LIGA CHAMPIONS: Peluang Barcelona Lolos ke Final Tergantung Kebugaran Messi

BISNIS.COM, MADRID-- Barcelona mengakui peluang tim Katalan itu untuk membalik defisit kekalahan 0-4 yang diderita pada pertandingan pertama dari Bayern Munich pada pertandingan kedua semifinal Liga Champions pada Rabu, bergantung kepada kebugaran Lionel
Martin Sihombing | 30 April 2013 15:16 WIB

BISNIS.COM, MADRID-- Barcelona mengakui peluang tim Katalan itu untuk membalik defisit kekalahan 0-4 yang diderita pada pertandingan pertama dari Bayern Munich pada pertandingan kedua semifinal Liga Champions pada Rabu, bergantung kepada kebugaran Lionel Messi.

Pemain Terbaik Dunia ini kelihatan kelelahan saat tampil di Munich pekan lalu ketika permainan bertenaga tuan rumah menghancurkan Barca menjadi berkeping-keping, namun Messi tampil sebagai pemain pengganti untuk mencetak satu gol dan memberi umpan bagi gol kedua yang dibukukan Alexis Sanchez saat Barca bermain imbang 2-2 dengan Athletic Bilbao pada Sabtu.

Dan asisten pelatih Barcelona Jordi Roura meyakini Messi telah mulai menemukan permainan terbaiknya lagi setelah diganggu cedera otot paha belakang pada bulan lalu.

"Messi merupakan pemain terbaik di dunia dan tentu saja ketika Anda tidak memilikinya, Anda mencemaskannya. Ia membuat perbedaan," ucapnya pada konferensi pers setelah pertandingan melawan Athletic.

"Ia akan meneruskan dengan penyembuhannya setelah cedera. Ia sangat bagus pada hari ini dan kami berharap sedikit demi sedikit ia sampai di level terbaiknya. Ia akan terus berkembang dan semakin baik Leo, maka semakin besar peluang yang kami miliki saat melawan Bayern." Selain Messi yang tidak 100 persen, masalah utama Barca pada pertandingan pertama adalah pertahanan mereka dan pelatih Tito Vilanova memilikilebih banyak masalah di belakang dengan skorsing yang didapat Jordi Alba untuk pertandingan Rabu.

Adriano telah selesai menjalani skorsing dan diharapkan dapat menggantikan Alba, bagaimanapun keraguan terbesar tetap kepada siapa yang akan menjadi mitra Gerard Pique di jantung pertahanan.

Javier Mascherano kembali menjalani latihan ringan pada Senin setelah sempat menderita akibat cedera ligamen lutut saat melawan Paris Saint Germain pada 2 April, dan ia dapat mendapat kepercayaan untuk mengisi posisi bek tengah, meski Vilanova juga memiliki opsi menggunakan Eric Abidal atau Alex Song.

Sebaliknya Bayern akan menyambut kembalinya penyerang Mario Mandzukic, yang absen pada pertandingan pertama karena terkena skorsing.

Dan meski unggul cukup besar, pelatih Jupp Heynckes mengatakan dirinya tidak akan mengistirahatkan satu pun dari enam pemain reguler yang dapat absen pada pertandingan final jika mereka mendapat kartu di Camp Nou.

Kapten Philip Lahm, Dante, Javi Martinez, Luis Gustavo, Bastian Schweinsteiger, dan Mario Gomez semuanya hanya kurang satu kartu kuning dari absen pada pertandingan puncak di Wembley, seandainya Bayern dapat melaju ke final bulan depan.

"Saya tidak akan memberi kelonggaran," kata Heynckes kepada situs resmi klub.

"Saya akan memilih tim terbaik saya. Para pemain akan harus memoerlihatkan disiplin hebat, yang berarti: tidak ada gerak tubuh (negatif), tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang tidak perlu, dan mereka tidak boleh membiarkan diri terprovokasi. Itu adalah faktor yang menentukan." Dan karena memiliki pengalaman pahit kalah di pertandingan kedua setelah memenangi pertandingan pertama dengan skor 5-1 ketika menjadi pelatih Borussia Moenchengladbach melawan Real Madrid pada 1985, Heynckes tidak berniat mengulang kesalahan yang sama.

"Kami memerlukan sikap yang sama, keinginan untuk berlari dan taktik-taktik yang bagus," ucapnya.

"Barcelona tetap merupakan tim terbaik di dunia. Kami tahu mereka mampu memberikan hasil-hasil yang mengejutkan, dan mereka telah membalik defisit-defisit pada masa lalu. Kebanggaan mereka telah dilukai dan mereka akan memberikan semua yang mereka miliki. Kami akan memerlukan penampilan puncak." Baik Dante dan Jerome Boateng absen berlatih pada Senin, namun keduanya diharapkan mengisi posisi bek tengah saat pemain internasional Jerman Toni Kroos menjadi satu-satunya pemain Bayern yang absen karena cedera.(antara/afp)

Sumber : Newswire

Tag : liga champions, barcelona, messi
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top