Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Copa Libertadores: Hajar Sao Paulo, Nacional Medellin ke Final

Atletico Nacional de Medellin lolos ke final Copa Libertadores setelah menaklukkan tamunya Sao Paulo dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan leg kedua semifinal, sehingga menang agregat 4-1.
Striker Atletico Nacional de Medellin Miguel Angel Borja selepas menjebol gawang Sao Paulo/Reuters-Fredy Builes
Striker Atletico Nacional de Medellin Miguel Angel Borja selepas menjebol gawang Sao Paulo/Reuters-Fredy Builes

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Kolombia Atletico Nacional de Medellin lolos ke final Copa Libertadores setelah menaklukkan tamunya Sao Paulo dari Brasil dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan leg kedua semifinal yang berlangsung pada Kamis pagi WIB (14/7/2016).

Dengan kemenangan di Stadion Atanasio Girardot itu, tim besutan pelatih Reinaldo Rueda menang dengan skor agregat 4-1, sebab dalam leg pertama di Sao Pulo, Brasil, pekan lalu justru menang lebih telak yakni dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan leg kedua, tuan rumah Nacional de Medellin layak berterima kasih kepada striker Miguel Angel Borja yang menceploskan dua gol ke gawang Sao Paulo yang dikawal oleh kiper Denis Cesar de Matos.

Tuan rumah lebih dahulu tertinggal melalui gol Sao Paulo yang dilesakkan oleh penyerang asal Argentina Jonathan Calleri ketika pertandingan baru memasuki menit ke-9 dengan memaksimalkan assist Michel Bastos.

Namun Miguel Borja mampu menyamakan skor menjadi 1-1 hanya berselang 7 menit kemudian setelah menyambar assist dari Orlando Berrio.

Borja pula yang memastikan kemenangan dalam laga leg kedua ini dengan golnya melalui eksekusi penalti pada menit ke-78. Wasit asal Chile Patricio Polic memutuskan penalti setelah bek Sao Paulo Carlinhos alias Carlos Andrade melanggar pemain Nacional Medellin Alejandro Guerra.

Pelanggaran dilakukan Carlinhos di dalam kotak penalti justru hanya berselang 5 menit setelah dia masuk lapangan menggantikan pemain asal Chile Eugenio Mena.

Catatan khusus bagi Borja, karena kehebatannya mencetak keempat gol Nacional Medellin di dua laga semifinal Copa Libertadores. Sepekan sebelumnya di Stadion Morumbi di Sao Paulo, dia juga memborong dua gol tim tamu untuk menaklukkan tuan rumah 2-0.

Sementara catatan buruk ditorehkan Sao Paulo lantaran dua pemainnya kena kartu merah semenit setelah gol kedua Nacional Medellin. Kapten tim Sao Paulo asal Uruguay Diego Lugano dan gelandang serang Wesley Lopes Beltrame kena kartu merah akibat melakukan protes keras selepas gol Borja.

Sebelum terjadinya gol, setelah wasit menetapkan penalti, kedua juga telah terkena kartu kuning akibat melakukan protes keras atas keputusan pengadil tersebut.

Di final, Atletico Nacional de Medellin akan bertemu dengan pemenang semifinal dua leg lainnya antara klub Ekuador Independiente del Valle dan wakil Argentina Boca Juniors.

Independiente del Valle berada di atas angin lantaran sukses menekuk Boca Juniors dengan skor 2-1 pada leg pertama di Stadion Olimpico Atahualpa di Quito, Ekuador, pekan lalu. Leg kedua berlangsung pada Jumat pagi WIB (15/7/2016) di Stadion Alberto Jose Armando di Buenos Aires, Argentina.

Bagi Atletico Nacional Medellin, ini merupakan ketiga kalinya mampu lolos ke partai puncak Copa Libertadores, turnamen antarklub anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol).

Pada 1989 Nacional Medellin tampil sebagai juara setelah menundukkan klub Paraguay Olimpia dengan skor 5-4 melalui adu penalti setelah skor agregat dua leg 2-2. Pada 1995 Nacional Medellin masuk final lagi, tapi kalah dengan skor agregat 2-4 dari klub Brasil Gremio.

Pertandingan final digelar juga dua leg pada 20 dan 27 Juli antara Nacional Medellin dan pemenang semifinal Boca Juniors versus Independiente del Valle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : ESPN & Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper