Kisah Salah, dari El Mokawloon ke Eropa dengan Gol

Sosok Mohamed Salah Ghaly, pria kelahiran 15 Juni 1992, mencuri perhatian penggila bola di dunia. Salah, yang bermain sepak bola masa mudanya dengan El Mokawloon Sporting Club dan memainkan debut di tim senior mereka di Premier League Mesir dari pemain pengganti pada 3 Mei 2010 dengan hasil imbang 1-1 melawan Mansour, menjelma menjadi predator.
Martin Sihombing | 27 April 2018 18:02 WIB
Pemain Liverpool, Mohamed Salah - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sosok Mohamed Salah Ghaly, pria kelahiran 15 Juni 1992, mencuri perhatian penggila bola di dunia. Salah, yang bermain sepak bola masa mudanya dengan El Mokawloon Sporting Club dan memainkan debut di tim senior mereka di Premier League Mesir dari pemain pengganti pada 3 Mei 2010 dengan hasil imbang 1-1 melawan Mansour, menjelma menjadi predator.

Kini, Mohamed Salah sudah mengoleksi 43 gol (musim ini). Keajaiban apa lagi yang akan dia lakukan?

Mohamed Salah membuat jumlah golnya menjadi 43 untuk musim ini melalui dua golnya saat Liverpool menggilas AS Roma 5-2 di leg pertama semifinal Liga Champions. Seberapa luar biasa prestasi pria asal Mesir ini sejauh ini, dan apa catatan lain yang bisa ia bubuhkan sebelum akhir kompetisi ini?

Mohamed Salah untuk Liverpool pada 2017/18
-UEFA Champions League: 13 pertandingan, 11 gol, 5 assist
-Liga Premier: 33 pertandingan, 31 gol, 10 assist
-Piala FA: 1 pertandingan, 1 gol

Salah satu dari dua gol M.Salah saat melawan Roma mengangkatnya ke 43 gol untuk musim ini, hanya empat gol di bawah rekor klub sepanjang masa yang masih dipegang Ian Rush 47 gol yang terjadi musim 1983/84 (yang berakhir dengan kemenangan final Piala Eropa melawan Roma).

Namun, pemain sayap itu, setidaknya masih memiliki empat pertandingan lebih banyak untuk melampaui rekor Welshman itu- bahkan lima jika Liverpool mencapai final Liga Champions UEFA.

Salah mendapat gol liga ke-31 nya pada 2017/18, Sabtu saat melawan West Brom, sekaligus menyamai rekor gol di 38 pertandingan dalam satu musim yang dikemas oleh Alan Shearer (Blackburn Rovers, 1995/96), Cristiano Ronaldo (Manchester United, 2007/08) dan Luis Suárez (Liverpool, 2013/14) dengan tiga pertandingan tersisa.

Rekor sepanjang masa (34) - yang dibuat dalam 42 pertandingan dalam satu musim - dibuat oleh Andrew Cole (Manchester United 1993/94) dan Shearer (Blackburn Rovers, 1994/95).

Dengan 11 pertandingan sejauh ini (termasuk kualifikasi), Salah dan Roberto Firmino --yang mengoleksi 10 gol di Liga Champions-- telah melampaui rekor klub sebelumnya yang tinggi yakni sembilan gol yang dibuat oleh Dean Saunders selama Piala UEFA 1991/92. Salah juga satu-satunya pemain Liverpool, selain Steven Gerrard (pada 2007/08), yang mencetak gol dalam lima pertandingan Liga Champions secara berturut-turut.

Salah telah mencetak banyak gol dalam 33 pertandingan musim ini, melampaui rekor Rush sebanyak 31 pada 1983/84.

Sebelum musim ini, Ronaldo dan Robin van Persie yang berbagi rekor mecetak gol dalam sebagian besar pertandingan di Premier League (21). Salah telah mendaftar di 23 pertandingan liga sejauh ini di 2017/18.

Bintang Mesir ini memecahkan rekor Samuel Eto'o dengan delapan gol di Liga Champions dalam satu musim (Inter Milan, 2010/11) melawan Manchester City di babak sebelumnya. Salah juga merupakan orang Afrika pertama yang mencetak 30 gol di Premier League dalam satu musim, ia melampaui rekor kontinental sebanyak 29 gol yang dibuat oleh Didier Drogba dari Chelsea pada 2009/10 dengan hasil akhir melawan Bournemouth pada 14 April.

Salah adalah pemain pertama yang memenangkan Player of the Month Premier League tiga kali di musim yang sama. Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional Tahun Ini baru menobatkannya setelah mencetak enam gol liga bulan lalu untuk memenangkan penghargaan Maret, menambah kemenangan pada November dan Februari.

Dua puluh empat gol dari 31 gol nya di liga musim ini datang dengan kaki kirinya. Rekor sebelumnya dipegang oleh mantan striker Liverpool Robbie Fowler, yang mencetak 19 gol kaki kiri selama kampanye Liga Premier 1994/95.

Namun, indikasi kemampuan mencetak golnya, sudah terlihat sejak lama. Setidaknya pada 2013. Pada 9 Juni 2013, Salah mencetak hat-trick dan membantu Mesir memenangkan pertandingan keempat berturut-turut mereka di kualifikasi Piala Dunia. Pada pertandingan berikutnya, ia mencetak gol yang memenangkan kualifikasi untuk Mesir. Salah kemudian mencetak gol keenam dalam pertandingan kualifikasi untuk pencetak gol terbanyak di antara semua tim Afrika di babak kualifikasi.

 

Bahkan, BBC mencatat, setelah terdepak dari Chelsea pada 2015 - pertama dipinjamkan ke AS Roma sebelum bergabung dengan klub Italia secara permanen tahun lalu - pemain berusia 25 tahun itu telah kembali ke Inggris sebagai pemain yang benar-benar berbeda.

Dia mencetak dua gol dalam 13 penampilan untuk the Blues, tetapi hanya dalam tiga bulan di Liverpool dia sudah hampir menjadi pencetak gol terbanyak klub dalam satu musim sejak Luis Suarez untuk The Reds pada 2013-14.
Suarez mencapai 31 gol dalam kampanye itu dan sejak itu, tidak ada pemain yang mencetak gol lebih dari 14 dalam satu musim. Salah sudah 12 dan sudah dilakukan pada awal November.

Sumber : uefa.com/Reuters

Tag : liga inggris
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top