Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ferguson Ungkap Konflik dengan Rooney, Ronaldo, Keane & Bechkam

Mantan pelatih Manchester United Alex Ferguson meluncurkan buko otobiografi terbarunya pada Selasa (22/10/2013) sambil mengungkit cerita mengenai hubungan dengan sejumlah bintang seperti David Beckham, Cristiano Ronaldo, Roy Keane, dan Wayne Rooney.

Bisnis.com, LONDON - Mantan pelatih Manchester United Alex Ferguson meluncurkan buko otobiografi terbarunya pada Selasa (22/10/2013) sambil mengungkit cerita mengenai hubungan dengan sejumlah bintang seperti David Beckham, Cristiano Ronaldo, Roy Keane, dan Wayne Rooney.

Ferguson mengatakan bahwa Beckham menjadi sangat terobsesi dengan ketenaran pada tahun-tahun terakhirnya di Old Trafford, dan menegaskan klaimnya bahwa Rooney pernah meminta dilepas oleh klub pada akhir musim lalu.

Dia mengonfirmasi bahwa Keane, pemain yang lama menjadi kapten saat ia masih melatih United, meminta izin untuk meninggalkan klub setelah berseteru dengan sejumlah rekan-rekan setimnya yang lebih muda pada wawancara dengan stasiun televisi MUTV yang tidak pernah disiarkan.

Dia juga mengungkapkan bahwa ia pernah dua kali ditawari menjadi pelatih Inggris, pada 1999 dan 2001, namun tawaran tersebut ditolaknya.

"Tidak ada cara di mana saya dapat membayangkannya. Itu bukan ranjang paku yang pernah menggida untuk saya tiduri," ucapnya pada 'Otobiografi Saya.' Ferguson (71) mengundurkan diri sebagai pelatih United pada Mei setelah berkarir selama 26,5 tahun di mana ia memenangi 13 gelar Liga Utama Inggris, dua mahkota Liga Champions, lima Piala FA, dan empat Piala Liga.

Pria Skotlandia itu membangun reputasi dengan menerapkan disiplin keras terhadap para pemain di timnya, dan ia berterus terang pernah bersitegang dengan sejumlah pemain bintang yang pernah diasuhnya.

Dia menyebut Beckham sebagai "satu-satunya pemain yang saya latih yang memilih untuk menjadi terkenal, yang menjadikan hal itu sebagai misinya di luar permainan." Ferguson mengatakan dirinya memutuskan untuk menjual Beckham ke Real Madrid setelah insiden menyusul kekalahan di Piala FA saat menjamu Arsenal pada Februari 2003, ketika ia secara tidak sengaja menendang sepatu yang bersarang ke wajah sang pemain saat beradu argumen setelah pertandingan.

"Keesokan harinya cerita tersebut sudah diketahui pers. Penutup kepala (yang dikenakan Beckham) menyoroti cedera yang disebabkan oleh sepatu itu," kata Ferguson.

"Pada hari-hari itu saya berkata kepada dewan bahwa David harus pergi. Satu menit seorang pemain Manchester United berpikir dirinya lebih besar daripada sang pelatih, ia harus pergi. Itu merupakan lonceng kematian bagi dirinya." Memaparkan cerita yang ada di konferensi pers di London tengah untuk menandai peluncuran bukunya, Ferguson mengatakan bahwa fokus Beckham berubah setelah ia menikahi bintang pop Victoria Adams pada 1999.

"Masalah besar bagi saya adalah saat ia jatuh cinta dengan Victoria. Hal itu mengubah segalanya," ucapnya.

Ferguson mengatakan hubungannya dengan Keane memburuk setelah sang pria Irlandia itu "membantai" para pemain termasuk Kieran Richardson, John O'Shea, Darren Fletcher, dan Rio Ferdinand pada wawancara dengan MUTV pada 2005.

Ferguson mengenang percakapannya dengan asistennya, Carlos Queiroz, "Ia harus pergi, Carlos,' kata saya, "Seratus persen,' ucapnya. 'Usir dia,' kata saya." Ferguson menyebut Ronaldo, yang meninggalkan United untuk membela Real Madrid pada 2009, sebagai "pemain paling berbakat yang pernah dilatihnya" dan berkata bahwa melatih sang pemain untuk pertama kalinya merupakan "gelombang kegembiraan terbesar...yang pernah saya alami di manajemen sepak bola."

Pria Skotlandia mengakhiri dialog ini dengan menyebutkan percakapan yang ia lakukan dengan Rooney, di mana sang pemain dalam dua kesempatan pernah meminta izin untuk meninggalkan klub, pada 2010 dan Mei tahun ini." Pada kesempatan pertama, Ferguson berkata bahwa Rooney cemas terhadap ambisi United dan mendesak dirinya untuk merekrut pengatur permainan asal Jerman Mesut Ozil, yang pindah ke Arsenal dengan memecahkan rekor transfer klub pada bulan lalu.

"Wayne mengatakan bahwa kami semestinya memburu Mesut Ozil, yang bergabung dengan Real Madrid dari Werder Bremen," kata Ferguson.

"Jawaban saya adalah siapa yang kami incar bukan urusannya. Saya mengatakan kepada dia bahwa pekerjaan dia adalah bermain dan tampil baik."

Ferguson berkata bahwa Rooney "terlihat letih pada beberapa pertandingan" sepanjang musim lalu dan mengklaim bahwa mantan pemain Everton itu minta dilepas.

"Ia mendatangi kantor saya sehari setelah kami memenangi liga dan minta dilepas," kata Ferguson.

"Ia tidak senang karena ditepikan pada beberapa pertandingan dan digantikan dengan pemain-pemain lain." Pada konferensi pers, Ferguson kembali menegaskan dukungannya kepada penggantinya, David Moyes, yang membawa United menjalani start terburuk di musim liga sejak 1989.

"Anda mengetahui sesuatu? Manchester United merupakan satu-satunya klub di liga yang dapat menjuarai liga dengan menyusul dari belakang, percayalah kepada saya," ucapnya.

"Sekali mereka dapat menggulirkan bola, mereka akan baik-baik saja. David Moyes berada di posisi yang hebat. Terdapat sistem pendukung yang hebat." Buku tersebut, yang menyusul otobiografi pertama Ferguson pada 1999 "Mengelola Hidup Saya," akan dijual untuk umum pada Kamis. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper