Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs PSG, Tidak Ada yang Mustahil, Kata Suarez

Pelatih Luis Enrique, yang pada akhir musim 2011-2012 mengundurkan diri karena merasa gagal membawa Roma ke kompetisi Eropa, percaya Barcelona bisa "mencetak enam" untuk membuat sejarah Liga Champions dengan membalikkan defisit empat gol di pertandingan terakhir pada leg kedua babak 16 melawan Paris St-Germain, Rabu (8/3/2017) atau Kamis (9/3/2017) pukul 02,45 WIB.
Dua andalan Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez/Reuters-Albert Gea
Dua andalan Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez/Reuters-Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Luis Enrique, yang pada akhir musim 2011–2012 mengundurkan diri karena merasa gagal membawa Roma ke kompetisi Eropa, percaya Barcelona bisa "mencetak enam" untuk membuat sejarah Liga Champions  dengan membalikkan defisit empat gol di pertandingan terakhir  pada leg kedua babak 16  melawan Paris St-Germain, Rabu (8/3/2017) atau Kamis (9/3/2017) pukul 02,45 WIB.

Barca menderita kekalahan 4-0 dua minggu lalu dan sekarang fokus pada pencapaian pada apa yang  dilakukan  tim lain sebelumnya.

"Dalam 95 menit,  jumlah hal yang tak terbatas  bisa terjadi. Saya yakin kami akan dekat dengan kualifikasi," kata Enrique, pria kelahira Gijon 8 Mei 1970 dan bernama lengkap Luis Enrique Martínez García . "Itu bukan untuk mengatakan kami akan melakukannya, tapi kami akan menjadikan itu  dekat."

Dia menambahkan: "Ketika Anda dekat, kepercayaan diri kami akan melambung dan mereka bisa mulai berkurang. Jika mereka bisa mencetak empat gol melawan kami, kami bisa mencetak enam."

Juara Spanyol [Barcelona] telah mencetak 11 gol dalam dua pertandingan terakhir mereka dan hanya kebobolan satu gol. Mereka kembali ke Sabtu terbaik terakhir mereka saat mereka mengalahkan Celta Vigo 5-0, dengan Lionel Messi dan Neymar mencetak dua gol indah.

"Kami menyadari bahwa itu adalah situasi yang sulit untuk mengubah situasi, tapi dalam sepakbola tidak ada yang mustahil," kata Luis Suarez, yang pada 2008-09  menjadi Ajax Player of the Year.

"Kita harus yakin  kita bisa melakukannya. Jika ada tim yang bisa mencetak empat gol, saya pikir itu adalah Barcelona, dengan filosofi kami tentang bagaimana untuk bermain dan mengendalikan permainan," ujar  top skorer liga Belanda 2009-2010 dengan 35 gol dalam 33 pertandingan, dan memenangkan Dutch Footballer of the Year.

Barcelona, yang didirikan pada  1899 oleh sekelompok pemain Swiss, Inggris dan Catalan yang dipimpin oleh Joan Gamper dan  menjadi simbol budaya Catalan dan Catalanisme, yang mempunyai motto "Més que un club" (Lebih dari sebuah klub), tidak memiliki kekhawatiran cedera baru untuk pertandingan di Nou Camp (dari bahasa Katalan  yang artinya adalah lapangan baru) dan mulai dibuka  1957 berkapasitas  98.772 kursi.

Hanya bek  Jeremy Mathieu, pemain asal Prancis  sebagai bek kiri  tetapi ia juga bisa bermain sebagai pemain sayap di sisi yang sama, dan Aleix Vidal atau lengkapnya Aleix Vidal Parreu, kelahiran  Valls ( 21 Agustus 1989) berkewarganegaraan Spanyol   dan memulai karier juniornya di klub CF Damm meski sempat pindah ke beberapa klub sebelum bergabung dengan Almeria  pada  2011,  tetap absen.

Sementar itu PSG,  klub yang didirikan pada 12 Agustus 1970  berkat penggabungan Paris FC dan  dan Stade Saint-Germain,  akan diperkuat  oleh gelandang Adrien Rabiot, Angel Di Maria dan Thiago Motta  setelah pulih dari cedera masing-masing.

FAKTA PERTANDINGAN

    Belum ada dalam sejarah sistem gugur Liga Champions klub yang menang 4-0 di kandang pada leg pertama dan akhirnya kalah di away.
    Satu-satunya waktu PSG menyingkirkan  Barcelona di Liga Champions terjadi pada 1994-1995 di perempat final (agregat 3-2). Sejak itu, Barcelona  memenangkan dua pertemuan knockout mereka dengan klub Paris (2012-13, 2014-15).
    Kekalahan 4-0  Barcelona di leg pertama menyamai kekalahan terberat mereka di kompetisi Eropa. Kekalahan tersebut  datang di semi-final leg pertama melawan Bayern Munchen  pada 2012-13 - mereka kalah lagi di kandang sendiri  3-0  untuk kalah 7-0  secara agregat.
    Barcelona telah  melewati babak 16 di  sembilan musim terakhir,  jangka terpanjang yang pernah ada di kompetisi. Terakhir kali mereka gagal mencapai perempat final  pada 2006-07 melawan Liverpool.
    Striker PSG Edinson Cavani telah mencetak tujuh gol dalam banyak permainan di Liga Champions musim ini - rekor  terbaik dalam kompetisi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper