Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PESAWAT KLUB BRASIL JATUH: Duka Dunia untuk Chapecoense

Sepak bola dunia berduka atas tewasnya hampir seluruh pemain klub Brasil Chapecoense dalam kecelakaan pesawat pada Selasa (29/11/2016).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 30 November 2016  |  00:26 WIB
PESAWAT KLUB BRASIL JATUH: Duka Dunia untuk Chapecoense
Inilah pesawat LaMia Airlines milik Bolivia yang jatuh di hutan dekat Medellin, Kolombia, yang menewaskan hampir seluruh pemain klub Brasil Chapecoense - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sepak bola dunia berduka atas tewasnya hampir seluruh pemain klub Brasil Chapecoense dalam kecelakaan pesawat pada Selasa (29/11/2016) saat hendak mendarat di Medellin Kolombia untuk menjalani final Copa Sudamericana, turnamen antarklub se-Amerika Selatan.

Chapecoense klub kecil yang baru hendak memulai sejarah dengan secara mengejutkan menerobos hingga partai puncak Copa Sudamericana, turnamen antarklub anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) level kedua setelah Copa Libertadores.

Kecelakaan terjadi menjelang pesawat carteran milik maskapai Bolivia LaMia Airlines itu mendarat di Bandara Medellin, kota di Kolombia yang menjadi markas Atletico Nacional, calon lawan di partai puncak yang akhirnya dipastikan batal karena Chapecoense hanya menyisakan tiga pemain akibat tragedi tersebut.

Berbagai reaksi menyuratkan duka pun bermunculan dari seluruh dunia atas musibah yang membuat Brasil menetapkan berkabung nasional selama 3 hari.

“Nacional sangat berduka dan berdiri dalam solidaritas dengan @ChapecoenseReal dalam kecelakaan ini, dan kami menunggu informasi dari pihak berwenang,” demikian pernyataan Atletico Nacional, lawan yang gagal bertanding, dalam akun twitter resminya segera setelah musibah itu terjadi.

Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino pun menyatakan lewat akun twitternya, “Pada saat yang sulit ini pikiran kita bersama dengan korban, keluarga, dan teman-teman mereka.”

Kedua klub yang merupakan rival di liga Brasil, Flamengo dan Santos, serta Club Junior dan Millionarios di Kolombia termasuk di antara mereka yang mengungkapkan duka cita mendalam, banyak di antara anggota mereka bergabung dengan hashtag #ForcaChape, yang berarti Kuatlah Chapecoense.

Rasa duka pun mengalir dari klub Liga Primer Inggris Arsenal yang menulis "Kami memikirkanmu, @ChapecoenseReal", sementara berkicau, "Seluruh dukungan dan solidaritas bersama korban dan keluarganya @ChapecoenseReal atas tragedi di Kolombia."

Dari Wayne Rooney, kapten Manchester United dan Timnas Inggris itu menyatakan, “Berita duka membangunkan hari ini. Kami memikirkan keluarga dan sahabat-sahabat @ChapecoenseReal."

Para pemain klub juara Liga Champions Eropa secara khusus menghentikan latihan mereka untuk menunduk bersama dalam lingkaran untuk mendoakan para pemain Chapecoense.

Pemain Barcelona Neymar da Silva Jr. dan kiper Porto Iker Casillas menuliskan, “Semoga tetap beruntung dan tetaplah kuat!”

“Sangat bersedih membaca kabar duka #RIP #Chapecoense, mengingatkan bahwa kami tidak pernah sepenuhnya aman dan segalanya mungkin terjadi, jadi pastikan untuk memberitahu orang yang Anda cintai bahwa Anda peduli pada mereka."

Sementara itu klub Brasil Sao Paulo menunda pengumuman resmi pengangkatan mantan kiper Rogerio Ceni sebagai pelatih baru.

Di sisi lain, Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) memutuskan menunda pelaksanaan pertandingan final leg kedua Piala Brasil (Copa do Brasil) yang sedianya berlangsung pertengahan pekan ini antara Gremio dan Atletico Mineiro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat jatuh copa sudamericana

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top