pertempuran kunci: Granit Xhaka v Philippe Coutinho

Dia mungkin menjadi sosok yang penuh kegembiraan di Liga Premier, tapi Xhaka sangat dihormati di Swiss asalnya, di mana ia dianggap sebagai salah satu pemain paling berbakat di zaman modern. Sebagai seorang playmaker yang mendalam, dia kemungkinan akan berbagi ruang dengan Coutinho, yang tumbuh menjadi pemain yang sangat nyata bagi Brasil. Kedua pemain suka bermain satu ‘saluran’.

Prediksi: Brasil diikuti oleh Swiss. Baik dan mudah.

Grup F

Tim: Jerman, Meksiko, Swedia, Korea Selatan
Juara bertahan dan tim peringkat teratas saat ini di dunia, Jerman akan menganggap ini sebagai hasil undian yang menguntungkan, meskipun mereka akan sangat berhati-hati atas tergelincirnya Brasil yang dapat menunggu di babak 16 besar. Swedia telah menunjukkan mereka adalah tim yang mampu dan Meksiko lolos dengan nyaman di babak kualifikasi. Korea Selatan tidak mempunyai kekuatan mereka yang dulu dan bisa berjuang keras. Tapi itu akan menjadi kejutan besar jika Jerman dipecat dari posisi teratas di sini.

Jadwal

  • 17 Juni: Jerman v Meksiko, Stadion Luzhniki, Moskow
  • 18 Juni: Swedia vs Korea Selatan, Nizhny Novgorod
  • 23 Juni: Jerman v Swedia, Sochi
  • 23 Juni: Korea Selatan v Meksiko, Rostov-on-Don
  • 27 Juni: Korea Selatan v Jerman, Kazan
  • 27 Juni: Meksiko v Swedia, Ekaterinburg 

Pertempuran kunci: Emil Forsberg v Joshua Kimmich

Bintang Forsberg sebagai pemain sayap untuk RB Leipzig sehingga Kimmich, bek kanan Jerman untuk Bayern Munich, akan sangat menyadari kualitasnya. Jaga agar Forsberg tetap tenang dan Jerman harus melewati jalan yang lebih mudah menuju babak sistem gugur.

Prediksi: Jerman mungkin terlihat di tempat yang berpotensi rumit dengan empat poin dari dua pertandingan, tetapi mereka harus mengalahkan Korea Selatan dengan nyaman di pertandingan ketiga mereka untuk lolos.

Grup G

Tim: Belgia, Inggris, Tunisia, Panama
Selain dari kelompok negara tuan rumah Rusia, ini adalah kelompok yang memiliki peringkat dunia kumulatif FIFA terendah, dengan rata-rata hampir 26. Panama adalah anak cambuk yang potensial dan debutan Piala Dunia, sementara Tunisia juga tidak memiliki shake yang hebat. Sungguh, ini seperti turun ke saling tembak antara Belgia dan Inggris, yang bertemu pada hari terakhir grup: 28 Juni di Kaliningrad. Itu akan menjadi salah satu highlights dari babak grup.

Jadwal

  • 18 Juni: Belgia v Panama, Sochi (4pm); Tunisia v Inggris, Volgograd 
  • 23 Juni: Belgia v Tunisia, Stadion Spartak, Moskow
  • 24 Juni: Inggris v Panama, Nizhny Novgorod
  • 28 Juni: Inggris vs Belgia, Kaliningrad; Panama v Tunisia, Saransk

Pertarungan kunci: Premier League v Premier League
Ada 19 Belgis yang saat ini bermain di papan atas Inggris dan pertandingan antara kedua tim pasti akan memiliki nuansa pertemuan Liga Premier, terutama saat Roberto Martinez menghadapi melawan Gareth Southgate. Itu bisa menjadi bagian dari sepakbola intensitas tinggi yang menonjol.

Prediksi: Inggris menuju posisi teratas pada pertandingan grup terakhir, Belgia nyaman di posisi kedua.

Grup H
Tim: Polandia, Kolombia, Senegal, Jepang
Ini grup yang menyenangkan karena dari berbagai benua dengan tim dari Eropa, Amerika Selatan, Afrika dan Asia. Itu memastikan kontras yang nyata dalam gaya dan beberapa pertandingan menarik. Polandia adalah tim peringkat teratas di peringkat FIFA di peringkat ketujuh di dunia, tetapi merupakan unggulan teratas sebagai tim terlemah selain Rusia dan hampir tidak terlihat tidak tergoyahkan. Kolombia adalah salah satu paket kejutan pada 2014 dan akan yakin untuk maju dari kelompok yang cukup seimbang ini.

Jadwal

  • 19 Juni: Polandia v Senegal, Stadion Spartak, Moskow; 19 Juni: Kolombia v Jepang, Saransk
  • 24 Juni: Jepang v Senegal, Ekaterinburg; Polandia v Kolombia, Kazan
  • 28 Juni: Jepang v Polandia, Volgograd; 28 Juni: Senegal v Kolombia, Samara

Pertempuran kunci: Robert Lewandowski v James Rodriguez

Keduanya rekan setim di Bayern Munchen akan menjadi pemain paling terkenal di grup, dan merupakan tumpuan tim mereka. James mengambil Piala Dunia 2014 dengan 16 gol, Lewandowski adalah pemegang rekor di kualifikasi Eropa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper