Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Copa Libertadores: Menang Adu Penalti, Boca ke Semifinal

Klub Argentina Boca Juniors lolos ke semifinal Copa Libertadores setelah menang adu penalti 4-3 atas klub Uruguay Nacional Montevideo.
Para pemain Boca Juniors merayakan kemenangan atas Nacional Montevideo/Reuters-Enrique Marcarian
Para pemain Boca Juniors merayakan kemenangan atas Nacional Montevideo/Reuters-Enrique Marcarian

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Argentina Boca Juniors lolos ke semifinal Copa Libertadores setelah menang adu penalti 4-3 atas klub Uruguay Nacional Montevideo dalam leg kedua perempat final yang berlangsung pada Jumat pagi WIB (20/5/2016).

Kedua tim bermain imbang 1-1 dalam laga leg kedua di Stadion Alberto Jose Armando di Buenos Aires, Argentina. Nacional unggul lebih dulu ketika pemain Boca Daniel Alberto Diaz melakukan gol bunuh diri  pada menit ke-21 setelah keliru mengantisipasi umpan silang Leandro Barcia.

Tuan rumah baru mampu menyamakan skor setelah melakukan serangan bergelombang pada menit ke-73 justru setelah melakukan serangan balik melalui Cristian Pavon yang nenerima umpan dari daerah pertahanan sendiri yang dilepas Leonardo Jara.

Di tengah gelombang serangan Boca yang dimotori mantan pemain Juventus Carlos Tevez, sesekali Nacional membangun serangan, namun pada saat itulah justru Jara mampu mengambil alih bola dan langsung menendang jauh ke wilayah pertahanan Nasional yang segera diselesaikan dengan tendangan keras mendatar dari dalam kotak penalti olah Pavon tanpa dapat dicegah kiper Esteban Conde.

Skor akhir selama 90 menit 1-1, sehingga skor agregat 2-2, karena dalam laga leg pertama di Montevideo, Uruguay, kedua tim juga mengakhiri pertandingan dengan skor persis sama 1-1.

Dengan demikian, penentuan pemenang harus dilakukan melalui adu penalti. Dalam fase ini terjadi drama ketika sebenarnya Nacional telah unggul lebih dulu 3-2 hingga masing-masing tim melakukan tiga eksekusi.

Carlos Tevez dan Daniel Alberto Diaz sukses menunaikan tugasnya dalam dua kesempatan pertama untuk Boca, namun eksekutor ketiga Pablo Perez gagal. Sementara ketiga eksekutor awal Nacional yakni Diego Polenta, Mauricio Victorino, dan Sebastian Fernandez semua berhasil menjebol gawang Boca.

Drama berlanjut ketika pada eksekusi keempat, pemain dari kedua tim yakni Juan Insaurralde (Boca Juniors) dan Gonzalo Porras (Nacional) sama-sama gagal mencetak gol, sehingga skor adu penalti tetap 3-2.

Dengan demikian, apabila eksekutor kelima Nacional Santiago Romero berhasil menjebol gawang Boca, maka tim tamu yang menjadi juara. Namun nyatanya, tendangan Porras gagal menembus bidang sasaran, sebaliknya Frank Fabra sukses untuk Boca menjadikan skor 3-3.

Adu penalti pun diteruskan ke eksekusi keenam. Felipe Carballo gagal memberi gol untuk Nacional, sebaliknya Federico Carrizo yang sukses menentukan kemenangan Boca Juniors sehingga Boca menang adu penalti 4-3.

Di Copa Libertadores musim ini, dua kekuatan sepak bola dunia Amerika Selatan, Brasil dan Argentina, menguasai babak perempat final dengan menempatkan masing-masing dua tim. Brasil menempatkan Sao Paulo dan Atletico Mineiro, sedangkan Argentina menempatkan Rosario Central dan Boca Juniors.

Namun, Brasil dipastikan kehilangan satu wakilnya di fase 8 besar ini karena kedua wakilnya itu harus bakubunuh dalam laga dua leg di mana Sao Paulo akhirnya yang lolos ke semifinal.

Empat tim kontestan perempat final lainnya ialah Nacional Montevideo (Uruguay), Atletico Nacional Medellin (Kolombia), Independiente del Valle (Ekuador), dan Pumas UNAM (Meksiko).

Copa Libertadores merupakan turnamen antarklub anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) level pertama—di atas Copa Sudamericana—yang diselenggarakan setiap tahun.

Meksiko, yang menempatkan Pumas UNAM di 8 besar, bukan anggota Conmebol, melainkan anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf). Namun, sejak hampir seperempat abad silam, Meksiko selalu diundang untuk mengirim wakilnya ke Copa Libertadores, selain setiap tahunnya juga tetap mengikuti Liga Champions Concacaf.

Berikut hasil dan jadwal lengkap fase perempat final Copa Libertadores (dalam WIB):

LEG PERTAMA

Kamis, 12 Mei:

Sao Paulo 1 vs Atletico Mineiro 0

Jumat, 13 Mei:

Nacional Montevideo 1 vs Boca Juniors 1

Rosario Central 1 vs Atletico Nacional Medellin 0

Rabu, 18 Mei:

Independiente del Valle 2 vs Pumas UNAM 1

LEG KEDUA

Kamis, 19 Mei:

Atletico Mineiro 2 vs Sao Paulo 1 (Skor agregat 2-2, Sao Paulo lolos berkat produktivitas mencetak gol kandang lawan)

Jumat, 20 Mei:

06:15   Boca Juniors 1 vs Nacional Montevideo 1 (skor agregat 2-2, Boca menang adu penalti 4-3)

08:45   Atletico Nacional Medellin vs Rosario Central (skor sementara 0-1 hingga menit ke-25)

Rabu, 25 Mei:

07:45   Pumas UNAM vs Independiente del Valle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper