PIALA DUNIA 2018: Timnas Rusia Diprediksi Ulangi Prestasi Afsel

Banyak prediksi yang melekat di tubuh tim nasional tuan rumah Piala Dunia 2018 Rusia. Prediksi terbanyak, tim ini bakal menyamai rekor tuan rumah Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang gugur di babak penyisihan grup.
Martin Sihombing | 07 Juni 2018 20:34 WIB
Timnas Rusia - Reuters/Sergei Karpukhin

Bisnis.com, MOSKOW – Banyak prediksi yang melekat di tubuh tim nasional tuan rumah Piala Dunia 2018 Rusia. Prediksi terbanyak, tim ini bakal menyamai rekor tuan rumah Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang gugur di babak penyisihan grup.

Berikut factbox tim nasional Rusia menjelang Piala Dunia 2018:

Peringkat FIFA: 66 (hingga 7 Juni)

Turnamen sebelumnya
Rusia telah bermain di tiga Piala Dunia sejak 1994, gagal keluar dari babak penyisihan grup setiap saat, terakhir pada 2014.
Uni Soviet bermain di tujuh Piala Dunia, penampilan terbaik mereka datang pada 1966 ketika mereka mencapai semi-final dan kalah 2-1 dari Jerman Barat. Mereka membuat perempat final pada 1958, 1962 dan 1970, kalah dari Swedia, Chili dan Uruguay.

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Mantan kiper ini memenangkan empat gelar liga Rusia dengan Spartak Moscow dan tiga kejuaraan liga di Austria dengan FC Tirol Innsbruck dalam karir yang panjang termasuk 39 caps untuk Rusia dan delapan penampilan untuk Uni Soviet.

Dia mulai melatih di Austria, kemudian kembali untuk mengelola sejumlah klub Rusia termasuk Spartak dan Dynamo Moscow.

Dia memimpin tim Polandia Legia Warsawa ke liga dan piala ganda pada 2015-16 dan dia mengganti Leonid Slutsky yang bertanggung jawab atas tim nasional Rusia pada 2016.

Dia berpegang pada pekerjaannya meskipun menderita di Piala Konfederasi dengan berada di posisi ketiga dalam grup mereka di belakang Portugal dan Meksiko.

Cherchesov telah memprioritaskan pertahanan tim, merakit kembali dengan tampilan baru dengan tiga bel dan lima gelandang. Dia juga memiliki reputasi untuk membuat keputusan berani, menyingkirkan gelandang bertahan andal Igor Denisov dari tim setelah bertengkar dengannya di Dynamo Moscow.

Pemain kunci:

Fyodor Smolov: Striker karismatik itu dihapuskan di awal karirnya setelah penampilannya mengecewakan di Feyenoord dan paceklik gol panjang dengan Anzhi Makhachkala tetapi telah bangkit kembali dengan Krasnodar untuk menyelesaikan sebagai pencetak gol terbanyak kedua di Liga Premier Rusia.

Dengan 12 gol dalam 30 pertandingan internasional, dia adalah harapan terbaik negaranya untuk keluar dari grup.

Igor Akinfeev: Seorang pria satu klub dengan CSKA Moscow, penjaga gawang ini telah membuat lebih banyak clean sheets daripada siapa pun dalam sejarah sepakbola Rusia.

Kiper itu memiliki lebih dari 100 caps sejak melakukan debutnya pada 2004 meskipun dia telah membuat kesalahan mahal, seperti kemasukan gol-gol lunak melawan Korea Selatan dan Aljazair di Piala Dunia terakhir yang menyebabkan Rusia tersingkir di babak awal.

Aleksei Miranchuk: Playmaker ini salah satu pemain kunci di belakang Lokomotiv Moscow memenangkan gelar liga pertama mereka dalam 14 tahun musim ini.

Saudara kembar sesama pemain internasional Rusia, Anton, dia adalah pemain paling kreatif di Rusia, dengan sentuhan cekatan dan kecenderungan untuk menghasilkan trik.

Panduan Kinerja:

Hasil terbaru Rusia tidak menghasilkan kinerja positif: mereka kalah delapan dari 18 pertandingan di bawah Cherchesov, hanya menang lima kali. Sebagian besar pertandingan ini adalah pertandingan persahabatan ketika mereka kalah dari Portugal dan Meksiko di Piala Konfederasi dan mengalahkan Selandia Baru.

Kemenangan 4-2 atas Korea Selatan pada Oktober menawarkan harapan, tetapi mereka gagal menang dalam lima pertandingan sejak itu. Mereka berjuang kembali untuk imbang 3-3 dengan Spanyol pada November dan dikalahkan 3-0 oleh Brasil dan 3-1 oleh Prancis dalam pertandingan terakhir mereka.

Bagaimana mereka lolos ke Piala Dunia: Sebagai tuan rumah turnamen

Prospek:

Ada bahaya serius karena Rusia bisa bergabung dengan Afrika Selatan tuan rumah Piala Dunia 2010 sebagai satu-satunya tuan rumah turnamen Piala Dunia yang gagal di babak penyisihan grup.

Skuad Cherchesov muda, tidak berpengalaman dan kebanyakan bermain di papan atas Rusia, yang berarti sebagian besar pemain mereka nyaris tidak pernah menguji diri mereka melawan lawan internasional.

Satu hal yang menguntungkan mereka adalah hasil undian yang menempatkan mereka bersama Uruguay, Mesir dan Arab Saudi di Grup A. Tim Amerika Selatan itu diprediksi akan memimpin grup, yang berarti Rusia kemungkinan akan bertempur melawan Mesir dan Arab Saudi untuk tempat kedua dan sebuah tempat di babak 16 besar.

Sumber : REUTERS

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top