Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LIGA CHAMPIONS: Diimbangi PSG 1-1, Barcelona Lolos ke Semifinal, Messi Bidik Ronaldo

BISNIS.COM, JAKARTA - Nama Lionel Messi kian identik dengan Barcelona, setelah tadi malam sang megabintang Argentina itu menjadi "Mesiah" yang membawa timnya lolos ke babak semi final secara beruntun dalam 6 tahun terakhir.

BISNIS.COM, JAKARTA - Nama Lionel Messi kian identik dengan Barcelona, setelah tadi malam sang megabintang Argentina itu menjadi "Mesiah" yang membawa timnya lolos ke babak semi final secara beruntun dalam 6 tahun terakhir.

Barcelona ke semifinal meski tak mampu mengalahkan Paris Saint Germain dalam dua kali pertemuan. Namun aturan gol tandang membuat Barcelona beruntung lolos. Di semi final ataupun di final, boleh jadi Messi bisa berharap kembali menghadapi Real Madrid dan membalas dendam kekalahan dari Cristiano Ronaldo.

Posisi semifinalis Liga Champions kini ditempati Real Madrid, Barcelona, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund, atau perang Jerman versus Spanyol.

Hasil lolos ke semi final membuat David Villa, striker Spanyol memuji komitmen tinggi Lionel Messi meski baru saja pulih dari cedera.

Seperti dilansir Goal.com, melakoni leg kedua perempat-final kontra Paris Saint-Germain di Camp Nou, anak-anak asuh Tito Vilanova tertinggal lebih dulu berkat gol Javier Pastore di awal babak kedua. Namun, masuknya Messi segera mengubah permainan Blaugrana, di mana mega bintang Argentina ikut berperan dalam proses gol Pedro Rodriguez.

Padahal, sebelumnya Messi diragukan ambil bagian dalam laga balasan mengingat dia baru saja pulih dari cedera hamstring yang dialaminya di Parc des Princes.

"Messi adalah pemain terbaik di dunia dan dia mengubah pertandingan hanya dengan kehadirannya di lapangan," cetus El Guaje kepada Canal Plus.

"Kami harus memberikan selamat kepadanya karena telah menunjukkan komitmen tinggi kepada tim dan sepakbola. Berkat dirinya [Messi], dan juga semua pemain lain, kami berhasil lolos."

Lebih lanjut, mantan punggawa Valencia memuji permainan Les Parisiens yang diakuinya sempat membuat Barca ketar-ketir. "Kami senang bisa lolos setelah 'menderita' dalam pertandingan ini. [PSG] benar-benar menyusahkan kami, dan mereka sangat membahayakan lewat serangan-serangan balik mereka."

"Kami sering kehilangan bola, itu hal yang jarang terjadi, kami tidak bermain bagus. Kami tahu mereka kuat dalam serangan balik tapi tetap saja mereka membuat kami kesusahan."

FC Barcelona akhirnya melangkah ke semifinal Liga Champions 2013 meski bermain sama kuat dengan Paris St Germain baik di partai tandang maupun kandang.

Pada pertandingan leg kedua yang digelar di Camp Nou, Kamis dini hari (11/4/2013) Barca kembali bermain seri 1-1 tetapi lolos berkat gol tandang saat imbang 3-3 di kandang PSG, pekan lalu.

Lionel Messi lagi-lagi menjadi inspirator kesuksesan Barca melaju di Liga Champions meski baru masuk pada menit 68 babak kedua saat timnya tertinggal 0-1 dari tim tamu.

Setelah bermain kacamata 0-0 sepanjang babak pertama, kedua tim langsung meningkatkan tekanan saat memasuki babak kedua. Seperti biasa, Barca lebih banyak menguasai bola tetapi PSG juga bermain lebih efektif.

Hasilnya PSG memimpin lebih dulu pada menit 50 lewat gol Pastore yang memenangi sprint dengan Danny Alves untuk kemudian melepaskan tendakan terukur yang merobek gawang Victor Valdes.

Tertinggal 0-1, beberapa saat kemudian Barca merespons dengan melakukan perubahan vital. Messi yang sebenarnya masih belum fit masuk menggantikan Cesc Fabregas pada menit 68.

Sejak itu variasi serangan Barca lebih hidup dan tekanan yang dilancarkan Messi membuahkan hasil. Umpan terobosannya sempat lepas dari penguasaan David Villa tetapi bola liar langsung disambar Pedro Rodriguez yang melepaskan tendangan keras merobek gawang PSG yang dikawal Sirigu.

Gol balasan yang mengubah skor menjadi sama kuat 1-1 tersebut langsung disambut gegap gempita sedikitnya 70.000 penonton dan pendukung Barca yang memadati Stadion Camp Nou.

PSG sadar betul harus menambah gol untuk bisa lolos. Pelatih Carlo Ancelotti pada menit 82 lantas memasukkan David Bekcham untuk menambah daya gedor menggantikan Marco Verrati.

Waktu normal terus bergulir hingga memasuki injury time dengan tambahan 4 menit. Barca yang cukup lolos dengan hasil seri terlihat tak lagi ngotot menyerang dan lebih banyak memperlambat permainan.

Lantaran pemain Barca terlalu banyak membuang waktu dengan berpura-pura kesakitan akibat benturan, Beckham pun protes. Wasit Bjorn Kuipers asal Belanda rupanya tak terima dan menghadiahi Beckham dengan kartu kuning.

Hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan tak ada lagi gol tercipta dengan skor sama kuat 1-1 atau agregat 3-3. Barcelona pun lolos ke semifinal berkat gol tandang yang lebih banyak.

(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Fahmi Achmad
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper