Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia 2018, Polandia Lolos ke Rusia

Polandia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah dalam pekan ke-10 Grup E pada Senin dini hari WIB (9/10/2017) menundukkan Montenegro 4-2.
Bomber Timnas Polandia Robert Lewandowski sukses meloloskan negaranya ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia./Reuters-Kacper Pempel
Bomber Timnas Polandia Robert Lewandowski sukses meloloskan negaranya ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia./Reuters-Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA - Polandia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah dalam pertandingan pekan ke-10 atau terakhir Grup E pada Senin dini hari WIB (9/10/2017) menundukkan Montenegro dengan skor 4-2.

Dalam laga di Stadion Narodowy di Warsawa, Polandia, tuan rumah mencetak dua gol kemenangan pada menit-menit akhir melalui Robert Lewandowski (85’) dan bunuh diri pemain Montenegro Filip Stojkovic 2 menit kemudian.

Sebelumnya Polandia sempat unggul 2-0 lewat kontribusi Krzysztof Maczynski (6’) dan Kamil Grosicki (16’), namun tim tamu menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Stefan Mugosa (78’) dan Zarklo Tomasevic (83’).

Dengan kemenangan 4-2 itu, Polandia dipastikan menjadi juara Grup E dengan koleksi nilai 25 dan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Posisi kedua diisi Denmark dengan nilai 20 dan berhak untuk melaju ke fase knock out melawan salah satu dari delapan runner up terbaik untuk berebut selembar tiket ke Rusia.

Dalam laga terakhir di Stadion Telia Parken di Kopenhagen yang digelar pada saat bersamaan Denmark bermain imbang 1-1 versus tamunya Rumania. Christian Eriksen membuka skor untuk keunggulan tuan rumah dari titik penalti pada menit 59, namun tamu bisa membalas 3 menit jelang laga usai lewat kontribusi Ciprian Deac.

Hasil satu lagi pertandingan Grup E yang dimainkan pada Senin dini hari WIB ialah Kazakhstan bermain imbang 1-1 melawan Armenia di Stadion Astana, ibu kota Kazakhstan, negara Asia Tengah yang dalam sepak bola memilih bergabung ke Eropa.

Slovakia belum tentu masuk jalur play-off antardelapan runner up terbaik dari sembilan grup, karena dengan nilai hanya 18, masih harus diadu dengan tim-tim lain yang menjadi runner up

Klasemen akhir Grup E Polandia teratas dengan nilai 25 (lolos ke Rusia), Denmark 20 (lolos ke play-off), serta tim-tim tersingkir ialah Montenegro 16, Rumania 13, Armenia 7, dan Kazakhstan 3.

Sebanyak 54 negara bertarung di Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa—tentu saja di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final tahun depan.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Sebelum Polandia, tim-tim yang telah lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan dari Eropa ialah Rusia (lolos otomatis tanpa kualifikasi dengan status tuan rumah), Belgia, Jerman, Inggris, dan Spanyol.

Tim-tim dari zona lain yang juga telah lolos adalah Brasil (Amerika Selatan), Jepang, Iran, Arab Saudi, Korea Selatan (Asia), Meksiko, Kosta Rika (Amerika Utara, Tengah, Karibia), serta Nigeria dan Mesir (Afrika).

Sementara itu di Grup C kualifikasi zona Eropa, Irlandia Utara memastikan menggenggam tiket ke play-off antardelapan runner up terbaik dari sembilan grup walaupun pada pekan ke-10 kalah 0-1 dari tuan rumah Norwegia di Stadion Ullevaal di Oslo.

Satu-satunya gol dalam laga tersebut terjadi akibat bunuh diri pemain Irlandia Utara Chris Brunt pada menit 71.

Masih di grup ini, Jerman yang telah lolos ke Rusia membantai Azerbaijan—juga negara Asia Tengah yang dalam sepak bola memilih bergabung ke Eropa—dengan skor telak 5-1.

Tuan rumah sebagian menurunkan pemain lapis kedua, namun tetap mampu pesta gol di Stadion Fritz Walter di Kaiserlautern berkat gol-gol Leon Goretzka (8’, 66’), Sandro Wagner (54’), Antonio Rudiger (64’), dan Emre Can (81’), sedangkan sebiji gol hiburan untuk tim tamu dilesakkan Rhamil Shaydaev (34’).

Satu lagi pertandingan Grup C ialah Republik Ceska menghantam San Marino 5-0, namun hasil itu tak lagi bermakna apa pun karena keduanya telah tersingkir sebelum pertandingan dimulai.

Klasemen akhir Grup C Jerman teratas dengan nilai 30 (lolos ke Rusia), diikuti Irlandia Utara 19 (lolos ke play-off), serta tim-tim tersingkir ialah Republik Ceska 15, Norwegia 13, Azerbaijan 10, dan San Marino 0.

Yang juga menggelar pekan terakhir pada Senin dini hari WIB adalah Grup F. Slovakia secara dramatis berhasil tampil sebagai runner up setelah membekap Malta 3-0 dan di laga lain Skotlandia ditahan imbang 2-2 oleh tuan rumah Slovenia.

Dua dari tiga gol tuan rumah Slovakia dalam pertandingan di Stadion Antona Malatinskeho di Trnava dilesakkan Adam Nemec (33’, 62’), dan satu lainnya dari Ondrej Duda (69’).

Sementara itu di Stadion Stozice di Ljubljana, ibu kota Slovenia, tuan rumah menghasilkan dua gol melalui Roman Bezjak pada menit 52 dan 72, yang membalikkan ketinggalan dari gol tamu yang dicetak Leigh Griffiths (32’). Namun, kemenangan Slovenia lepas 2 menit jelang laga usai akibat gol Skotlandia yang dicetak Robert Sondgrass.

Satu lagi pertandingan di Grup F yang dimainkan pada saat bersamaan ialah Inggris menundukkan tuan rumah Lithuania di Stadion LFF di Vilnius berkat gol penalti Harry Kane pada menit ke-26. Namun, hasil itu tak bermakna apa pun bagi kedua tim karena Inggris telah pasti lolos ke Rusia, sebaliknya Lithuania telah tersingkir sebelum laga dimulai.

Klasemen akhir Grup F Inggris teratas dengan nilai 26, Slovakia runner up 18, Skotlandia 18, Slovenia 15, Lithuania 6, dan Malta 1. Slovakia menjadi runner up karena selisih gol lebih baik daripada Skotlandia yakni 10 berbanding 5.

Meski menjadi runner up, Slovakia belum tentu masuk jalur play-off antardelapan runner up terbaik dari sembilan grup, karena dengan nilai hanya 18, masih harus diadu dengan tim-tim lain yang menjadi runner up di mana enam grup belum menggelar rangkaian pertandingan pekan ke-10. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper