LIGA CHAMPIONS: Dortmund vs Real Madrid--Lewandowski akan Tampil Dingin Layani Ronaldo Cs

BISNIS.COM, JAKARTA--Pertandingan semifinal Liga Champions leg-2 antara Real Madrid melawan Borussia Dortmund diperkirakan berlangsung seru, karena kedua tim akan menampilkan corak permainan yang kontras.
Sutarno | 30 April 2013 11:22 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Pertandingan semifinal Liga Champions leg-2 antara Real Madrid melawan Borussia Dortmund diperkirakan berlangsung seru, karena kedua tim akan menampilkan corak permainan yang kontras.

Berdasarkan jadwal UEFA laga tersebut akan digelar di Stadion Santiago Santiago Bernabéu Selasa (30/4/2013) dengan jadwal kick off pukul 22:45 waktu Madrid atau Rabu dini hari (1/5/2013) pukul 01:45 WIB.

Dalam pertandingan leg-1 di markas Dortmund pekan lalu, Real Madrid kalah 1-4. Dengan demikian Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan harus menang 3 gol tanpa balas atau menang dengan selisih gol4.

Jika Ronaldo Cs menang 3-0, skor aggregate akan 4-4 dan Real Madrid yang lolos karena memiliki tabungan 1 gol di kandang lawan.

Untuk itu, bisa dipastikan Jose Mourinho akan menginstruksikan anak-anak asuhannya untuk tamppil ngotot karena harus memburu 4 gol untuk meraih tiket final atau 3 gol tetapi tak kebobolan.

Menanggapi hal itu, Pelatih Dortmund Juergen Klopp tak mau ambil pusing. Bagi dia, menang 4-1 pada leg-1 memang belum berarti apa-apa.

Untuk itu, Klopp telah menyiapkan strategi agar Robert Lewandowski dan kawan-kawan tampil dingin dan cuek di bawah tekanan Ronaldo Cs.

Apakah strategi itu mampukah meredam tekanan Ronaldo Cd di Stadion Santiago Bernabéu yang terkenal angker bagi lawan-lawan Real Madrid.

Dengan entengnya, Klopp mengatakan tim asuhannya sudah terbiasa dengan situasi yang penuh dengan tekanan lawan-lawan tangguh.

"Bagi kami, itu adalah situasi yang sama seperti final Piala Jerman tahun lalu," ujarnya dengan nada dingin dan santai seperti dikutip Reuters.

Dia mencoba melakukan kilas  balik ketika tahun lalu Dortmund bertemu Bayern Munich di DFB Pokal atau Piala Jerman 12 Mei 2012.

Waktu itu Dortmund menang 5-2 ketika Bayern Munich justru mendominasi permainan dengan terus menekan.

Masih terngiang di benak Klopp ketika Lewandowski menyumbangkan hattrick dari 5 gol tersebut.

"Kami tampil sangat dingin waktu itu, karena satu-satunya jalan memujudkan mimpi adalah dengan tampil berani," katanya.

Apakah Klopp akan menyugesti para pemain untuk memposisikan diri di bawah tekanan seperti saat mengalahkan Bayern Munich 5-2 di DFB Pokal atau Pial Jerman tahun lalu?

Kalau seperti itu, Ronaldo dan kawan-kawan harus berhati-hati dalam mengejar 3 gol tanpa balas ataupun kemenangan minimal 4 gol.

Jadwal & Hasil Semi Final Liga Champions

Hari

WIB

Stadion

Laga

Skor

Rabu 24/4

01:45

Arena München

SF1:Bayern Munich vs Barcelona

4-0

Kamis 25/4

01:45

BVB Dortmund

SF2:Borussia Dortmund vs Real Madrid

4-1

Rabu 1/5

01:45

Santiago Bernabéu

SF2:Real Madrid vs Borussia Dortmund

Kamis 2/5

01:45

Camp Nou

SF1:Barcelona vs Bayern Munich

 -

Minggu 26/5

01:45

Wembley London

Final:  Pemenang SF1 vs SF 2

 -

Sumber: uefa.com          Ket: seluruh pertandingan disiarkan SCTV

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top