Hasil Bundesliga Jerman: Dortmund, Selamat Tinggal Gelar Juara?

Sempat menduduki posisi teratas selama sembilan pekan awal Bundesliga musim ini, Borussia Dortmund kini menghadapi kenyataan makin jauh dari panggung juara pada pertengahan tahun depan.
M. Syahran W. Lubis | 18 November 2017 09:02 WIB
Reaksi para pemain Dortmund setelah dikalahkan Stuttgart. - Reuters/Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA - Sempat menduduki posisi teratas selama sembilan pekan awal Bundesliga musim ini, Borussia Dortmund kini menghadapi kenyataan makin jauh dari panggung juara pada pertengahan tahun depan.

Dalam pertandingan pekan ke-12 di Stadion Mercedes-Benz-Arena di Stuttgart yang berlangsung pada Sabtu pagi WIB (18/11/2017), Dortmund menyerah dengan skor tipis 1-2 dari tuan rumah.

Di hadapan sekitar 59.000 pendukungnya, Stuttgart membuka keunggulan ketika pertandingan baru memasuki menit ke-5 melalui kontribusi Chadrac Akolo, yang merebut bola dari kiper Dortmund Roman Burki yang ceroboh mengontrol bola ketika menerima back pass rekannya.

Tetapi skor saat jeda 1-1 setelah Maxi Philipp sukses mencetak gol balasan untuk tim tamu pada injury time babak pertama memanfaatkan bola rebound tembakan penalti yang gagal dari Andre Schurrle.

Penalti ditetapkan wasit Frank Willenborg karena gelandang Stuttgart Benjamin Pavard handsball di kotak terlarang ketika mencoba memotong umpan penyerang Dortmund Mario Gotze.

Eksekusi penalti Schurrle dapat diblok kiper Stuttgart Ron Zieler, tetapi bola rebound mengarah ke Philipp yang segera melesakkan bidikan keras ke pojok kanan atas gawang tuan rumah.

Namun, perolehan 3 angka akhirnya menjadi milik tuan rumah setelah Josip Brekalo menghasilkan gol kedua Stuttgart ketika babak kedua memasuki menit ke-6 dengan memaksimalkan assist dari Berkay Ozcan.

Tendangan keras Brekalo dari dalam kotak penalti telah tepat diantisipasi Burki, namujn bola tetap melaju deras di antara kedua kakinya untuk menusuk jaring gawang.

Dalam pertandingan ini pelatih Dortmund Peter Bosz tak menurunkan bomber tajam Pierre-Emerick Aubameyang yang dihukum klubnya akibat tindakan indisipliner.

Dengan kekalahan ini, Dortmund masih di posisi ketiga dengan nilai 20, tertinggal 6 poin dari Bayern MKunchen di posisi teratas klasemen sementara.

Posisi Dortmund itu rentan disodok tim-tim dengan angka rapat di bawahnya yang belum memainkan laga pekan 12 yakni Schalke (20), Hoffenheim (19), serta Hannover, Eintracht Frankfurt, dan Borussia Monchengladbach masing-masing 18.

Sementara itu, tambahan 3 angka membuat Stuttgart naik satu setrip ke posisi ke-11 dengan nnilai 16, menggeser Hertha Berlin dengan koleksi 14 angka.

Hasil dan jadwal lengkap pekan ke-12 (dalam WIB):

Sabtu, 18 November:

Stuttgart 2 vs Borussia Dortmund 1

21:30   Bayern Munchen vs Augsburg

21:30   Hoffenheim vs Eintracht Frankfurt

21:30   Bayer 04 Leverkusen vs RB Leipzig

21:30   Mainz 05 vs Koln

21:30   Wolfsburg vs Freiburg

Minggu, 19 November:

00:30   Hertha Berlin vs Borussia Monchengladbach

21:30   Schalke 04 vs Hamburg SV

Senin, 20 November:

00:00   Werder Bremen vs Hannover 96.

Sumber : Reuters

Tag : bundesliga, dortmund
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top