Hasil Liga 1: Essien & Cole Main, Persib Gagal Kalahkan Arema

Arema FC berhasil menahan imbang tuan rumah Persib dengan skor 0-0 dalam pertandingan kedua Gojek Traveloka Liga 1 di Bandung.
M. Syahran W. Lubis | 15 April 2017 23:04 WIB
Gelandang Arema FC Esteban Vizcarra (kanan) bertarung dengan bek Persib Bandung Vladimir Vujovic dalam laga pembuka Gojek Traveloka Liga 1. Pertandingan berakhir 0-0. - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, BANDUNG - Arema FC berhasil menahan imbang tuan rumah Persib Bandung dengan skor 0-0 dalam pertandingan kedua Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu malam (15/4/2017).

Beberapa jam sebelumnya, tuan rumah Barito Putera berhasil mengalahkan Mitra Kukar dari Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dengan skor tipis 2-1 di Stadion Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pertandingan Persib menjamu Arema berlangsung ketat. Sejak menit awal, kedua tim langsung memeragakan permainan terbuka. Namun hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada satu gol pun yang bersarang di kedua tim. Skor pun berakhir imbang 0-0.

Jalannya pertandingan di babak pertama, kedua tim langsung bermain menekan, di menit ke-7 Arema sudah mengancam pertahanan Persib melalui sepakan Esteban Vizcarra. Namun tendangannya masih membentur tiang gawang yang dijaga kiper I Made Wirawan.

Persib yang bermain di hadapan ribuan pendukungnya langsung membalas tekanan tersebut. Pada menit ke-9 lewat pemain asing mereka, Shohei Matsunaga, berhasil menembus sayap pertahanan Arema dan melepas umpan lambung yang sambut sundulan Gian Zola, tapi bola melambung di atas mistar gawang Arema yang dijaga kiper Kurnia Meiga Hermanysah.

Pada menit ke-29 Persib memiliki kesempatan mencetak gol melalui tendangan bebas. Namun, bola eksekusi Ahmad Jufriyanto masih terlampau lemah dan dapat diamankan dengan mudah oleh Kurnia Meiga.

Pemain bintang Michael Essien harus digantikan karena tidak memberi kontribusi berarti

Arema yang menampilkan permainan terbuka, beberapa kali menekan pertahanan Persib. Bahkan striker Cristian Gonzales sempat menggetarkan jala gawang I Made, namun wasit Musthofa Umarella menganulirnya karena menganggap Gonzales dalam posisi offside.

Memasuki babak kedua, Persib dan Arema melakukan dua pergantian. Persib mengganti Henhen Herdiana dengan Supardi dan Gian Zola diganti Carlton Cole. Sementara di sisi Arema, pelatih Aji Santoso mengganti Nasir dan Jad Noureddine dengan Dendi Santoso dan Hendro Siswanto.

Tidak ada serangan berarti dari dua klub di babak kedua ini, bahkan mereka terkesan bermain hati-hati. Tidak ada ancaman serius dari dua tim, dan bola selalu berputar di lini tengah. Hal itu seperti yang diprediksi kedua pelatih bahwa pertandingan akan berjalan ketat di lapangan tengah.

Di menit ke-70, Esteban Vizcarra lagi-lagi membuat lini pertahanan Persib kewalahan, namun sepakannya dari dalam kotak penalti masih menyamping. Tak lama setelah itu, Gonzales sempat memiliki kesempatan untuk mencetak gol, namun sundulannya mampu diamankan I Made Wirawan.

Untuk menambah daya gedor, Persib kemudian menurunkan Dedi Kusnandar menggantikan Michael Essien yang selama di babak kedua tidak memberi kontribusi berarti.

Meski telah memasukkan Dedi, serangan Persib selalu mentah oleh lini pertahanan Arema, dan hal itu pun berlaku bagi para penyerang Arema, di mana serangannya selalu diblok oleh para pemain bertahan Persib yang dikomandoi Vladimir Vujovic.

Pada menit akhir, Persib pun sempat menebar ancaman ke gawang Arema melalui mantan striker Timnas Inggris senior Carlton Cole. Namun, sepakannya masih lemah dan melebar di sisi gawang Kurnia Meiga. Hingga peluit berakhir skor 0-0 tetap bertahan.

Sumber : Persib.co.id & Antara

Tag : arema, persib, Liga 1, Michael Essien, Carlton Cole
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top