Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LENGKAP LIGA INGGRIS: MU Hajar Liverpool 3-0

MU akan menjamu Liverpool dalam pertandingan pekan ke-16 Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford pada Minggu malam (14/12/2014).
Pemain MU merayakan gol yang dicetak Wayne Rooney (bawah) ke gawang Liverpool/Reuters-Phil Noble
Pemain MU merayakan gol yang dicetak Wayne Rooney (bawah) ke gawang Liverpool/Reuters-Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United menaklukkan Liverpool dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan pekan ke-16 Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford pada Minggu malam WIB (14/12/2014).

MU membuka skor melalui gol kapten tim Wayne Rooney dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang gagal dihalau oleh kiper asal Australia Bradley Jones, yang di luar dugaan diturunkan oleh pelatih Brendan Rodgers, tidak seperti biasanya yang mengedepankan Simon Mignolet.

Gol Rooney pada menit ke-12 itu bukan hanya kehebatan Rooney melepas bidikan keras, namun juga tidak bisa terlepas dari luar biasanya Antonio Valencia yang melewati dua pemain belakang Liverpool dengan cara yang brilian sebelum melepas umpan tarik ke tengah.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh SCTV, kemampuan kapten Timnas Ekuador tersebut melewati dua pemain Liverpool dan kemudian dengan cermat melihat posisi Rooney yang berdiri bebas memberi kontribusi penting bagi terciptanya gol Rooney.

Sebenarnya Liverpool membuka pertandingan dengan lebih dulu menekan. Semenit menjelang gol, Raheem Sterling sempat lolos berhadapan dengan kiper David de Gea, tetapi tendangannya dari jarak dekat masih bisa diblok penjaga gawang asal Spanyol tersebut.

Hal itu berulang lagi pada menit ke-26, tetapi keterampilan De Gea lagi-lagi mematahkan bidikan keras Sterling dari dalam kotak penalti.

Pada menit ke-33 Adam Lallana nyaris berhadapan dengan De Gea, namun Valencia memperlihatkan kualitasnya bahwa dia bukan hanya piawai dalam membongkar pertahanan lawan, namun juga dalam meoltong serangan yang begitu dekat mengarah ke gawang De Gea.

MU menggandakan keunggulan dengan gol berbau offside dari Juan Mata pada menit ke-40. Umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Liverpool yang dilepaskan Ashley Young sempat menyentuh kepala Robin van Persie dan ketika itu posisi Juan Mata sudah menjadi orang terdekat dengan kiper Jones. Bola disambar dengan kepala oleh Mata dan Jones tak bereaksi karena melihat Mata dalam posisi offside. Skor 2-0.

Memasuki babak kedua Liverpool coba kembali menekan wilayah pertahanan tuan rumah. Pada menit ke-51 lagi-lagi Sterling mendapatkan peluang. Dia berhasil memotong back pass ke kiper De Gea, namun bidikannya masih bisa ditahan sang penjaga gawang.

Pada menit ke-62 giliran Van Persie nyaris mencatatkan namanya di papan skor. Namun tendangan jarak dekatnya menyambar umpan Valencia hanya tipis menyamping di tiang kiri gawang Jones.

Berselang 5 menit kemudian Liverpool mendapatkan peluang. Umpan Sterling disambar Mario Balotelli—yang masuk pada awal babak kedua menggantikan Lallana—namun bola yang sempat diblok De Gea masih menghantam mistar gawang MU.

Akhirnya MU yang justru benar-benar menambah gol pada menit ke-71 melalui skema serangan balik.Van Persie mencatatkan namanya di papan skor.

Selama 10 menit terakhir pertandingan Balotelli membahayakan gawang MU tiga kali. Namun dua tendangannya dari jarak dekat bisa diblok De Gea dan satu lagi menyamping tipis di kanan gawang MU.

INFO PRA-PERTANDINGAN:

Pentas Liga Primer Inggris pekan ke-16 menampilkan super big match Manchester United vs Liverpool. Laga Setan Merah vs Si Merah ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Old Trafford, markas MU, pada Minggu (14/12/2014) mulai pk. 20:30 WIB.

Pertandingan tersebut pantas menjadi pusat perhatian khalayak pencinta bola di seluruh dunia.

Layak dinantikan apakah MU mampu meraih kemenangan keenam secara berturut-turut. Setan Merah terakhir kali kalah pada pekan ke-11 dalam derby di kandang Manchester City dengan skor tipis 0-1.

Pertanyaan sebaliknya untuk Liverpool, apakah Si Merah mampu bangkit setelah hanya bisa meraih hasil seri 0-0 vs Sunderland di Liga Primer dan 1-1 vs klub Swiss Basel yang membuat skuat Brendan Rodgers tersingkir dari trek perburuan Liga Champions Eropa.

Pelatih MU berpapsor Belanda Louis van Gaal memandang pertandingan ini sangat penting.  Dia bahkan menyamakan pertandingan MU kontra Liverpool ini sebanding dengan El Clasico di Divisi Primer La Liga Spanyol antara Real Madrid dan FC Barcelona.

“Yang seperti itu, tentu saja,” kata Van Gaal ketika ditanyakan apakah laga MU vs Liverpool mirip dengan El Clasico di La Liga sebagaimana ditulis situs resmi MU, www.manutd.com. Van Gaal pernah menangani Barca dua periode yakni pada 1997-2000 dan 2002-3003.

Dia mengisahkan bagaiman dia memenangi El Clasico saat menangani Blaugrana. “El Clasico ketika saya pertama kali menangani Barcelona stadion dipenuhi 102.000 penonton dan saya memenanginya 3-0. Kini saya berharap bisa juga menang di kesempatan pertama melawan Liverpool.”

Namun agaknya keinginan Van Gaal tak akan mudah terealisasi. Pemain Liverpool Rickie Lambert secara tegas menginginkan The Reds menjadikan laga vs MU ini sebagai momen kebangkitan setelah tersingkir dari Liga Champions Eropa.

“Ini pertandingan yang sempurna untuk menemukan diri kami kembali,” ungkap sang striker sebagaimana dilapokan Soccerway.

Pelatih Liverpool Brendan Rodgers pun sebelumnya telah mengemukakan kepercayaan dirinya yang begitu tinggi dengan mengatakan bahwa dirinyalah yang terbaik untuk menangani The Reds.

Berikut hasil pertandingan pekan ke-16 Liga Primer Inggris hingga Minggu pk. 23:00 WIB:

Burnley 1 vs Southampton 0

Chelsea 2 vs Hull City 0

Crystal Palace 1 vs Stoke City 1

Leicester City 0 vs Manchester City 1

Sunderland 1 vs West Ham United 1

West Bromwich Albion 1 vs Aston Villa 0

Arsenal 4 vs Newcastle United 1

Manchester United 3 vs Liverpool 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper