Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL PIALA AFC: Persib Bawa Satu Angka, Buah Kesabaran, Masalah Fisik, Ini Jalannya Laga

Persib Bandung memetik satu angka dengan menahan seri 1-1 tuan rumah Ayeyawady United di Yangon, Myanmar, di ajang Piala AFC.
  /
/

Bisnis.com, JAKARTA - Persib Bandung memetik satu angka ketika menahan seri tuan rumah Ayeyawady United dengan skor 1-1 dalam laga lanjutan Grup H Piala AFC (Asian Football Confederation) di Stadion Thuwanna Youth Training Center di Kota Yangon, Myanmar, pada Rabu (11/3/2015).

Kedua gol yang terjadi dalam pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal India Pratap Singh itu layak dikategorikan gol yang luar biasa. Gol Atep di pengujung babak pertama buah kecerdikan, begitu pula dengan gol balasan tuan rumah dari Edison Fonseca pada babak kedua.

Jalannya pertandingan sepanjang babak pertama layak disebut sebagai milik skuat Maung bandung. Namun keadaan berbalik nyaris 180 derajat pada 45 menit babak kedua, Ayeyawady menguasai permainan, bahkan Persib cukup beruntung tidak menelan kekalahan.

Persib bermain sabar sepanjang babak pertama. Kecerdikan yang dibarengi kesabaran itulah yang membuat skuat asuhan pelatih Djadjang Nurdjaman dan Emral Abus membuah keunggulan hingga turun minum.

Namun, babak kedua menjadi milik tuan rumah. Energi para pemain Persib agaknya terkuras setelah mengurung habis pertahanan Ayeyawady sepanjang 45 menit babak pertama, sehingga kondisi pun terbalik pada babak kedua.

Dengan tambahan satu angka, Persib untuk sementara memimpin klasemen Grup H Piala AFC, turnamen antarklub anggota AFC level kedua setelah Liga Champions Asia, sebelum klub Maladewa New Radiant menjamu klub Laos Lao Toyota pada Rabu (11/3/2015) mulai pk. 18:00 WIB.

Posisi Persib akan tergusur dari peringkat paling atas dalam susunan klasemen sementara apabila Lao Toyota (Yotha) mampu menaklukkan tuan rumah New Radiant dengan selisih lebih dari tiga gol dalam pertandingan yang digelar di Stadion Rasmee Dhandu di Kota Male, Maladewa.

Klasemen sementara Grup H hingga Rabu (11/3/2015) pk. 18:00 WIB (main, menang, sri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, nilai):

Persib

2

1

1

0

5

2

4

Ayeyawady United

2

0

2

0

3

3

2

Lao Toyota

1

0

1

0

2

2

1

New Radiant

1

0

0

1

1

4

0

Jalannya pertandingan sebagaimana disiarkan secara langsung oleh RCTI:

Menit ke-4: Striker Ayeyawady Riste Naumov membelokkan bola tendangan bebas, masih tipis di atas mistar gawang Persib

Menit ke-8: Atep melepas tendangan dari luar kotak penalti, tipis di atas mistar gawang Ayeyawady.

Menit ke-14: Vladimir Jugovic mencetak gol untuk Persib dengan sundulan kepala, namun pemain Persib lainnya telanjur lebih dekat ke kiper Vanlal Hruala sebelum eksekusi tendangan bebas sehingga gol dianulir karena offside.

Menit ke-23: Pyae Phyo Oo mendapat bola liar hasil sapuan Ahmad Jufriyanto yang tidak bersih, bola tendangan secon striker itu melayang jauh di atas mistar gawang Persib meskipun ruang tembaknya sangat terbuka.

Menit ke-26: Tendangan keras Hariono dari luar kotak penalti tipis di atas mistar gawang tuan rumah.

Menit ke-31: Tendangan Riste Naumov hasil umpan Fonseca tipis di atas mistar gawang I Made Wirawan.

Menit ke-35: Gantian tendangan jarak jauh Makan Konate yang melambung di atas mistar gawang Ayeyawady.

Menit ke-41: Tendangan jarak dekat Atep masih bisa diblok bek Anderson West.

Menit ke-45: Gol hebat untuk Persib. Makan Konate mengirim umpan kepada M. Ridwan yang mengiris sisi kiri kotak penalti tuan rumah, Ridwan melepas umpan pendek ke Tantan. Tantan yang pergerakannya ditutup dua pemain lawan mengirim bola pendek ke Atep. Atep yang dihadang Fonseca tidak terburu-buru melepas tendangan keras, tapi cukup mencungkilnya mengarahkan bola ke sudut kanan atas gawang Ayeyawady. Gol, skor 1-0 untuk Persib.

Memasuki babak kedua, Ayeyawady bangkit dari tekanan. Alhasil, pada menit ke-56 umpan terobosan Sim Woo Sub nyaris membuahkan gol, namun sapuan Fonseca yang dalam pengawalan Jugovic terlalu lemah sehingga dapat ditangkap Made Wirawan.

Hanya berselang 2 menit kemudian, Fonseca membayar kegagalannya. Hariono kehilangan bola di wilayah pertahanan tuan rumah, Ayeyawady langsung melakukan serangan balik.

Fonseca menggiring bola mendekat kotak penalti. Sebelum pergerakannya sempat ditutup Jugovic, Fonseca melepas tendangan spektakuler jauh di luar kotak penalti mengarah ke sudut kiri atas gawang Persib dan gagal dijangkau Made Wirawan. Skor 1-1.

Menit ke-66 Ayeyawady hampir unggul ketika sundulan kepala Riste Naumov setelah menerima umpan bek San Myo Oo yang ikut membantu serangan hanya menghantam mistar gawang Persib.

Menit ke-68 giliran Naing Lin Oo mengancam gawang Persib, tapi tendangan kerasnya menyamping gawang Made Wirawan.

Menit ke-80: Aung Kyaw Myo mempunyai peluang dengan ruang terbuka menerima umpan dari Riste Naumov namun tendangannya jauh di atas gawang Persib. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper