Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ISL 2016: PT Liga Indonesia Siapkan Betha Project

PT Liga Indonesia menyiapkan Betha Project dan LIAS dalam menyongsong diputarnya Indonesia Super League (ISL) 2016 yang direncanakan dimulai pada Maret.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 01 Januari 2016  |  10:15 WIB
ISL 2016: PT Liga Indonesia Siapkan Betha Project
Kantor PSSI di Senayan, Jakarta Antara - Hafidz Mubarak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Liga Indonesia menyiapkan Betha Project dan LIAS dalam menyongsong diputarnya Indonesia Super League (ISL) 2016 yang direncanakan dimulai pada Maret.

Sebagaimana dilansir website resmi operator kompetisi di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu, di dalam Betha Project terdapat beberapa aspek yang akan dilakukan PT Liga seperti zero tolerance, transparan, modernisasi, club quality, club financial (business) healthy, dan event management.

“Beberapa hal dalam Betha Project yang juga sempat menghangat menjadi perbincangan adalah terkait rencana penerapan Salary Cap ataupun Budgeting Cap hingga konsep penjadwalan satu kali kandang dan satu kali tandang, bertanding setiap pekan. Kami terus melakukan pengkajian yang mendalam terkait hal ini,” kata Tigorshalom Boboy, Corporate Secretary PT Liga Indonesia.

Selain itu, pada musim 2016 ini juga akan mulai diberlakukan Liga Indonesia Administration System (LIAS) secara lebih menyeluruh. Sebenarnya, PT Liga telah memiliki sistem berbasis teknologi informasi dalam kompetisi-kompetisi sebelumnya. Namun, penerapannya belum menyeluruh.

“Mulai musim depan, dari mulai pendaftaran pemain dan proses administrasi lainnya akan dilakukan secara online. Begitu pula dengan laporan pertandingan, pengawas pertandingan harus bisa dengan cepat melaporakannya melalui sistem IT yang kita bangun, sehingga secara real time data langsung terintegrasi dengan database kita,” papar Tigorshalom.

Beberapa terobosan yang dilakukan tersebut memang harus dilakukan untuk mewujudkan kompetisi yang lebih baik dari sisi penyelenggaraan, dan tidak boleh berhenti sebagai wacana saja.

Langkah ini tak lepas pula dari evaluasi yang dilakukan di masa reses kompetisi yang panjang, sehingga memacu manajemen PT Liga Indonesia untuk berani berinovasi dan melakukan terobosan.

Pada perkembangan terakhir, di tengah kekisruhan perseteruan PSSI dengan Menpora Imam Nahrawi yang membekukan organisasi itu, Badan Pembina Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah mengisyaratkan persetujuannya untuk PT Liga memutar ISL 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pssi isl

Sumber : LigaIndonesia.co.id

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top