Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Spanyol: Barcelona Dan Atletico Madrid Hadapi Ujian Berat

Laju 11 pertandingan tanpa kekalahan yang ditorehkan Real Madrid telah mendongkrak kepercayaan diri mereka sekaligus memangkas jarak dengan dua pemuncak klasemen Liga Spanyol, Barcelona dan Atletico Madrid, namun mereka akan menghadapi ujian berat di markas Athletic Bilbao Stadion San Mames pada Minggu (2/2/2014).

Bisnis.com, MADRID -  Laju 11 pertandingan tanpa kekalahan yang ditorehkan Real Madrid telah mendongkrak kepercayaan diri mereka sekaligus memangkas jarak dengan dua pemuncak klasemen Liga Spanyol, Barcelona dan Atletico Madrid, namun mereka akan menghadapi ujian berat di markas Athletic Bilbao Stadion San Mames pada Minggu (2/2/2014).

Klub Basque tersebut, yang membanggakan warisan budaya mereka dan selalu bertekad mempermalukan para tamu dari ibukota, saat ini sedang menghuni peringkat keempat, yang sangat terbantu oleh rekor kandang mereka di mana mereka meraih 11 kemenangan dan dua kali imbang di depan para pendukungnya yang sangat bergairah.

Mereka menjadi satu-satunya tim yang mampu menaklukkan juara bertahan Barca, 1-0 di San Mames pada awal Desember, dan tugas Real akan menjadi lebih sulit sebab Bilbao akan tampil cerdik setelah disingkirkan Atletico dari Piala Raja Spanyol pada Rabu.

 1 Feb 2014

Sabtu

22:00

La Liga Spanyol

Barcelona vs Valencia

RCTI


Real yang dilatih Carlo Ancelotti belum pernah menjalani ujian berat sejak mereka memerlukan gol kemenangan larut untuk mengamankan hasil 3-2 di markas Valencia pada akhir Desember, namun kemenangan lain pada Minggu (20.00 GMT) akan menjadi perangsang yang tepat saat mereka memasuki fase kunci dalam semusim di Liga Spanyol, Piala Raja, dan Liga Champions.

Kekalahan dapat membuat mereka tertinggal empat angka pada persaingan perebutan gelar juara, dan meletuskan gelembung optimisme yang telah melingkupi klub dalam beberapa pekan terakhir.

"Itu sangat penting," kata Ancelotti pada konferensi pers Selasa setelah Real menang 1-0 atas tamunya Espanyol untuk mengamankan tempat mereka di semifinal Piala Raja.

"Itu pertandingan sulit karena Athletic bermain sangat baik saat ini dan semua orang tahu bahwa bermain di San Mames tidak mudah," tambah pria Italia itu, pada musim pertamanya di Real sejak mengambil alih jabatan pelatih dari Jose Mourinho.

"Namun ini adalah saat yang bagus bagi kami untuk bermain di sini. Kami memiliki kepercayaan diri dan gairah, dan kami sangat bersemangat untuk memberikan segalanya agar dapat menang." Ancelotti kemungkinan tidak memainkan pemain termahal mereka Gareth Bale untuk lawatan ke utara.

Pemain sayap Wales itu, yang musim perdananya di Spanyol diganggu oleh cedera-cedera minor, harus ditarik keluar lapangan saat turun minum ketika timnya menang 2-0 atas tamunya Granada pada akhir pekan silam akibat masalah pada kaki kirinya, dan ia absen pada pertandingan Piala Raja melawan Espanyol.

Ancelotti mengatakan jika Bale tidak dapat dimainkan, penyerang Jese kemungkinan akan diandalkan di depan bersama dua pemain reguler Cristiano Ronaldo, pemenang FIFA Ballon d'Or sekaligus pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol dengan 22 gol, dan Karim Benzema.

Pertandingan-pertandingan berat Barca dan Atletico, yang memuncaki klasemen dengan koleksi 54 angka dari 21 pertandingan, dengan Real yang terpaut satu angka di peringkat ketiga, juga menghadapi potensi pertandingan-pertandingan berat akhir pekan ini, di mana Barca menjamu tim papan tengah Valencia pada Sabtu (15.00) dan Atletico berhadapan dengan tim peringkar keenam Real Sociedad pada Minggu (18.00). Kedua penguasa klasemen ini telah kembali ke jalur kemenangan pada akhir pekan silam setelah mendapatkan hasil imbang berturut-turut, termasuk 0-0 saat keduanya bertemu di markas Atletico Stadion Vicente Calderon.

Valencia merupakan tim terakhir selain Barca dan Real yang menjuarai Liga Spanyol, terjadi pada 2004, namun masalah-masalah keuangan telah membuat mereka berubah menjadi tim yang hanya mampu mengejar tiket untuk lolos kompetisi Eropa.

Bagaimanapun, pengatur permainan Barca Andres Iniesta tidak memandang enteng pertandingan ini, bahkan meski Barca memenangi 25 pertandingan liga terakhir mereka di Nou Camp, yang diawali hampir pada awal musim lalu.

"Kami tahu bahwa bermain melawan Valencia selalu sulit," kata pemain internasional Spanyol itu kepada para pewarta setelah kemenangan atas Levante di perempat final Piala Raja pada Rabu.

"Meski ini mungkin sedikit berbeda dari tahun-tahun yang lain, kami harus menanggapi pertandingan ini dengan serius dan benar-benar berusaha untuk memenanginya," tambahnya.

"Tim ini berada dalam bentuk yang bagus, pada momen yang sangat bagus di semua sisi. Bagian terberat dalam musim ini masih akan datang, namun itu juga menjadi yang paling mengasyikkan."

Jadwal Televisi

2 Feb 2014

Minggu

01:00

La Liga Spanyol

Atletico Madrid vs Real Sociedad

RCTI

2 Feb 2014

Minggu

03:00

La Liga Spanyol

Athletic Bilbao vs Real Madrid

RCTI

4 Feb 2014

Selasa

04:00

La Liga Spanyol

Villarreal vs Osasuna

Star Sport

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara/Reuters/AFP/www.soccer-spain.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper