Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JADWAL LIGA SPANYOL: Johan Cruyff dan 14 Fakta El Clasico

Pelatih asal Belanda Johan Cruyff lebih beruntung sebagai pemain selain sebagai pelatih melawan Real Madrid, tidak pernah menghadapi mereka di kompetisi Eropa. Johan Cruyff menghadapi Real Madrid delapan kali sebagai pemain dan 25 sebagai pelatih/FCB
Johan Cruyff/www.fansshare.com
Johan Cruyff/www.fansshare.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih asal Belanda Johan Cruyff  lebih beruntung sebagai pemain selain sebagai pelatih melawan Real Madrid, tidak pernah menghadapi mereka di kompetisi Eropa.  Johan Cruyff menghadapi Real Madrid delapan kali sebagai pemain dan 25 sebagai pelatih.

Gol Clásico pertama Johan Cruyff adalah salah satu yang paling mengesankan dalam sejarah Barca. Pada  17 Pebruari 1974, pelatih asal Belanda mencetak gol pertama melawan Real Madrid dan tak terlupakan saat kemenangan 5-0 di Santiago Bernabéu.

  • Gol pertama Cruyff melawan rival abadi Barca di Camp Nou mengambil sedikit lebih lama untuk tiba, datang seperti yang terjadi dalam kemenangan 3-1 di musim keempatnya di klub dengan sesama pria asal Belanda Rinus Michels sebagai pelatih.

  • Sebagai pemain ia mengambil bagian dalam total delapan Clasicos, semua di liga. Rekornya: empat kemenangan, dua kali seri dan dua kali kalah.

 

  • Sebagai pelatih Barca rekornya melawan Real Madrid adalah sembilan kemenangan, enam seri dan sepuluh kali kalah dalam 25 pertandingan.

 

  • Sebuah melihat lebih dekat mengungkapkan 16 dari mereka pertandingan datang di liga (tujuh kemenangan, empat imbang dan lima kekalahan), tiga di Copa del Rey (kemenangan di final tahun 1990, hasil imbang dan kekalahan di semi final eliminasi di musim 1992-1993), enam di Piala super Spanyol (menang, imbang dan empat kekalahan). Dia kehilangan tiga pertemuan dengan Real Madrid di kompetisi.

 

  • Selama waktunya di Barca, Johan Cruyff tidak pernah menghadapi Real Madrid di kompetisi Eropa.

 

  • Cruyff sebagai pelatih menghadapi total delapan manajer yang berbeda dalam pertemuan dengan Real Madrid - John Toshack, Alfredo Di Stefano, Leo Beenhakker, Benito Flor, Vicente del Bosque, Jorge Valdano dan Arsenio Iglesias. Pelatih yang paling sering ia hadapi adalah Benito Floro sebanyak tujuh kesempatan.

 

  • Waktu sebagai pelatih sebanyak 15 pemain yang berbeda meraih clean sheet terhadap Real Madrid.

 

  •     Pencetak gol terbanyak bagi pelatih Cruyff  pelatih adalah José Mari Bakero dengan enam gol, diikuti oleh Ronald Koeman (5), Salinas (4), Romario dan Amor (3), Stoichkov, Laudrup, Kodro (2), Carrasco, Goikoetxea, Iván Iglesias, Nadal, Roger dan Figo (1).

 

  •     José Mari Bakero mencetak tiga gol pertama melawan Real Madrid di era pelatih Cruyff di 1988-1989 dengan Meho Kodro mencetak dua yang terakhir di musim 1995-1996.

 

  •     Hasil yang paling umum di Clásico dengan Cruyff sebagai pelatih adalah 1-1, scoreline yang terjadi pada lima kesempatan.

 

  •     Barca menang 5-0 pada  8 Januari 1994  salah satu permainan terbaik dari era Cruyff sebagai pelatih. Setahun kemudian datang salah satu yang terburuk saat Real Madrid menang 5-0 melawan Barca di Bernabeu.

 

  •     Johan Cruyff, bersama dengan Josep Guardiola, adalah satu-satunya orang yang telah mengalahkan Real Madrid 5-0 sebagai pemain dan sebagai pelatih.

 

  •     Antara Clásico pertama sebagai pemain dan terakhir sebagai pelatih, ada total 8.029 hari, atau dengan kata lain, 21 tahun, 11 bulan dan 25 hari.
  • BACA JUGA:

JADWAL LIGA SPANYOL: El Clasico Barcelona vs Real Madrid, Prediksi, Line Up, Head To Head, Hasil Akhir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : FCBarcelona.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper