HASIL AFC CUP: Persipura Juara Grup E, Hajar Bengaluru Skor 3-1

Persipura Jayapura untuk sementara berhasil mengimbangi tuan rumah Bengaluru FC dengan skor 1-1 hingga akhir babak pertama pertandingan matchday terakhir Grup E Piala AFC (Asian Football Confederation) pada Selasa malam (12/5/2015).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 Mei 2015  |  22:20 WIB
HASIL AFC CUP: Persipura Juara Grup E, Hajar Bengaluru Skor 3-1
Persipura Jayapura - Antara/Roy Ratumakin

Bisnis.com, JAKARTA - Persipura Jayapura menundukkan tuan rumah JSW Bengaluru FC dengan skor 3-1 dalam pertandingan matchday terakhir Grup E Piala AFC (Asian Football Confederation) pada Selasa malam (12/5/2015).

Ketiga gol Persipura dikontribusi oleh Robertino Pugliara, Imanuel Wanggai, dan Boaz Salossa. Sedangkan gol tunggal Bengaluru yang merupakan gol pembuka dihasilkan oleh Udanta Singh.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh iNews TV, sepanjang laga di Stadion Sree Kanteerava di Kota Bangalore, India, Persipura lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 65 persen berbanding 35 persen saja milik Bengaluru.

Meskipun demikian, dapat disebut skuat berjuluk Mutiara Hitam-lah yang lebih beruntung tidak ketinggalan hingga akhir babak pertama, karena serangan tuan rumah jauh lebih efektif ketimbang dengan tim tamu.

Persipura memang terus menekan lini belakang Bengaluru, namun pertahanan yang begitu rapat diperagakan oleh tuan rumah membuat tekanan Boaz Salossa dan Zulham Zamrun selalu dapat dimentahkan tuan rumah.

Alhasil, untuk menembus kebuntuan akibat rapatnya barisan belakang Bengaluru, sejumlah percobaan dilakukan Persipura dengan melepaskan tendangan jarak jauh dari Ian Louis Kabes, Boaz, Robertino Pugliara, ataupun Nelson Alom.

Keasyikan menyerang, Persipura malahan kebobolan lebih dulu pada menit ke-23. Berawal dari tusukan Robin Singh dari sisi kiri pertahanan Persipura, dia kemudian melepas umpan silang ke Udanta Singh yang lantas melepas tendangan jarak dekat ke tiang dekat yang keliru diantisipasi kiper Dede Sulaiman.

Beruntung di antara sejumlah tendangan jarah jauh, percobaan yang dilakukan Pugliara berhasil menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Lalthuammawia Ralte. Tendangan keras pemain asal Argentina itu pada menit ke-28 mengarah ke sudut kiri atas gawang Bengaluru. Skor 1-1.

Persipura beruntung ketika pada menit ke-38 sundulan kepala dari jarak dekat yang dilakukan oleh bek Nanjangud Shivananju Manju setelah menerima lemparan ke dalam jarak jauh dari Vishal Kumar hanya menghantam mistar gawang Persipura setelah barisan belakang Mutiara Hitam gagal menyapu bola dengan bersih.

Memasuki babak kedua, Bengaluru mencoba memperbanyak tekanan ke wilayah pertahanan Persipura. Akibatnya malahan ruang pertahanan mereka lebih terbuka dan itulah yang dimanfaatkan Persipura untuk menghasilkan dua gol tambahan.

Lancine Kone masuk pada menit ke-67 saat skor masih 1-1. Pada sentuhan pertamanya pemain asal Pantai Gading itu langsung membahayakan Bengaluru. Umpan terobosannya kepada Pugliara di-chip saja namun jatuh tipis di sisi kiri gawang lawan.

Hanya 3 menit kemudian Persipura akhirnya mencetak gol kemenangan dan berbalik unggul 2-1 dengan tembakan keras Imanuel Wanggai dari luar kotak penalti setelah menerima umpan pendek Boaz.

Boaz sendiri akhirnya mencatatkan nama di papan skor setelah pada menit ke-76 menanduk bola dari jarak dekat setelah menerima umpan lambung dari Ruben Sanadi. Skor akhir 3-1.

Dengan kemenangan ini Persipura menjuarai Grup E dan di babak 16 besar yang hanya satu pertandingan akan menjamu runner up Grup G yang kemungkinan besar adalah Pahang dari Malaysia pada 26 Mei di Stadion Mandala di Kota Jayapura, Papua.

Sebaliknya sebagai runner up Bengaluru akan bertandang ke markas klub Hong Hong South China di babak 16 besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
afc cup, persipura, piala afc

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top