Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BIXENTE LIZARAZU: Bayern Sangat Lapar...

Bixente Lizarazu                     foto:www.lissza.huBISNIS.COM, MUNICH-- Sebagai pemenang Liga Champions, Piala Dunia dan juara Eropa, legenda FC Bayern

Bixente Lizarazu                     foto:www.lissza.hu

BISNIS.COM, MUNICH-- Sebagai pemenang Liga Champions, Piala Dunia dan juara Eropa, legenda FC Bayern Munich dan bek sayap tim nasional Prancis,  Bixente Lizarazu yakin dirinya tahu satu atau dua hal tentang apa yang diperlukan untuk memenangkan 'pertandingan besar'. Berikut wawancara Bundesliga.com dengan Lizarazu sebelum final:

Tanya: Bixente Lizarazu, apa yang bisa kita harapkan dari final pada  Sabtu (25/5/2013)?

Lizarazu: Aku berharap kita melihat pertandingan khas Bundesliga dengan banyak gol - a real occasion. Bayern selalu mencari untuk mendapatkan ke depan,  selalu bergerak dan selalu mencoba untuk mencetak  lebih dari satu gol terhadap lawannya. Hal yang sama berlaku bagi Dortmund. Tapi di final kedua tim berada di bawah tekanan, dengan begitu banyak naik pada permainan dan tidak ada pihak yang ingin memberikan apa pun.

Tanya:   Apakah FC Bayern favorit?

Lizarazu: Tentu saja. Bayern lebih kuat dari BVB. Saya pikir juara Jerman memiliki potensi lebih, tetapi  juga lebih banyak pengalaman. Mereka dalam bentuk yang sudah luar biasa kuat musim ini tanpa ada celah. Bagi saya, Bayern telah menjadi tim terbaik di Eropa musim ini, tetapi pada akhirnya Anda harus membuktikan bahwa dengan memenangkan Liga Champions. Ada hal-hal lain juga.

Tanya: Teruskan …

Lizarazu: Bayern sangat lapar. Anda dapat merasakan perasaan  kemarahan menyusul kekalahan musim lalu dari Chelsea di final. Hal ini mengingatkan saya pada 2001 ketika kami terakhir memenangi Liga Champions setelah mimpi buruk akibat kebobolan dua gol Manchester United pada injury time [final] 1999. Itulah mengapa saya berpikir Bayern akan memenangi Piala  kali ini. Tentu, mereka punya hak untuk kembali setelah trauma dan shock musim lalu finale dahoam. Mental yang benar-benar mengesankan.

Tanya: Apakah  Bayern akan mendapatkan  seperti yang Anda lakukan 12 tahun yang lalu?

Lizarazu: Tentu saja. Mereka pantas untuk memenangkan persaingan untuk kelima kalinya. Ini adalah hasil logis mengikuti perkembangan mereka selama 3 atau 4 tahun terakhir. Bayern selalu berhasil. Dari generasi Beckenbauer,  kami, juga tim saat ini. Ini tentang sejarah klub. Bayern di atas, berada di puncak dan akan tetap di atas pada  masa depan. Generasi saat ini  serius, tapi satu hal yang masih hilang dan itu sangat sulit bagi para pemain nasional Jerman. Ini seperti kembali pada  2001, tim saat ini perlu meniru apa yang kita lakukan. Tentu saja aku akan menyilangkan  jari saya menunjuk kepada mereka.

Tanya: Bagaimana Anda menilai Borussia Dortmund?

Lizarazu: Mereka sudah outstanding di Liga Champions musim ini. Gaya mereka bermain spektakuler. Kecepatan  mereka untuk berpaling  ke pertahanan  [serangan balik] menjadi serangan gila. Apa yang paling mengesankan saya tentang permainan mereka adalah intensitasnya. Para pemain tidak pernah berhenti berjalan. Para fans yang fantastis, juga.

Tanya: Akankah Franck Ribery menjadi sosok yang menentukan di final?

Lizarazu: Pemain besar memainkan peran yang menentukan dalam pertandingan besar. Bastian Schweinsteiger juga harus dimasukkan ke dalam kinerja kelas dunia - seperti Arjen Robben dan Mario Mandzukic - tetapi untuk Dortmund, Robert Lewandowski atau Marco Reus juga bisa membuat perbedaan. Pertahanan harus memegang teguh [kuat]. Anda tidak bisa membiarkan apapun  sehingga kehilangan konsentrasi. Saya pikir Manuel Neuer akan menjadi pemain kunci. Dia tampil gemilang di leg kedua semi-final musim lalu di Madrid. Dia adalah fenomenal. Anda harus berada  minimal 100%  dari kemampuan Anda dalam final ini untuk bertahan hidup. Bayern tidak  pada tingkat seperti melawan Chelsea. Mungkin tekanan bermain di rumah terlalu banyak.

ww.lissza.hu


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bundesliga.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper