Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PESAWAT KLUB BRASIL JATUH: Duka Dunia untuk Chapecoense

Sepak bola dunia berduka atas tewasnya hampir seluruh pemain klub Brasil Chapecoense dalam kecelakaan pesawat pada Selasa (29/11/2016).
Inilah pesawat LaMia Airlines milik Bolivia yang jatuh di hutan dekat Medellin, Kolombia, yang menewaskan hampir seluruh pemain klub Brasil Chapecoense/Reuters
Inilah pesawat LaMia Airlines milik Bolivia yang jatuh di hutan dekat Medellin, Kolombia, yang menewaskan hampir seluruh pemain klub Brasil Chapecoense/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sepak bola dunia berduka atas tewasnya hampir seluruh pemain klub Brasil Chapecoense dalam kecelakaan pesawat pada Selasa (29/11/2016) saat hendak mendarat di Medellin Kolombia untuk menjalani final Copa Sudamericana, turnamen antarklub se-Amerika Selatan.

Chapecoense klub kecil yang baru hendak memulai sejarah dengan secara mengejutkan menerobos hingga partai puncak Copa Sudamericana, turnamen antarklub anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) level kedua setelah Copa Libertadores.

Kecelakaan terjadi menjelang pesawat carteran milik maskapai Bolivia LaMia Airlines itu mendarat di Bandara Medellin, kota di Kolombia yang menjadi markas Atletico Nacional, calon lawan di partai puncak yang akhirnya dipastikan batal karena Chapecoense hanya menyisakan tiga pemain akibat tragedi tersebut.

Berbagai reaksi menyuratkan duka pun bermunculan dari seluruh dunia atas musibah yang membuat Brasil menetapkan berkabung nasional selama 3 hari.

“Nacional sangat berduka dan berdiri dalam solidaritas dengan @ChapecoenseReal dalam kecelakaan ini, dan kami menunggu informasi dari pihak berwenang,” demikian pernyataan Atletico Nacional, lawan yang gagal bertanding, dalam akun twitter resminya segera setelah musibah itu terjadi.

Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino pun menyatakan lewat akun twitternya, “Pada saat yang sulit ini pikiran kita bersama dengan korban, keluarga, dan teman-teman mereka.”

Kedua klub yang merupakan rival di liga Brasil, Flamengo dan Santos, serta Club Junior dan Millionarios di Kolombia termasuk di antara mereka yang mengungkapkan duka cita mendalam, banyak di antara anggota mereka bergabung dengan hashtag #ForcaChape, yang berarti Kuatlah Chapecoense.

Rasa duka pun mengalir dari klub Liga Primer Inggris Arsenal yang menulis "Kami memikirkanmu, @ChapecoenseReal", sementara berkicau, "Seluruh dukungan dan solidaritas bersama korban dan keluarganya @ChapecoenseReal atas tragedi di Kolombia."

Dari Wayne Rooney, kapten Manchester United dan Timnas Inggris itu menyatakan, “Berita duka membangunkan hari ini. Kami memikirkan keluarga dan sahabat-sahabat @ChapecoenseReal."

Para pemain klub juara Liga Champions Eropa secara khusus menghentikan latihan mereka untuk menunduk bersama dalam lingkaran untuk mendoakan para pemain Chapecoense.

Pemain Barcelona Neymar da Silva Jr. dan kiper Porto Iker Casillas menuliskan, “Semoga tetap beruntung dan tetaplah kuat!”

“Sangat bersedih membaca kabar duka #RIP #Chapecoense, mengingatkan bahwa kami tidak pernah sepenuhnya aman dan segalanya mungkin terjadi, jadi pastikan untuk memberitahu orang yang Anda cintai bahwa Anda peduli pada mereka."

Sementara itu klub Brasil Sao Paulo menunda pengumuman resmi pengangkatan mantan kiper Rogerio Ceni sebagai pelatih baru.

Di sisi lain, Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) memutuskan menunda pelaksanaan pertandingan final leg kedua Piala Brasil (Copa do Brasil) yang sedianya berlangsung pertengahan pekan ini antara Gremio dan Atletico Mineiro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper